Home / Peristiwa

Rabu, 26 Mei 2021 - 21:01 WIB

BUMKal Karta Sembada Miliki Kios Percontohan

Kios percontohan di kompleks Pasar Kowen Sidokarto. Foto: Nyatanya.com/Sulis

Kios percontohan di kompleks Pasar Kowen Sidokarto. Foto: Nyatanya.com/Sulis

NYATANYA.COM, Sleman – Aneka usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) mudah ditemukan di berbagai tempat. Satu di antaranya di kompleks Pasar Kowen kawasan Sidokarto Sleman yang dikelola BUMKal Karta Sembada antara lain akan menemukan kios-kios sembako, sayur dan kuliner. Bahkan ada lokasi untuk jual-beli klithikan maupun satwa seperti unggas, burung, kambing dan ikan, namun hanya pasaran Pon.

Menurut Manajer Operasional Karta Sembada, Erwin Widodo, setiap pedagang yang mendapat kapling tanah untuk dibangun kios, diharapkan bisa membangun dengan bahan konstruksi yang tak cepat rusak, rapi dan tata ruang atau penataan barang sebaik mungkin. Pihaknya pun telah mempunyai beberapa kios percontohan, sehingga pedagang yang akan membangun kios bisa melihat, bertanya-tanya atau konsultasi.

Baca juga   Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual

“Pasar Kowen yang sudah beroperasi sejak Oktober 2019 sudah menempati lahan di tanah kas desa seluas 9000 meter persegi. Sebagian kapling sudah dibangun kios-kios yang sudah memenuhi standar atau seperti yang kami contohkan. Dalam waktu dekat, akan kami perluas lagi sekitar 3.000 meterpersegi terutama untuk lokasi kuliner,” jelas Erwin, Selasa (25/5/2021).

Lurah Pasar Kowen, Sugito menambahkan, pedagang yang ada di pasar setempat diutamakan dari warga Sidokarto Godean. Meski demikian ada pula yang dari luar Sidokarto. Khusus sebagai pengelola pasar, bahkan bisa merekrut tenaga kerja atau sebagai karyawan pengelola pasar ada 57 orang, antara lain admin/pengelola unit usaha BUMKal, keamanan, juru parkir, petugas kebersihan, restribusi, penjaga malam serta penjaga toilet.

Baca juga   Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up

Sementara itu menurut salah satu pengurus BUMKal Amanah Sumbesari Moyudan Sleman, Barata Putra Utama, BUMKal di Sumbersari mengelola semacam POM Bensin mini atau disebut Pertashop. Usaha ini terwujud karena hasil kerjasama juga dengan Kementerian Dalam Negeri serta Pertamina. Lahan Pertashop merupakan tanah kas desa, dan di sebelah baratnya sedang dibangun beberapa kios.

“Kios-kios akan kami sewakan terutama bagi warga sumbersari diutamakan untuk usaha terkait ekonomi kreatif, misalnya bisa untuk usaha bakmi Jawa, angkringan modern dan kelontong ataupun sembako,” ungkap Barata. (N4)

Share :

Baca Juga

Babinsa Koramil Tegalrejo distribusikan obat dan vitamin kepada warga. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Babinsa Koramil Tegalrejo Bagikan Obat dan Vitamin Gratis
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Klaten saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Mapolres Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kasus Corona Masih Tinggi di Klaten, Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi
Ganjar Pranowo dan relawan Covid Rangers. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

‘Covid Rangers’, Pejuang Kemanusiaan Semangati Pasien Covid-19
(nyatanya.com)

Peristiwa

Pakai Aplikasi ‘Si Bulan’, Bayi Lahir Langsung Dapat Akta
Pemkab Temanggung meminta pada pedagang dan pengunjung pasar tradisional agar ketat dalam menerapkan prokes dengan ketat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ingat! Jangan ke Pasar Jika Sedang Sakit
Semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Klaten hanya akan buka sampai pukul 14.00 WIB. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Selama PPKM Darurat, Semua Pasar Tradisional Klaten Tutup Pukul 14.00 WIB
Baznas Boyolali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Baznas Boyolali Salurkan Bantuan Rp250 Juta
Meski tak seramai dulu, usaha pigura di Jalan Sagan tetap menggeliat di tengah perpanjangan PPKM. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

PPKM Level 4 Diperpanjang, Perajin Pigura Tetap Menggeliat