Home / Peristiwa

Rabu, 1 Desember 2021 - 10:34 WIB

Carica dan Mie Ongklok Bawa Wonosobo Raih Penghargaan Kabupaten Kreatif 2021

Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021).

Wakil Bupati, Muhamad Albar yang menerima anugerah KATA Kreatif langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengaku bersyukur dan bangga upaya dan kerja keras Pemkab Wonosobo mengembangkan ekonomi kreatif, khususnya pada sub sektor kuliner Carica dan Mie Ongklok, mendapat apresiasi dari Pemerintah pusat.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Wibowo yang turut mendampingi, Wabup menyebut kunci utama keberhasilan pada ajang KATA Kreatif ada pada kolaborasi antar elemen ekraf yang terdiri dari 5 unsur ABCGM.

“Upaya kolaboratif antara elemen ABCGM, atau Academic Bussines Community Government and Media ini menjadi kunci pokok pencapaian dan keberlanjutan pengembangan ekonomi Kreatif di Wonosobo,” tutur Agus ketika dihubungi melalui sambungan telpon seusai penerimaan penghargaan.

Baca juga   6 Karung Ganja Dibawa Truk Berisi Limbah dari Sumatera, Polisi: Imbalan Rp75 Juta

Rantai proses ekonomi kreatif yang meliputi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi, diakuinya sangat membutuhkan upaya kolaborasi antar stakeholders.

Setelah diterimanya anugerah KATA Kreatif, Agus menyebut pihaknya akan berupaya menggandeng para pelaku Ekraf untuk bergandeng tangan dan berkolaborasi untuk mewujudkan Wonosobo Maer, sekaligus menyambut ajakan Kementerian Parekraf RI yang ingin mendorong terwujudnya gerakan 3G.

Gerakan 3G, atau Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gas Pol (Garap potensi Lokal), menurut Agus, merupakan implementasi dari program pengembangan KaTa Kreatif untuk menggali, memanfaatkan, menumbuh kembangkan, mengelola, dan mengkonservasi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal.

Pada ajang KATA Kreatif Tahun 2021, Agus menyebut Kementerian Parekraf RI menetapkan 11 kabupaten/kota kreatif se-Indonesia. Kabupaten Wonosobo ditetapkan sebagai KaTa Kreatif 2021 pada sub sektor Kuliner.

Baca juga   Komnas HAM Sulteng Sarankan Polri Lakukan Pemulihan Pasca Penumpasan MIT di Poso

“Dua kuliner unggulan Wonosobo yaitu Carica dan Mie Ongklok merupakan ikon wisata kuliner Wonosobo dan dengan diterimanya penghargaan ini, kami berharap akan menarik sub sector-sub sector ekraf lainnya untuk berkembang,” tandasnya.

Proses penetapan sebagai Kata Kreatif 2021, dijelaskan mantan Direktur PT Tambi itu, diawali dengan keikutsertaan Kabupaten Wonosobo mengikuti Uji Petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif) pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

“Hasil PMK3I tahun 2018 menghasilkan 3 sub sector ekonomi kreatif unggulan yaitu kuliner, seni pertunjukan dan fotografi, dan setelah dilakukan verifikasi lapangan maka tim Uji Petik PMK3I merekomendasikan sub Sektor kuliner sebagai pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Wonosobo.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Biro Humas KLHK

Peristiwa

Hukuman Penjara Lima Tahun dan Denda Rp100 Juta Menanti, Dua Tersangka Penjual Kulit Harimau Sumatra
Pemkot Bengkulu menutup sementara tempat hiburan Karaoke Ayu Ting Ting di Kelurahan Penurunan setelah tamu dan pemandu lagu (PL) meninggal dunia di lokasi tersebut. Foto: Ist/Antara

Peristiwa

Pemkot Bengkulu Tutup Karaoke Ayu Ting Ting, Pasca Dua Tamu Meninggal
nyatanya.com

Peristiwa

Sadis! Bocah SD di Deli Serdang Dibunuh Saat Sedang Belajar di Dalam Kelas
Guru PAUD se Kecamatan Jiken saat menggelar pertemuan di hall stage Plumpung Banyu Anget. (Foto: Priyo Puji R)

Peristiwa

Temu Guru PAUD Kecamatan Jiken di Plumpung Banyu Anget
Gubernur Jateng Ganjar Pranowomenyerahkan dana Kompensasi untuk korban tindak pidana terorisme, di Gedung B Lantai 5 Kantor Gubernur Jateng, Rabu (9/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Korban Terorisme Terima Dana Kompensasi, Ganjar: Mudah-mudahan Tidak Ada Lagi Tindakan Menyakiti Orang Lain
Warga setempat bersama personil BPBD, TNI Polri Satpol PP dan relawan membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan desa. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dua Titik Longsor yang Menutup Akses Desa di Lereng Sumbing Sudah Dibersihkan
WNA asal Turki bernama Erhan Seckal (39), yang terdampar di Perairan Utara Bali. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Imigrasi Bali Tangani WNA Asal Turki yang Terdampar di Perairan Bali
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan