Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 14:05 WIB

Cegah Klaster PTM, Pemkab Klaten Terjunkan Tim Khusus Pantau Prokes

Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten menerjunkan tim khusus untuk memantau pembelajaran tatap muka (PTM) yang berlangsung di Kabupaten Klaten. Diharapkan, PTM yang dilaksanakan sesuai prokes, membawa dampak positif bagi para siswa dan tidak menimbulkan klaster baru penularan virus Covid-19.

“Ada lima tim yang ikut memantau ke berbagai wilayah Kabupaten Klaten. Harapannya PTM dapat berjalan dengan baik dan aman, semua yang ikut andil sehat selalu dan tidak ada klaster PTM,” ujar Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (28/9/2021).

Dalam kesempatan itu, bupati memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. Di setiap sekolah yang dikunjungi, ia memastikan kelengkapan penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, termometer, hingga ketersediaan hand sanitizer.

Baca juga   Aman, Pemda DIY Penuhi Stok Oksigen

“Kegiatan kami memantau PTM di SD dan SMP. Alhamdulillah sejauh ini berjalan cukup baik, kelengkapan prokesnya sudah mencukupi,” ungkapnya.

Menurutnya, tingkat kesadaran siswa untuk memakai masker selama mengikuti PTM sudah sangat baik. Pemakaian masker oleh siswa dan guru selama PTM berlangsung perlu menjadi perhatian, karena merupakan langkah pencegahan munculnya klaster penularan Covid-19 saat PTM berlangsung.

“PTM memang sudah diizinkan, namun perlu diingat jika saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Karenanya prokes, khususnya pemakaian masker selama PTM perlu menjadi perhatian, agar tidak muncul klaster PTM. Saya selalu ingatkan kepada sekolah yang sudah menggelar PTM untuk memperhatikan prokes, karena jika sampai muncul klaster di sekolah, PTM akan dihentikan,” paparnya.

Baca juga   10 Kampung KB di Klaten Jadi Pioner Program 'Dashat 2021'

Sementara itu, Kepala SMPN 6 Klaten, Eguh Setyo Nugroho mengatakan pelaksanaan PTM di sekolahnya diikuti oleh 50 persen jumlah siswa. Siswa mengikuti PTM secara bergantian di hari yang berbeda serta pembelajaran berlangsung dari pukul 07.00 hingga 10.15 WIB.

“Siswa yang mengikuti PTM dijadwalkan tiga kali dalam sepekan. Harinya bergantian dan kapasitas tiap kelasnya hanya 50 persen dari total jumlah siswa di SMPN 6 Klaten,” ujarnya.

Untuk meminimalisasi mobilitas siswa, orangtua siswa diminta untuk mengantar dan menjemput siswa. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak tertular Covid-19.

“Ini merupakan salah satu langkah antisipasi, sehingga tidak ada siswa sakit yang ikut PTM,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini Giliran 14 Warga Srumbung Sembuh Covid-19
Kedatangan vaksin AstraZeneca diangkut menggunakan maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ956, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (30/9/2021) pukul 10.47 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Indonesia Terima Donasi 796.800 Vaksin AstraZeneca dari Italia
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada rapat terbatas dengan Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, Rabu (21/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Pemprov DIY Sediakan Shelter Isoter untuk OTG
Digitalisasi UMKM jadi fokus Ganjar-Yasin genjot perekonomian rakyat. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Tiga Tahun Ganjar-Yasin Mengabdi, Digitalisasi UMKM Jadi Fokus Genjot Perekonomian Rakyat
Lebih dari 1.000 orang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa setempat bersama Kodim 0705 Magelang diminati warga Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Warga Lereng Merapi Antusias Ikuti Sewu Vaksin Covid-19
Pasien Covid-19 di Kota Pekalongan terus menunjukkan penurunan. Terlihat dari sepinya pasien di UGD rumah sakit. (Foro: Diskominfo Pekalongan)

News

Ruang UGD Rumah Sakit Mulai Sepi Pasien Covid-19
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 DIY Tambah 2.282 Kasus, Sembuh 1.241 Kasus
Bupati Sri Mulyani mengatakan program Desa Tuntas Vaksinasi menjadi upaya percepatan membangun kekebalan masyarakat. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Percepat “Herd Immunity”, Klaten Luncurkan Program Desa Tuntas Vaksinasi