Home / Peristiwa

Senin, 6 September 2021 - 15:45 WIB

Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah (brambang) Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan, Srigading, Sanden, Sabtu (4/9/2021).

Bupati mengatakan, jika panen bawang merah kali ini hasilnya lebih baik daripada MT pertama. MT ke-2 mampu memproduksi 15-17 ton bawang merah perhektar, sementara pada saat MT pertama hanya mampu memproduksi sekitar 10 ton bawang merah perhektar.

“Dengan demikian, hasil panen MT ke-2 akan memberikan nilai lebih kepada para petani. Karena saat ini harga bawang merah juga pas bagus yaitu berkisar antara Rp13.000 – Rp15.000/kg tergantung dari tingkatan kualitas bawang merah itu sendiri,” jelas Bupati.

Baca juga   Yogyakarta Banjir Scooter! 7th Annual Indonesian Scooter Festival 2023 Digelar di Kampung Mataraman

Lebih lanjut, Bupati Bantul juga menyampaikan bahwa dengan melihat hasil panen bawang merah di Kabupaten Bantul yang bagus-bagus, bisa lebih menyakinkan lagi baik pemerintah maupun masyarakat untuk Kabupaten Bantul agar segera dibentuk Food Estate. Program Food Estate sendiri merupakan program dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

“Kabupaten Bantul merupakan salah satu Kabupaten dari sedikit Kabupaten di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementrian Pertanian sebagai Kabupaten Food Estate. Artinya, bahwa Kabupaten Bantul ini diberikan kepercayaan untuk bisa memproduksi tanaman pangan”, tutur Bupati.

Baca juga   Kunjungi KWT Ngudi Makmur, Belasan Mahasiswa Desain ISI Surakarta Siapkan Progam Pelatihan

Bupati Bantul berpesan kepada Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo agar berhati-hati didalam transaksi penjualan bawang merah dengan siapapun itu. Sehingga, petani tidak menjadi korban oleh para tengkulak. Bupati Bantul ingin agar para petani di Kabupaten Bantul bisa sejahtera dimulai dari proses penanaman hingga proses penjualan.

“Pokoknya ada uang ada barang,” pesan Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Pelajar SMAN 2 Batang ini mengukir prestasi dengan menjadi Juara umum pada Asian Law Student’s Assosiation (ALSA) English Festival yang digelar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

SMAN 2 Batang Sabet Juara Umum ALSA E-Fest Undip 2021
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada pencanangan Desa Kerukunan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Perkuat Basis Toleransi, DIY Canangkan Desa Sadar Kerukunan
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meninjau PRHSD di kawasan TKA, Dharmasraya, Rabu (12/1/22). Audy Joinaldy mengatakan, Harimau yang kini telah dinamai Puti Maua Agam itu sudah berada di PRHSD untuk di rehabilitasi sebelum dilepaskan kembali. (Foto: MC Prov Sumbar)

Peristiwa

Viral Harimau Tertangkap, Wagub Audy: Harimau Sudah di Pusat Rehabilitasi Dharmasraya
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz secara simbolis menyerahkan bantuan kepada KPM. (Foto: Diskominfo Magelang)

Peristiwa

67 KPM di Kota Magelang Terima BST Rp2 Juta
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: TBNews

Peristiwa

Ditemukan 46 Botol Miras Oplosan di Stadion Kanjuruhan, Polisi Pastikan Tindak Tegas Pelaku Anarkis
Presiden Jokowi menunggangi Kawasaki W175 ubah suaian menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun. (Foto: BPMI Setpres)

Peristiwa

Naik Motor 11 Km di Toba, Presiden: Udaranya Segar Sekali
Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Takut Tindak Pencurian yang Dilakukan Terbongkar, Teman Sendiri Dimutilasi
Penandatanganan naskah kerjasama BPJS dengan UNY dan UPN. (Foto: Dedy Herdito)

Peristiwa

BPJS Kesehatan Tandatangani Kerjasama dengan UNY dan UPN