Home / Plus

Rabu, 20 April 2022 - 11:07 WIB

Cari Berkah saat Ramadan dengan Berbagi Sayuran Segar

DKPPP Temanggung bersama Kelompok Tani Muda Sejahtera dari Dusun Nglarangan, Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, melakukan kegiatan berbagi sayuran pada Ramadan 2022, Selasa (19/4/2022). Foto: MC.TMG

DKPPP Temanggung bersama Kelompok Tani Muda Sejahtera dari Dusun Nglarangan, Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, melakukan kegiatan berbagi sayuran pada Ramadan 2022, Selasa (19/4/2022). Foto: MC.TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) bersama Kelompok Tani Muda Sejahtera dari Dusun Nglarangan, Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, melakukan kegiatan berbagi sayuran pada Ramadan 2022, di seputaran Tugu Jam dan Monumen Pancasila, Temanggung, Selasa (19/4/2022).

Kepala DKPPP Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan, kegiatan ini murni amal dari salah satu kelompok anak muda milenial Muda Sejahtera yang bergerak mengelola pertanian sektor hortikultura.

“Ada cabe dan sayuran, ini bentuk rasa syukur mereka. Hasil panen mereka yang tahun ini cukup lumayan, dan bukan karena tidak laku. Niat amal di bulan puasa ini, dan merayakan Idulfitri,” ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga untuk mengenalkan produk sayuran lokal Temanggung kepada masyarakat.

Baca juga   PTM Kembali Dibuka, Temanggung Terapkan Waktu Belajar Penuh

“Di Temanggung sendiri ada banyak produk sayuran yang cukup berkualitas, kita tidak perlu kuatir stok ketersediaan pangan, dan mutu pangan. Insyaallah, kita sudah bisa mencukupi dari produk lokal kita sendiri,” imbuhnya.

Koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan Ngadirejo, Muhyani menyampaikan, bagi-bagi ini sudah dilaksanakan tiga kali, yaitu pertama di Kecamatan Ngadirejo, tahun 2020 di perempatan BCA Temanggung dan tahun ini dilaksanakan di seputaran Tugu Jam.

“Ini merupakan salah satu kepedulian dan pengabdian petani kepada masyarakat, lebih tertata dan jumlah yang diberikan lebih banyak. Ini juga pendukung gerakan food estate di Temanggung,” jelasnya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Temanggung, Anton Budiono menjelaskan, pihaknya membawa 1.500 bungkus sayuran, yang terdiri dari kubis, sawi, cabai, tomat, bawang, dan wortel. Kegiatan ini menjadi agenda rutin tiap tahun saat Ramadan.

Baca juga   Forum Anak Kabupaten Temanggung Dilantik Bupati

“Kami di kelompok tani ini mempunyai 30 anggota, ide dan inisiatif, karena kami adalah petani. Kita petani bisa memberikan dan bisanya membagi, ya sayuran ini. Semoga menjadi amal ibadah di bulan Ramadan ini, dari Temanggung untuk Indonesia,” ungkapnya.

Ester (63) warga Dongkelan Lor, Kelurahan Jampiroso, sangat senang adanya pembagian sayuran di seputaran tugu jam ini.

“Awalnya saya mau niat membeli, kok sore-sore ada yang membagikan sayuran dikemas plastik, apik dan resik, seger pula dan ijo-ijo. Terima kasih, sering-sering ya,” pungkasnya.

(N3)

Share :

Baca Juga

Batang Coffee bertahan di tengah pandemi dengan produksi camilan. (Foto: MC Batang)

Plus

Penjualan Kopi Lesu, Batang Coffee Kembangkan Produk Camilan
Dr Timbul Raharjo MHum terpilih sebagai Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta periode 2023 - 2027. Foto: Instagram/@timbulraharjo

Plus

Terpilih Jadi Rektor, Timbul Raharjo Ingin Jadikan ISI Perguruan Tinggi Seni Terkemuka Dunia
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Plus

Diluncurkan Sejak Tahun Lalu, Total Transaksi Blangkon Jateng Mencapai Rp15 Miliar
Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021, di Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemendikbudristek)

Plus

KMHE 2021 Sukses Hasilkan Mobil Hemat Energi Ramah Lingkungan
Menkominfo, Johnny G. Plate. Foto: Pey/Humas Kominfo

Plus

Menkominfo Apresiasi Pembangunan Pusat Data oleh Metta DC
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Ryadhy/InfoPublik)

Plus

UMKM Lokal Diproyeksikan Raup Keuntungan Rp500 Miliar di MotoGP 2022
Tradisi mendhem ari-ari dan brokohan biasa dilakukan tepat pada hari kelahiran bayi. (Foto: www.kratonjogja.id)

Plus

Mengenal Tradisi Mendhem Ari-Ari dan Brokohan di Keraton Yogyakarta
Para peserta saat mengikuti program inkubasi literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Perpustakaan Kota Yogya Buka Pelatihan Kreasi Bunga Kering, Berikut Link Pendaftarannya