Home / Olga

Senin, 23 Mei 2022 - 00:06 WIB

Cetak Sejarah! Tim Basket Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2021

Menpora Zainudin Amali memberikan motivasi kepada tim basket putra Indonesia sebelum laga pamungkas lawan Filipina akhirnya membuahkan hasil. Timnas basket Indonesia mencetak sejarah dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam dengan meraih medali emas. Foto:raiky/kemenpora.go.id

Menpora Zainudin Amali memberikan motivasi kepada tim basket putra Indonesia sebelum laga pamungkas lawan Filipina akhirnya membuahkan hasil. Timnas basket Indonesia mencetak sejarah dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam dengan meraih medali emas. Foto:raiky/kemenpora.go.id

NYATANYA.COM, Vietnam – Motivasi yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali kepada tim basket putra Indonesia sebelum laga pamungkas lawan Filipina akhirnya membuahkan hasil.

Timnas basket Indonesia mencetak sejarah dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam. Untuk kali pertama, mereka meraih medali emas!

Menpora Amali sebelumnya memberikan semangat di kamar ganti tim basket putra yang akan menghadapi Filipina di laga terakhir.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik,” ujar Menpora Amali.

Baca juga   Menpora dan Kapolri Pastikan Sanksi untuk Klub Jika Suporter Langgar Prokes

Sejarah manis bola basket Indonesia di SEA Games 2021 tersebut tercipta usai skuad Merah Putih di bawah kepelatihan Mlios Pejic mengalahkan Filipina.

Indonesia menang 85-81 atas raja bola basket Asia Tenggara, Filipina. Artinya, skuad Garuda tak terkalahkan di SEA Games 2021 dalam 5 pertandingan.

Pertandingan final basket SEA Games 2021, Indonesia vs Filipina, berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022) WIB sore.

Dalam sejarah SEA Games, Indonesia sebelumnya belum pernah membawa pulang medali emas.

Baca juga   Pamit ke Ganjar, Tim Sepak Bola Putri Soina Jateng Tegetkan Juara di Thailand

Bersamaan dengan hasil final basket SEA Games 2021 tersebut, Indonesia memecahkan kutukan tak pernah bawa pulang medali emas.

Sementara Timnas basket putri Indonesia juga turut menyumbang medali SEA Games 2021. Mereka membawa pulang perak.

Pada laga terakhir, Indonesia putri menang atas Singapura dan membuat rekor menang-kalah 4-1 di klasemen grup.

Rekor tersebut sama dengan yang dimiliki oleh Filipina. Akan tetapi, Filipina unggul secara head to head atas Indonesia.

Indonesia kalah dari Filipina pada pertemuan di SEA Games 2021. Adapun satu kekalahan Filipina kalah dari Malaysia.

(Amr/N1)

Share :

Baca Juga

Menpora Zainudin Amali menyerahkan medali cabang olahraga senam artistik di Istora Papua Bangkit, Jayapura. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Minta Fasilitas Istora Papua Dimaksimalkan
Foto: Bagus/Biro Humas Kemenpora

Olga

Timnas PSAI Lolos Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022 di Turki
Menpora Amali mengaku memahami keputusan PSSI dan pelatih tim nasional Shin Tae-yong yang memutuskan untuk tidak berangkat mengikuti AFF U-23. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Minta PSSI Fokus Pemulihan Pemain Timnas Usai Batal Ikut AFF U-23

Olga

Pordasi Hub, Solusi Kejuaraan Berkuda di Tengah Pandemi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengangkat bendera, tanda dimulainya kegiatan sepeda santai menyambut Hari Air Dunia (HAD) tahun 2022, Minggu (27/3/2022). (Dok. Kementerian PUPR)

Olga

Sambut Hari Air Sedunia, Kementerian PUPR Gelar Sepeda Santai
Indonesia siap menyambut kedatangan 100 ribu penonton gelaran balap motor internasional MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2022 mendatang. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Olga

Sambut 100 Ribu Penonton MotoGP, Sirkuit Mandalika Siapkan Sistem Pengendali Banjir
Fathur berhasil menorehkan emas kedua di Ha Noi National Sports Training Center, Rabu (18/5/2022). Foto: NOC Indonesia

Olga

Penembak Indonesia Tambah Medali Emas di SEA Games 2021 Vietnam
(nyatanya.com)

Olga

Menpora Buka Kompetisi Liga 2, Laskar Samber Nyawa Menang 2-0 atas PSG Pati