Home / News

Senin, 6 Desember 2021 - 12:23 WIB

Bupati Lumajang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Semeru

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menetapkan status tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru selama 30 hari terhitung mulai 4 Desember 2021 sampai dengan 3 Januari 2022. (Foto: dok. Diskominfo Lumajang)

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menetapkan status tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru selama 30 hari terhitung mulai 4 Desember 2021 sampai dengan 3 Januari 2022. (Foto: dok. Diskominfo Lumajang)

NYATANYA.COM, Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menetapkan status tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru selama 30 hari terhitung mulai 4 Desember 2021 sampai dengan 3 Januari 2022 berdasarkan Surat Keputusan Nomor 188.45/525/427.12/2021.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari, dalam Konferensi Pers: Perkembangan Hari Kedua Pascaerupsi Gunung Semeru di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (5/12/2021).

Bupati Kabupaten Lumajang juga menetapkan Komando Tanggap Darurat Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru yang dipimpin oleh Komandan Distrik Militer 0821 Lumajang, bersama Komandan Bataliyon Infantri 527 sebagai Wakil Komandan I, Kepala Kepolisian Resor Lumajang sebagai Wakil Komandan II dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang sebagai sekretaris.

Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan data terkini yang dihimpun BNPB pada Minggu (5/12), pukul 17.30 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat letusan Gunung Semeru sebanyak 14 orang.

Baca juga   Peringatan Dini, Sejumlah Wilayah di Jabodetabek Siaga Banjir

BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lumajang terkait pemutakhiran data dampak erupsi.

“Korban meninggal dunia teridentifikasi di dua kecamatan, yaitu 11 orang meninggal dunia di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan 3 orang meninggal dunia di Kecamatan Candipuro,” jelasnya.

Korban meninggal ada di dua kecamatan, antara lain di Kecamatan Pronojiwo sebanyak enam orang atas nama Poniyem (50 tahun), Bawon Triono (33 tahun), Yatifa, Luluk, Edy dan Edy Pranowo.

Sedangkan di Kecamatan Candipuro ada lima orang yang meninggal dunia atas nama Dafa (14 tahun), Siti (40 tahun) dan tiga korban lainnya masih dalam proses identifikasi.

Kemudian, terdapat satu korban meninggal atas nama Besut (50 tahun) di Desa Sumberwuluh. Korban lainnya masih dalam proses identifikasi.

Baca juga   Ratusan Siswa Sekolah Ini Sisihkan Uang Saku Bantu Korban Erupsi Semeru

Adapun perkembangan data penanganan korban luka berat sebanyak 35 orang meliputi delapan orang di Rumah Sakit dr. Haryoto, 16 orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian, tiga orang di Rumah Sakit Bhayangkara dan delapan orang di Puskesmas Penanggal

Untuk korban luka lainnya sebanyak 21 orang, sehingga total keseluruhan korban luka sebanyak 56 orang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang juga melaporkan sebanyak 5.205 jiwa terdampak kejadian sebaran awan panas guguran yang terjadi pada Sabtu (4/12) lalu.

Sampai saat ini BPBD setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah korban terdampak dan perkembangan jumlah orang yang mengungsi menjadi 1.300 jiwa.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kementerian Perdagangan merilis logo baru yang akan diberlakukan pada tahun 2022. (Foto: Biro Humas Kemendag)

News

Hadapi Tantangan Global, Kementerian Perdagangan Rilis Logo Baru
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), menerbitkan aturan terbaru tentang syarat penerbangan yang berlaku mulai 28 Oktober 2021. (Foto: Angkasa Pura II)

News

Berlaku Mulai 28 Oktober 2021, Ini Aturan Baru Penerbangan Dalam Negeri Saat Pandemi
Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bakesbangpol memfasilitasi FPK, FKUB, dan FKDN melakukan audiensi dengan Polresta Yogyakarta pada Rabu (13/4/2022) di Mapolresta Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Sinergitas Pemangku Kebijakan dengan Masyarakat Kunci Penanganan Kejahatan Jalanan
Puan Maharani hingga sekarang tetap berkomitmen berpihak pada buruh. (Foto: Istimewa)

News

Peringati Hari Buruh, Keberpihakan Puan Pada Buruh Tak Pernah Luntur
Ilustrasi Tuberculosis. (iStock)

News

Kemenkes Waspadai Kasus Tuberculosis di Indonesia Meningkat, Ini yang Dilakukan
Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Kembali Gelontorkan Penyertaan Modal BPD DIY Sebesar Rp91,412 Miliar
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Banyak Daerah Turun Level PPKM, Magelang, Madiun dan DIY Masih Level 4
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Turun Level 3, Bupati Sragen Ingatkan Masyarakat Terus Patuhi Prokes