Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 15:39 WIB

Bupati Berharap Tidak Ada Penularan Covid-19 Melalui Pemulasaran Jenazah

Pelatihan Pemulasaraan jenazah terkonfirmasi Covid-19 tingkat Kecamatan se Kabupaten Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Pelatihan Pemulasaraan jenazah terkonfirmasi Covid-19 tingkat Kecamatan se Kabupaten Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Angka kasus kematian akibat terpapar virus covid-19 yang tinggi memang menjadi perhatian dan kewaspadaan tersendiri bagi masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah bekerjasama dengan segenap elemen masyarakat untuk memerangi penyebaran dan mencegah penularan corona virus tersebut, termasuk bagaimana pemulasaraan jenazah konfirmasi dengan cara penanganan yang benar dan aman.

Sebagai antisipasi, Pemkab Wonosobo sudah menyiapkan langkah-langkah untuk penanganan jenazah pasien menular di layanan kesehatan, mencegah terjadinya transmisi/penularan penyakit jenazah ke petugas kamar jenazah, dan mencegah terjadinya penularan penyakit dari jenazah ke lingkungan atau pengunjung.

Baca juga   BPR MSA Gelar Webinar Nasional Peran Milenial Bangkitkan UMKM

Selain itu, Pemkab Wonosobo melalui Bagian Kesra Setda, menggelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah terkonfirmasi Covid-19. Di tingkat Kabupaten sudah terkaksana di bulan lalu, dan saat ini mulai dilaksanakan di Kecamatan Se-Kabupaten Wonosobo, Kamis (12/8/2021).

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, S.Ag. yang berkesempatan menghadiri acara tersebut, selain memberi dukungan atas terselenggaranya pelatihan tersebut ia menegaskan hal ini sangat perlu dilakukan mengingat banyak ditemukan kasus penularan akibat perebutan dan pemulasaraan jenazah konfirmasi yang tidak tepat.

Ia berharap jenazah terkonfirmasi Covid-19, terutama dari warga isolasi mandiri di rumah, bisa dipulasara dengan benar, baik secara medis/protokol kesehatan maupun secara syariah, sehingga jenazah sudah ditangani dengan pemulasaraan yang benar secara agama dan aman secara medis. Sehingga tidak ada lagi kekawatiran penularan melalui pemulasaraan jenazah.

Baca juga   Giliran Klaten Dapat Bantuan Oxygen Concentrator dari Pemkot Surakarta

“Kami berharap jenazah terkonfirmasi Covid-19, terutama dari warga isolasi mandiri di rumah, bisa dipulasara dengan benar, baik secara medis/protokol kesehatan maupun secara syariah, sehingga jenazah sudah dipulasara dengan benar secara agama dan aman secara medis, sehingga tidak ada kekawatiran lagi ada kasus penularan melalui pemulasaraan jenazah,” harap Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020
Bantuan paket sembako bagi pelaku wisata di wilayah Magelang sektor selatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Pelaku Wisata Kabupaten Magelang Selatan Terima Bantuan Sembako
Upacara Perayaan HUT ke-75 Pemkot Surakarta berlangsung khidmad dan segerhana. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gibran Rakabuming Raka, Pimpin Upacara Hut ke-75 Pemkot Surakarta
Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara simbolis menyalurkan bantuan beras warga terdampak luapan Rawa Pening. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Ribuan Warga Terdampak Luapan Rawa Pening Terima Bantuan Beras
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
20 perwakilan PKK se-kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pengolahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Kampanyekan Gemar Makan Ikan, PKK Bantul Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz secara simbolis menyerahkan bantuan kepada KPM. (Foto: Diskominfo Magelang)

Peristiwa

67 KPM di Kota Magelang Terima BST Rp2 Juta
Selama 2021 ini, Dinperinaker telah membuka tiga angkatan pelatihan kerja berbasis kompetensi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Temanggung Latih 112 Orang