Home / Peristiwa

Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:26 WIB

Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Sesuai laporan Dinas Kesehatan, penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang mengalami tren penurunan. Hal ini diungkapkan Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat, Rabu (18/8/2021) di Rumah Dinas Bupati Magelang.

“Sampai hari kemarin, Selasa (17/8/2021) kita masih dalam posisi terkonfirmasi 655 pasien, tentunya ini masih dalam batas yang harus terus kita upayakan untuk dilakukan penekanan tanpa mengurangi upaya-upaya yang sudah dilakukan sebelumnya,” kata Zaenal.

Dalam hal ini, Zaenal juga mengharapkan agar jajarannya segera merealisasikan isolasi terpusat untuk mendorong upaya yang lebih maksimal dalam mencegah penularan Covid-19 pada rumah tangga.

Baca juga   Polda Jateng Bongkar Tiga Pabrik Oli Palsu Beromzet Puluhan Miliar

“Apalagi kita sudah melakukan upaya peminjaman Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) sampai ke Kementerian Kesehatan dan sudah diberikan izin, maka kita harus bisa memaksimalkannya di samping kita juga memiliki Rumah Sakit Candi Umbul, Menoreh dan sebagainya. Saya berharap terkait isolasi terpusat ini kita bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri, soal anggaran nanti kita bisa gunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT) dari BPBD,” ujarnya.

Zaenal juga sangat berharap agar Kabupaten Magelang bisa turun pada level II bahkan I sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali berjalan meskipun tetap harus memperhatikan Protokol Kesehatan secara ketat.

Baca juga   Percepat Vaksin Booster, Boyolali Buka Layanan di Tempat Umum

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto melaporkan, sesuai arahan Bupati Magelang, pihaknya telah menindaklanjuti untuk menyediakan bangunan/gedung yang akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat, dengan memanfaatkan melalui pinjam pakai bangunan gedung di Asrama Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Kecamatan Salaman.

Perjanjian pinjam pakai sendiri sudah ditandatangani pada 12 Juli 2021. Di Bapelkes sendiri tersedia sejumlah 45 kamar dengan kapasitas 95 tempat tidur yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk isolasi terpusat.

“Apabila nanti masih dibutuhkan kita sudah menyediakan alternatif berikutnya yaitu menggunakan Rumah Sakit Bukit Menoreh dan juga Rumah Sakit Candi Umbul,” jelas Adi Waryanto. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq dalam acara Tasyakuran dan Resepsi dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama RI di Gedung Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Bupati: Temanggung Berkomitmen Tidak Ada Perbedaan Golongan, Ras, Agama, dan Politik
Thomas Odho Sumarto atau yang sering disapa Mbah Odho tutup usia, Rabu Kliwon, 30 Maret 2022 pukul 08.31 WIB. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Selamat Jalan Mbah Odho, Peramu Teh Herbal Pegagan Kulon Progo
PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

Peristiwa

PLN Pulihkan Jaringan Listrik di Flores Pascagempa M7,4
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melepas jalan sehat warga RW RW 11 Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jaga Imunitas di Tengah Pandemi, Warga Muja Muju Gelar Jalan Sehat
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan bantuan Jaminan Kematian Ahli Waris Pegawai Non ASN dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Dok. Pemkab Bantul)

Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Jaminan Kematian Ahli Waris di Bantul
Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri. (Foto: Kemnaker/InfoPublik)

Peristiwa

Lindungi Pekerja, Kemnaker Bahas Penetapan Upah Minimum 2022
Sentra kerajinan gerabah di Bayat Klaten ikut tredampak pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Omset Perajin Gerabah Bayat Turun Drastis Selama Pandemi
Ganjar Pranowo saat mengunjungi proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Wisata Energi