Home / News

Minggu, 5 Desember 2021 - 08:03 WIB

Bupati Lumajang: Kami Butuh Tambahan Personil untuk Evakuasi Korban

Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau daerah terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, di Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/21) malam. (Foto: MC Kab. Lumajang)

Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau daerah terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, di Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/21) malam. (Foto: MC Kab. Lumajang)

NYATANYA.COM, Lumajang – Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap, ada tambahan personil bantuan, guna persiapan evakuasi korban becana alam yang akan dilakukan pada hari ini, Minggu 5 Desember 2021.

“Kami butuh tambahan relawan, kepada teman-teman komunitas dan lembaga, yang bisa membantu kami, untuk besok membantu guna mengevakuasi korban,” ungkap Cak Thoriq, sapaa akrab Bupati, saat meninjau daerah terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, di Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/21) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa saat ini telah ada bantuan personil dari BPBD Lumajang dan BPBD Kota Probolinggo untuk membantu diwilayah Kecamatan Candipuro, sedangkan diwilayah pronojiwo, malam ini juga sudah diluncurkan personil dari BPBD Kabupaten Malang dan Kota malang.

Baca juga   Lima Orang Ibu Melahirkan di Posko Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Menurutnya, kekuatan personil yang turun saat ini masih belum cukup untuk membantu para korban, sebab bencana APG saat ini lebih besar dampaknya dari pada tahun lalu.

“Kita semua bergerak bersama-sama untuk melakukan evakuasi,” katanya.

Dirinya juga menegaskan, bahwa malam ini pihaknya bersama tim SAR dan relawan tidak bisa melakukan evakuasi langsung, dikarenakan sisa aliran lahar yang masih dalam kondisi panas dengan disertai derasnya hujan abu disekitar wilayah terdampak APG.

Baca juga   Semeru Erupsi, Ganjar : Warga Sekitar Merapi Harus Siaga

“Malam ini, memang tidak bisa dipaksa untuk evakuasi, medannya masih berbahaya, kalau dipaksakan justru keselamatan yang akan melakukan evakuasi yang dikhawatirkan” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Lumajang juga berkesempatan untuk meninjau Dapur Umum dari kemensos yang berada di Lapangan Sumberwuluh timur, guna memeriksa kesiapan bantuan makanan bagi para korban bencana alam, yang kemudian dilanjut melihat dan menyapa langsung para pengungsi yang berada di Kantor Kecamatan Candipuro.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ditjen Perhubungan Udara berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) melalui Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, untuk memperketat pengawasan pengiriman paket Pos melalui pesawat udara. (Foto: Citilink)

News

Pemerintah Perketat Pengawasan Pengiriman Paket Pos Lewat Pesawat Udara
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Zona Merah, Klaten Stop Hajatan dan Tutup Seluruh Objek Wisata
Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

News

PVMBG Jelaskan Kronologis Erupsi Gunung Semeru
Bupati Batang Wihaji menjelaskan, pihaknya bersama Polres Batang, dan Kodim 0736/Batang menyiapkan pasukan khusus penanganan bencana. (Foto: MC Batang)

News

Masuki Musim Hujan, Batang Petakan 9 Titik Rawan Bencana
(Foto: ANTARA)

News

PVMBG: Gunung Semeru Luncurkan 2 Kali Guguran Lava Pijar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021, yang diikuti Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring, Senin (22/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Belanja APBD Tertinggi Nasional, DIY Tetap Upayakan Raihan Pendapatan dan Serapan
Data dari WHO Indonesia berada pada level 1 penularan Covid-19, sedangkan menurut Nikkei Indeks pemulihan Covid-19 Indonesia berada diperingkat 41, tertinggi di Asia. (Foto: InfoPublik)

News

Menkominfo Imbau Masyarakat Tetap Waspada Lonjakan Covid-19

News

629 Orang Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota KPU dan Bawaslu