Home / Peristiwa

Minggu, 7 November 2021 - 11:16 WIB

Cegah Longsor, Komunitas Pecinta Lingkungan Sahabat Cakrawangsa Tanam Pohon

Sahabat Cakrawangsa, melakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong. (Foto: MC Batang, Jateng)

Sahabat Cakrawangsa, melakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong. (Foto: MC Batang, Jateng)

NYATANYA.COM, Batang – Komunitas pencinta lingkungan, Sahabat Cakrawangsa, melakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong, di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021).

“Aksi ini bukan hanya aksi reaksional pasca longsor, komunitas pencinta lingkungan ini memang punya fokus menjaga dan melestarikan alam, saya ucapkan terima kasih,” kata Pembina Komunitas Cakrawangsa, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa.

Kawasan Dukuh Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang memang rentan longsor, apalagi kondisi demografi tanah yang dinilai semakin beresiko longsor jika ditimpa hujan.

Baca juga   Obwis di Batang Mulai Pasang Aplikasi PeduliLindungi

“Alhamdulillah teman-teman kita beraksi dengan cepat dan tanggap melihat potensi hujan yang semakin intens, kita khawatir jika tidak dilakukan penanam sedini mungkin bisa terjadi lagi longsor,” katanya.

Sebelumnya, kawasan itu diakuinya diguyur hujan lebat pada Senin (1/11/2021) kemarin yang mengakibatkan longsor.

Pria yang kesehariannya bertugas sebagai Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia itu intens melakukan pembinaan terhadap anak-anak muda dilingkungannya untuk lebih peduli terhadap lingkungan alam.

Baca juga   Pemkot Yogya Gencarkan Pengawasan Protokol Kesehatan

“Kita tidak berpikir tentang hari ini, namun hari esok. Alam ini titipan yang harus dijaga untuk masa depan anak-anak cucu kita,” ungkapnya.

Kabupaten Batang memang sangat potensial untuk di eksplorasi khususnya disektor pertanian dan wisata.

“Kita ajak anak-anak muda melihat potensi ini bagaimana menjaga, melesatarikan, sekaligus mengeksplorasi potensi ekonomi untuk rakyat,” ujar dia. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Dalam bincang bisnis UKM Virtual Expo 2021, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, factory sharing adalah sebuah ruang produksi bersama bagi Usaha Kecil Menengah. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jateng Segera Miliki “Factory Sharing” Furnitur
Vaksinasi yang dilaksanakan di GOR Bumi Manunggal SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Digelar Maraton, Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah
Vaksinasi massal Covid-19 dosis 1 di kantor DPD LDII Tirtosari, Sawangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sawangan
Ketua PAC PDIP Danurejan menyerahkan bantuan 3 ribu masker. (Foto: Istimewa

Peristiwa

Ajak Warga Taati Prokes, PAC PDIP Danurejan Bagikan 3 Ribu Masker
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan bantuan kepada PKL Alun-alun Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Bagikan Bantuan Pangan untuk PKL Alun-alun
Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening dan Pemerintah Desa Kalibening lakukan gerakan penanaman pohon untuk menjaga mata air. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Lestarikan Mata Air, Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening Tanam Ratusan Bibit Pohon
Pelatihan UMKM (Batik Kayu dan Serat Alam) dalam Dekranas “Goes To Geopark” yang digelar Badan Geologi dan BPSDM Kementerian ESDM. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Dekranas “Goes To Geopark”, Siapkan UMKM Tembus Pasar Internasional
Wagub DIY sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY, KGPAA Paku Alam X tinjau pelaksanaan vaksinasi di Rest Area SPBU Ambarketawang, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak