Home / Peristiwa

Minggu, 4 Juli 2021 - 11:18 WIB

Cegah Klaster Baru, Penyembelihan Hewan Kurban Harus Taat Prokes

Sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Kurban Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Kurban Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menggelar Sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Kurban bersama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta, Jumat (2/7/21) di Balaikota Yogyakarta.

Meskipun kegiatan pemotongan dan pengawasan hewan kurban sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi umat Islam, namun pelaksanaan tahun ini berbeda karena adanya Covid-19. Untuk itu dibutuhkannya persiapan yang matang, tepat dan sesuai standar protokol kesehatan perlu diingatkan kembali.

“Sosialisasi kepada masyarakat ini perlu dilakukan, mengingat situasi pandemi dan adanya edaran baru mengenai PPKM menjadi fokus bersama. Kita semua berharap hewan yang akan dikurbankan benar-benar sehat dan layak sesuai hakikatnya,” Kata Heroe Poerwadi.

Demi menekan penyebaran Covid-19 dan mencegah adanya klaster baru di Kota Yogyakarta, Pemerintah mengeluarkan pedoman tata cara pelaksanaan rangkaian Ibadah Idul Adha sesuai dengan protokol Covid-19 agar pelaksanaan beribadah sehat, aman, dan nyaman.

Baca juga   Penanganan Rob dan Banjir Pesisir Jateng Sudah “On The Track”

“Untuk itu, pada kesempatan pelatihan ini kami ingin memastikan betul bahwa seluruh panitia mengetahui tata cara kurban, tidak hanya secara syariah namun juga dari aspek kesehatan, kebersihan, higienitas baik sebelum dan sesudah penyembelihan,” ungkapannya.

Dengan upaya yang dilakukan pemerintah tentang pelaksanaan PPKM mulai tanggal 3-20 Juli 2021 diharapkan masyarakat untuk sementara beribadah di rumah, ini dilakukan se Jawa dan Bali.

“Nanti akan ada aturan tersendiri mengenai penyelenggaraan Idul Adha saat PPKM yang di buat menyusul. Diharapkan masyarakat dapat memahami perubahan drastis terkait kondisi pandemic saat ini yang semakin tinggi,” ucap Heroe.

Baca juga   Dinas Kebudayaan Kota Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelaku Seni

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, sampai saat ini jumlah sapi, kambing dan domba yang disembelih masih menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun 2020 sebanyak 1996 ekor sapi dan 3016 ekor kambing dan domba yang disembelih.

“Untuk titik pemantauan nantinya kita lakukan di 382 titik di Kota Yogyakarta. Dimana di masa pandemi ini kegunaan pembuatan pos pemantauan pengaduan dapat membantu apabila ditemukan kendala di masyarakat saat kegiatan berlangsung,” jelasnya.

Suyana menjelaskan, tidak hanya mematuhi protokol kesehatan namun teliti dalam mengambil keputusan terhadap pengambilan hewan. Jika hewan sakit maka perlu dilakukan pemeriksaan secara cermat sehingga nantinya daging kurban yang diperoleh selain halal juga layak untuk di konsumsi. (*)

Share :

Baca Juga

Penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyekatan PPKM Darurat Turunkan Mobilitas Lalin 57 Persen
Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pasien Isoman GOR Klaten Dilatih Senam Pernafasan
Bupati Sukoharjo memantau ke sejumlah tempat di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Hari Pertama PPKM Darurat, Bupati Sukoharjo Pantau Rumah Makan
Wagub DIY sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY, KGPAA Paku Alam X tinjau pelaksanaan vaksinasi di Rest Area SPBU Ambarketawang, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Vaksinasi yang dilaksanakan di Gerai Presisi Mapolres Magelang, Jumat (13/8/2021) berhasil menyuntikkan vaksin kepada 600 orang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gencar Vaksinasi, Sehari Layani 600 Orang
Bibit padi gulung Sri Mulyo. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik, Inovasi Bibit Padi Gulung Sri Mulyo
Pemerintah Kabupaten Sleman meraih ‘Anugerah KPAI 2021’. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Untuk Kedua Kalinya, Pemkab Sleman Raih ‘Anugerah KPAI 2021’