Home / Peristiwa

Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:26 WIB

Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Sesuai laporan Dinas Kesehatan, penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang mengalami tren penurunan. Hal ini diungkapkan Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat, Rabu (18/8/2021) di Rumah Dinas Bupati Magelang.

“Sampai hari kemarin, Selasa (17/8/2021) kita masih dalam posisi terkonfirmasi 655 pasien, tentunya ini masih dalam batas yang harus terus kita upayakan untuk dilakukan penekanan tanpa mengurangi upaya-upaya yang sudah dilakukan sebelumnya,” kata Zaenal.

Dalam hal ini, Zaenal juga mengharapkan agar jajarannya segera merealisasikan isolasi terpusat untuk mendorong upaya yang lebih maksimal dalam mencegah penularan Covid-19 pada rumah tangga.

Baca juga   Hari Pertama PPKM Darurat, Bupati Sukoharjo Pantau Rumah Makan

“Apalagi kita sudah melakukan upaya peminjaman Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) sampai ke Kementerian Kesehatan dan sudah diberikan izin, maka kita harus bisa memaksimalkannya di samping kita juga memiliki Rumah Sakit Candi Umbul, Menoreh dan sebagainya. Saya berharap terkait isolasi terpusat ini kita bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri, soal anggaran nanti kita bisa gunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT) dari BPBD,” ujarnya.

Zaenal juga sangat berharap agar Kabupaten Magelang bisa turun pada level II bahkan I sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali berjalan meskipun tetap harus memperhatikan Protokol Kesehatan secara ketat.

Baca juga   Bareng TNI-Polri, Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Pekerja

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto melaporkan, sesuai arahan Bupati Magelang, pihaknya telah menindaklanjuti untuk menyediakan bangunan/gedung yang akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat, dengan memanfaatkan melalui pinjam pakai bangunan gedung di Asrama Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Kecamatan Salaman.

Perjanjian pinjam pakai sendiri sudah ditandatangani pada 12 Juli 2021. Di Bapelkes sendiri tersedia sejumlah 45 kamar dengan kapasitas 95 tempat tidur yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk isolasi terpusat.

“Apabila nanti masih dibutuhkan kita sudah menyediakan alternatif berikutnya yaitu menggunakan Rumah Sakit Bukit Menoreh dan juga Rumah Sakit Candi Umbul,” jelas Adi Waryanto. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan penghargaan secara simbolis kepada relawan dedikasinya dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

200 Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 dapat Penghargaan dari Bupati Kebumen
Vaksinasi massal yang digelar Polres Batang bekerjasama dengan TNI, Pemkab, dan Kejaksaan Negeri Batang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Batang)

Peristiwa

11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan
Logo Kabupaten Sukoharjo. (ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan ASN Peduli Dampak Corona, ASN Sukoharjo Donasi Sembako Senilai Rp200 Ribu
Pasien Covid-19 asal Kudus sudah dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan
Bupati Klaten Sri Mulyani menerima bantuan APD dari PT Parna Raya dan Marianna Foundation. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Terima Bantuan 1.000 Pakaian Hazmat
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo pantau langsung warga yang lakukan isoman. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Joko Purnomo Kunjungi Warga Isoman di Wilayah Tirtosari
Vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder, Gunungkidul. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DLHK DIY Gelar Vaksinasi Massal di Tahura Bunder
Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Tenis Indor dr Soetomo Cilacap. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 di Cilacap Sudah Landai, Ganjar Minta Jangan Lengah