Home / Peristiwa

Rabu, 1 Desember 2021 - 10:34 WIB

Carica dan Mie Ongklok Bawa Wonosobo Raih Penghargaan Kabupaten Kreatif 2021

Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021).

Wakil Bupati, Muhamad Albar yang menerima anugerah KATA Kreatif langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengaku bersyukur dan bangga upaya dan kerja keras Pemkab Wonosobo mengembangkan ekonomi kreatif, khususnya pada sub sektor kuliner Carica dan Mie Ongklok, mendapat apresiasi dari Pemerintah pusat.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Wibowo yang turut mendampingi, Wabup menyebut kunci utama keberhasilan pada ajang KATA Kreatif ada pada kolaborasi antar elemen ekraf yang terdiri dari 5 unsur ABCGM.

“Upaya kolaboratif antara elemen ABCGM, atau Academic Bussines Community Government and Media ini menjadi kunci pokok pencapaian dan keberlanjutan pengembangan ekonomi Kreatif di Wonosobo,” tutur Agus ketika dihubungi melalui sambungan telpon seusai penerimaan penghargaan.

Baca juga   PCNU Klaten Vaksinasi 1.000 Warganya

Rantai proses ekonomi kreatif yang meliputi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi, diakuinya sangat membutuhkan upaya kolaborasi antar stakeholders.

Setelah diterimanya anugerah KATA Kreatif, Agus menyebut pihaknya akan berupaya menggandeng para pelaku Ekraf untuk bergandeng tangan dan berkolaborasi untuk mewujudkan Wonosobo Maer, sekaligus menyambut ajakan Kementerian Parekraf RI yang ingin mendorong terwujudnya gerakan 3G.

Gerakan 3G, atau Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gas Pol (Garap potensi Lokal), menurut Agus, merupakan implementasi dari program pengembangan KaTa Kreatif untuk menggali, memanfaatkan, menumbuh kembangkan, mengelola, dan mengkonservasi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal.

Pada ajang KATA Kreatif Tahun 2021, Agus menyebut Kementerian Parekraf RI menetapkan 11 kabupaten/kota kreatif se-Indonesia. Kabupaten Wonosobo ditetapkan sebagai KaTa Kreatif 2021 pada sub sektor Kuliner.

Baca juga   Tingkatkan Literasi, Masyarakat Didorong Kunjungi Perpustakaan Daerah

“Dua kuliner unggulan Wonosobo yaitu Carica dan Mie Ongklok merupakan ikon wisata kuliner Wonosobo dan dengan diterimanya penghargaan ini, kami berharap akan menarik sub sector-sub sector ekraf lainnya untuk berkembang,” tandasnya.

Proses penetapan sebagai Kata Kreatif 2021, dijelaskan mantan Direktur PT Tambi itu, diawali dengan keikutsertaan Kabupaten Wonosobo mengikuti Uji Petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif) pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

“Hasil PMK3I tahun 2018 menghasilkan 3 sub sector ekonomi kreatif unggulan yaitu kuliner, seni pertunjukan dan fotografi, dan setelah dilakukan verifikasi lapangan maka tim Uji Petik PMK3I merekomendasikan sub Sektor kuliner sebagai pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Wonosobo.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sosialisasi Antikorupsi di Pendopo Kemantren Pakualaman, Rabu (16/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Hari Antikorupsi Sedunia, Momentum Kuatkan Sembilan Nilai Antikorupsi
Isi ulang oksigen gratis disambut baik warga masyarakat di tengah situasi sulit saat ini. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yesy Sumringah Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis
Wabup Sleman mendampingi Menteri PPPA Bintang Puspayoga acara kunjungan lapangan ke desa ramah perempuan dan peduli anak. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Menteri PPPA Lakukan Kunjungan Lapangan ke Wedomartani
Foto: Humas Sleman

Peristiwa

77 Anak di Sleman Ikuti Khitanan Massal HUT ke-77 Republik Indonesia
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terus Gencarkan Vaksinasi Bagi Pelajar
Bupati Hj Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polres Sukoharjo di Sentra Niaga, Solo Baru. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Masih Jauh dari Target, Pemkab Sukoharjo Jalin Sinergi Genjot Vaksinasi
Untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan akan meningkatkan pelaksanaan Testing, Tracing dan Treatment (3T), terutama di daerah yang berpotensi mengalami penularan kasus tinggi. (Foto: Kemenkes)

Peristiwa

Kemenkes Tingkatkan 3T Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 di Daerah Ini
Dalam waktu kurang dari satu bulan, Indonesia telah menerima sebanyak 36.575.850 dosis vaksin dari berbagai merek. Vaksin yang didapatkan ini dalam bentuk pembelian langsung maupun donasi dari negara sahabat. (Foto: Taofiq Raof/InfoPublik)

Peristiwa

Kurang dari Sebulan, Sudah 36.575.850 Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air