Home / News

Minggu, 2 Juni 2024 - 13:28 WIB

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati Ajak Cegah Pernikahan Anak

Pengurus forum anak Bhakti Pertiwi Kecamatan Trawas periode 2024-2026 di Kabupaten Mojokerto. (Foto: Diskominfo Kab. Mojokerto)

Pengurus forum anak Bhakti Pertiwi Kecamatan Trawas periode 2024-2026 di Kabupaten Mojokerto. (Foto: Diskominfo Kab. Mojokerto)

NYATANYA.COM, Mojokerto – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melantik pengurus forum anak ‘Bhakti Pertiwi’ Kecamatan Trawas periode 2024-2026.

Ia menyampaikan peran dan tugas yang diemban oleh forum anak kecamatan, strategi untuk mencegah pernikahan anak, dan bahaya tembakau bagi tubuh.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (2/6/2024), pada poin pertama Bupati Ikfina menuturkan forum anak bertujuan sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi kalangan usia anak yang nantinya akan dipertimbangkan pada pembangunan di masa datang.

“Forum anak ini dibentuk supaya anak di kecamatan Trawas ini bisa menyampaikan aspirasi dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah,” tuturnya.

Ikfina melanjutkan, forum anak ‘Bhakti Pertiwi’ ini merupakan bagian dari forum anak ‘Majapahit’ Kabupaten Mojokerto.

Nantinya aspirasi atau ide dari forum anak di tingkat kecamatan akan dilanjutkan dan disampaikan oleh forum anak kabupaten kepada Bupati Mojokerto pada saat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tematik.

Baca juga   Temui Kapolres Sleman, Korban Penganiayaan Berharap Laporan Kasusnya Ditindaklanjuti

“Forum anak kecamatan nanti akan menyampaikan aspirasinya ke forum anak kabupaten, di kabupaten kita namanya forum anak ‘Majapahit’, nanti forum anak Majapahit yang akan menyampaikan ke saya, waktu itu pernah ada masukan, ingin ruang bebas asap rokok, akhirnya Pemkab Mojokerto membuat RTH atau Ruang Terbuka Hijau di masing-masing kecamatan,” jelasnya.

Selanjutnya bupati perempuan pertama di Mojokerto itu mengingatkan para pengurus forum anak yang berusia 12-15 tahun tersebut tentang dampak dari pernikahan anak.

Menurut Ikfina, menikah saat di usia anak-anak sangat berisiko, terutama pada kesehatan.

“Menikah saat masih pada usia anak sangat berisiko, pernikahan anak berpotensi besar menyebabkan bayi stunting (gagal tumbuh), karena organ-organ sang ibu belum siap untuk mengandung,” ungkapnya.

Baca juga   Konsumsi Obat Kuat, Seorang Kakek Meninggal Dunia di Panti Pijat di Mojokerto

Selain itu menurut bupati yang bergelar dokter tersebut, hubungan seks di usia anak juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks pada Wanita

“Berhubungan seks pada usia dini atau anak bisa meningkatkan risiko terkena kanker serviks, karena organnya masih terlalu dini, jadi semakin muda seorang wanita melakukan hubungan seks, maka semakin tinggi risikonya (kanker),” bebernya.

Di akhir materinya, Bupati Mojokerto itu juga menjabarkan sejenak tentang bahaya tembakau bagi tubuh.

“Saya paham betul bahaya tembakau ini, baik yang berupa rokok ataupun yang digunakan untuk ‘nginang’, kalau perokok itu paru-parunya nanti menghitam, sedangkan kalau dulu ada yang nginang itu saya pernah periksa mulutnya terkena kanker mulut, jadi untuk anak-anakku yang ada di sini, jangan sampai ada yang coba-coba untuk merokok ya,” tandasnya. (N2)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo imbau masyarakat tetap waspadai penyebaran Covid-19 di masa liburan Lebaran. (Foto: Istimewa)

News

Wabub Temanggung Ingatkan Penyebaran Covid-19 di Masa Libur Lebaran
Presiden Jokowi mengajak para anggota negara G7 dapat berinvestasi di sektor energi bersih di Indonesia. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Ajak Negara G7 Berinvestasi Energi Bersih di Indonesia
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, meninjau sawah terdampak banjir di Desa Bringin, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Kamis (21/3/2024). Foto: Humas Jateng

News

Pemerintah Salurkan Rp175 Miliar, Bantu Petani Terdampak Banjir di Jateng
Rakor Penerapan Protkes pada Industri Sektor Esensial yang diikuti secara daring oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Ini 6 Perusahaan di DIY yang Boleh Beroperasi Penuh Selama Perpanjangan PPKM
Presiden Jokowi saat meninjau aktivitas perdagangan dan mengecek harga komoditas di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta, pada Minggu (8/1/2023). Foto: BPMI Setpres

News

Sambangi Pedagang di Pasar Sentul, Presiden: Harga Kebutuhan Pokok di DIY Cenderung Stabil
Menurut Plt Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah Safrudin, inisiasi gubernur berupa ilmu titen dan kentongan itu masih relevan diterapkan di kalangan masyarakat. Sebab, menjadi peringatan di kalangan masyarakat untuk waspada terhadap peristiwa bencana alam. (Foto: Humas Jateng)

News

Siaga Bencana, Ganjar: Hidupkan Lagi Ilmu Titen dan Kentongan
Ilustrasi. Sejumlah kendaraan roda empat melintas KM 346 menuju arah Jakarta saat arus balik lebaran 2022 di Jalan Tol KM 346 Batang, Jumat (6/4/2022). Foto: MC Batang

News

Rekor Arus Balik Tertinggi Sepanjang Sejarah Jalan Tol, Kalahkan Rekor Sebelum Pandemi
Foto: PELNI

News

PELNI Siapkan 49 Ribu Kursi Angkutan Lebaran 2022, Calon Penumpang yang Baru Sekali Vaksin Harus RT-PCR