Home / Peristiwa

Senin, 6 September 2021 - 15:45 WIB

Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah (brambang) Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan, Srigading, Sanden, Sabtu (4/9/2021).

Bupati mengatakan, jika panen bawang merah kali ini hasilnya lebih baik daripada MT pertama. MT ke-2 mampu memproduksi 15-17 ton bawang merah perhektar, sementara pada saat MT pertama hanya mampu memproduksi sekitar 10 ton bawang merah perhektar.

“Dengan demikian, hasil panen MT ke-2 akan memberikan nilai lebih kepada para petani. Karena saat ini harga bawang merah juga pas bagus yaitu berkisar antara Rp13.000 – Rp15.000/kg tergantung dari tingkatan kualitas bawang merah itu sendiri,” jelas Bupati.

Baca juga   DIY Kembali Raih Penghargaan Provinsi Layak Anak Provilia 2021

Lebih lanjut, Bupati Bantul juga menyampaikan bahwa dengan melihat hasil panen bawang merah di Kabupaten Bantul yang bagus-bagus, bisa lebih menyakinkan lagi baik pemerintah maupun masyarakat untuk Kabupaten Bantul agar segera dibentuk Food Estate. Program Food Estate sendiri merupakan program dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

“Kabupaten Bantul merupakan salah satu Kabupaten dari sedikit Kabupaten di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementrian Pertanian sebagai Kabupaten Food Estate. Artinya, bahwa Kabupaten Bantul ini diberikan kepercayaan untuk bisa memproduksi tanaman pangan”, tutur Bupati.

Baca juga   93% Pelaku Parekraf DIY Telah Divaksin, 3 Obwis Ini Sudah Dibuka

Bupati Bantul berpesan kepada Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo agar berhati-hati didalam transaksi penjualan bawang merah dengan siapapun itu. Sehingga, petani tidak menjadi korban oleh para tengkulak. Bupati Bantul ingin agar para petani di Kabupaten Bantul bisa sejahtera dimulai dari proses penanaman hingga proses penjualan.

“Pokoknya ada uang ada barang,” pesan Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat
Vaksinasi di The Park Mall Solo Baru sasar usia 18 tahun ke atas. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Vaksinasi di The Park Mall Solo Baru Targetkan 20.000 Orang
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Gatak menggelar patroli menyapa warga masyarakat, memberikan imbauan, edukasi dan sosialisasi Prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Aparat Gabungan Gatak Tak Henti Patroli Prokes
SMAN 1 Yogyakarta bersama Ikatan Dokter Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

SMA Teladan dan Ikatan Dokter Alumni Gelar Vaksinasi
Penyerahan bantuan secara simbolis BAZNAS Kota Yogyakarta. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Yogya Beri Bantuan Anak Yatim Covid-19
Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Peristiwa

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Serma Hartono secara simbolis berikan masker kepada Ketua RT. FOTO: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Wujud Kepedulian Babinsa, Serma Hartono Bagikan Masker
Ganjar Pranowo saat mengunjungi proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Wisata Energi