Home / Peristiwa

Minggu, 28 Agustus 2022 - 23:44 WIB

Cek Penyaluran BLT, Bupati Harap Dapat Membantu Perekonomian Buruh Rokok

Bupati Kudus Hartopo saat mengecek penyaluran BLT tahap I dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di Brak Djarum SKT, Desa Garung Lor, Jumat (26/8/2022). Foto: MC Kab. Kudus

Bupati Kudus Hartopo saat mengecek penyaluran BLT tahap I dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di Brak Djarum SKT, Desa Garung Lor, Jumat (26/8/2022). Foto: MC Kab. Kudus

NYATANYA.COM, Kudus – Bahagia, itulah gambaran wajah para buruh rokok saat menerima bantuan langsung tunai (BLT) tahap I dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di Brak Djarum SKT, Desa Garung Lor, Kudus, Jumat (26/8/2022).

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, sebanyak 70 ribu lebih orang buruh rokok di Kudus akan mendapatkan BLT tersebut. Penyaluran BLT kali ini adalah pencairan tahap I, untuk dua bulan.

“Ini adalah tahap pertama, diberikan untuk bulan Juni – Juli, yang dirapel dan diserahkan di bulan Agustus ini,” tutur bupati saat meninjau penyaluran BLT tersebut.

Baca juga   PT BPR Syariah BDW jadi Lembaga Keuangan Penerima Wakaf Tunai

Hartopo menargetkan, penyaluran BLT untuk buruh rokok tersebut dapat rampung pada akhir 2022.

Disampaikan, dengan adanya bantuan tersebut, dirinya berharap dapat membantu meringankan kebutuhan rumah tangga buruh rokok dan keluarganya.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meng-cover atau menutup kekurangan tersebut. Gunakan dengan bijak,” imbaunya.

Tak hanya itu, lanjutnta, untuk pensiunan buruh rokok yang tidak dapat melanjutkan keikutsertaannya dalam JKN-KIS karena termasuk keluarga tidak mampu, juga akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Kudus.

Ditambahkan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran itu. Ketika ada peserta BPJS Kesehatan secara mandiri atau yang asalnya di-back up perusahaan, tapi sudah pensiun dan tidak mampu meneruskan, diminta lapor kades atau ke Dinas Sosial. Setelah berhasil terverifikasi, maka akan di cover BPJS-nya.

Baca juga   Vaksinasi Booster Dimulai, Pemkab Kudus Perluas Akses Layanan

“Untuk masyarakat, sementara ini kita sediakan Jamkesda. Bagi yang sakit dan perlu perawatan di rumah sakit tapi tidak punya BPJS, akan kita cover dengan biaya gratis,” imbuhnya.

Hartopo menjelaskan, penerima BLT dari dana cukai tersebut khusus untuk buruh rokok dan keluarganya. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215, tentang peruntukan DBHCHT.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Tim Gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) Labkesda dan Dindagkop UKM Kabupaten Blora didampingi Polres Blora melaksanakan Inspeksi Mendadak (sidak) di Pasar Tradisional Sido Makmur, Selasa (12/4/2022). Foto:MC Kab Blora

Peristiwa

Ditemukan Makanan Positif Mengandung Rodamin B di Pasar Sido Makmur Blora
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 dari Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Provinsi Terbaik Penyedia Kredit Kerakyatan, Ganjar Terima Penghargaan KUR 2021
Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama Direktur Wahid Foundation, Yenni Wahid dan Forkopimda setempat, menyaksikan Deklarasi Kelurahan Damai Tingkir Lor Kota Salatiga, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC Salatiga)

Peristiwa

Wujudkan Toleransi, Salatiga Deklarasikan Kelurahan Damai Tingkir Lor
Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Selamatan Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung. Foto: Ist

Peristiwa

1.000 Ingkung Nasi Tumpeng Warnai Selamatan Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung
Setiap anak-anak yang belajar di Kota Yogyakarta harus menguasai tembang dan tari-tarian sebagai karakter pengembangan budaya di Kota Yogyakarta. Demikian dijelaskan Heroe Poerwadi saat meresmikan Kampung Kembar yang bertajuk 'Sareng Tempung' Sinau Bareng Telung Kampung, Sabtu (12/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Resmikan Kampung Kembar, Wawali Berharap Anak-anak di Kota Yogya Kuasai Tembang dan Tarian
Api berhasil dipadamkan, dan dijumpai seluruh perangkat komputer hangus. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Laboratorium Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Dilalap Jago Merah, 30 Komputer Gosong
Masyarakat antusias mengikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ribuan Orang Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi