Home / Peristiwa

Sabtu, 18 Desember 2021 - 12:35 WIB

Bupati Klaten Salurkan BLT DBHCHT untuk Petani dan Buruh Pabrik

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. (Foto: Diskominfo Klaten)

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Dana tersebut disalurkan kepada 2.250 penerima.

Penyerahan bantuan digelar secara simbolis di Pendapa Kabupaten Klaten, Kamis (16/12/2021) kepada perwakilan 1.410 buruh tani di 11 wilayah kecamatan penghasil tembakau dan 840 buruh pabrik rokok. Masing-masing penerima akan menerima Rp1,8 juta yang diterimakan selama 6 bulan atau Rp300.000 per bulan melalui Bank Klaten.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan sebagai salah satu daerah penghasil tembakau, Klaten menerima DBHCHT yang diperuntukan untuk berbagai kegiatan pembangunan.

Baca juga   UGM Dampingi BUMDes Kadilanggon Klaten Produksi Pakan Konsentrat Domba

Dalam kaitan ini pemkab Klaten telah berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan yang berbasis DBHCHT. Sesuai peraturan menteri keuangan no 206/PMK.07/2020 tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi DBHCHT, salah satu kegiatan yang bisa dibiayai DBHCHT adalah pemberian BLT kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok

“Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan semoga bisa membantu meringankan beban buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Apalagi saat ini kondisi perekonomian sedang berat karena adanya pandemi,” paparnya.

Baca juga   Desa Tangkil Bangkit dari Kemiskinan, Raup Cuan Setelah Kembangkan Kambing Etawa

Menurutnya BLT DBHCHT ini juga merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam membantu masyarakat di masa ekonomi yang sulit. Adapun total dana yang disalurkan sebanyak Rp6.237.650.848.

“Tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada. Ini adalah bukti pemerintah hadir bagi masyarakat yang mengalami kesulitan secara ekonomi. Kami harap tidak ada kecemburuan karena dana bantuan bersumber dari DBHCHT maka yang diberikan hanya kepada buruh tani tembakau di wilayah penghasil tembakau,” ungkapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat kargo asal Tiongkok mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tanpa adanya izin Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: AP II)

Peristiwa

Bandara Soetta Cetak Kinerja Positif di Tengah Pandemi Covid-19
Petugas PLN sedang melalukan perbaikan jaringan listrik akibat cuaca ekstrem yang landa wilayah Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

PLN Normalkan Jaringan Listrik Terdampak Cuaca Ekstrem yang Landa Magelang
Seorang warga di depan rumahnya yang roboh akibat disapu angin kencang. (Foto: BPBD Kab Aceh Tenggara)

Peristiwa

29 Rumah Rusak Berat Diterjang Angin Kencang di Aceh Tenggara
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gencarkan Pengawasan Protokol Kesehatan
Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat kunjungannya di perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto:MC Prov Gorontalo)

Peristiwa

Hiu Paus Botubarani Diberi Nama Sandiaga Salahudin Uno
Banjir yang melanda enam desa di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (20/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Kediri)

Peristiwa

Banjir di Kediri Mulai Surut, Warga Bersihkan Sisa Material Sampah
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau penyelenggaraan vaksinasi tahap ketiga (booster) Covid-19 serentak di Kalurahan Caturharjo, Medari, Sleman, Jumat (18/3/2022). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Vaksinasi Booster Covid-19 Digelar Serentak di Kabupaten Sleman
Kabupaten Kulonprogo Raih 3 Penghargaan TOP BUMD Awards 2021. (Foto: Dok Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

TOP BUMD Awards 2021, Kabupaten Kulonprogo Raih 3 Penghargaan