Home / Militer

Senin, 5 Juli 2021 - 09:31 WIB

Ciptakan Rasa Damai dan Nyaman, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mempererat Hubungan Persaudaraan dengan Warga Binaan di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Pos Kiwirok Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang dipimpin oleh Danpos Letda Inf Adi Susanto, menunjuk Wadanpos Sertu Laharjo bersama beberapa personel Satgas bidang territorial mengunjungi salah satu desa binaannya di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya Senin, (5/7/2021).

Dansatgas menyampaikan, Selain mengamankan perbatasan negara, tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista adalah melaksanakan pembinaan teritorial terhadap warga binaan salah satunya dalam bentuk kegiatan anjangsana.

Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Hal ini merupakan salah satu cara mengajak warga setempat untuk lebih dekat dengan personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dan diharapkan melalui kedekatan ini warga dan prajurit dapat saling bekerja sama dan saling melengkapi dalam menghadapi kendala-kendala yang ada baik sekarang ataupun dikemudian hari.

Baca juga   Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Berikan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Perbatasan RI-PNG

“Dalam kegiatan anjangsana ini Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kiwirok langsung mendatangi rumah-rumah warga untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi sambil bersenda gurau, selain untuk meningkatkan rasa persaudaraan kegiatan anjangsana ini juga sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran, memberi saran masukan serta komunikasi untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi warga,” ujar Dansatgas.

Ditempat terpisah, Danpos Kiwirok Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Adi Susanto mengatakan bahwa melalui kegiatan anjangsana ini juga dimaksud untuk menciptakan rasa damai dan nyaman kepada masyarakat selain itu juga untuk meningkatkan hubungan kepercayaan yang baik antara masyarakat dengan TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kiwirok.

Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

“Kegiatan anjangsana ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, kami melakukan pendekatan secara komunikatif dan simpatik agar dapat menyentuh hati masyarakat,” ucap Adi.

Baca juga   Dansatgas Pamtas Yonmek 403/WP Laksanakan Kunker ke Jajaran Pos Satgas Pamtas Jalur Darat dan Udara di Perbatasan RI-PNG

“Dengan ngobrol santai bersama masyarakat kami banyak menerima saran dari warga dan kami juga memberikan masukan yang positif kepada warga, dengan sharing dan bertukar pikiran diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat serta masyarakat dapat berbagi informasi kepada kami untuk mencegah potensi gangguan keamanan,” imbuhnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Kampung Sopa Bapak Lukas Uabdana (56) mengucapkan terimakasih kepada personel Pos Kiwirok Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang telah banyak membantu masyarakat dan rutin berkunjung ke rumah-rumah warga di kampung Sopa sehingga masyarakat merasa senang, dekat dan merasa aman.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan secara terus-menerus sehingga dapat semakin memupuk tali persaudaraan antara masyarakat dengan bapak-bapak TNI Pos Kiwirok dan menambah hubungan yang harmonis antara kita, untuk itu saya atas nama warga kampung Sopa mengucapkan terimakasih,” ujar Lukas. (N1)

Share :

Baca Juga

Danrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto saat meninjau pembangunan relokasi Makodim 0709/Kebumen. (Foto: Dokumentasi Penrem 072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Meninjau Pembangunan Relokasi Makodim 0709/Kebumen
Prajurit Yonif 403/WP ajarkan anak perbatasan tentang komputer. (Foto : nyatanya.com/istimewa)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403 Ajarkan Pengetahuan Komputer Anak-Anak di Perbatasan
Prajurit Sagas Yon 512/QY berikan layanan kesehatan warga perbatasan. (Foto: dokumentasi Penerangan Yon 512/QY)

Militer

TNI Berikan Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasikan Prokes di Tapal Batas
Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Afirmasi Dikti se-Indonesia secara online. (Foto: Dokumentasi Pendim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Dandim Yogya Beri Pembekalan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru UNY
Personil Pos Iwur Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista gotong royong memangkas padang rumput menjadi sarana olah raga lapangan sepak bola bersama masyarakat. (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Sambut HUT RI, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bikin Lapangan Sepak Bola Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Seluruh unsur Muspika Pakualaman foto bersama usai digelar workshop. Foto: nyatanyacom/istimewa

Militer

Koramil Pakualaman Hadiri Acara Workhsop Kerukunan Beragama
Serma Mulyono. Foto:nyatanya.com/ahmad zain

Kisah Operasi

Lagi Mandi Direntet Tembakan Senjata Minimi
Prajurit Yon 403/WP sedang mencukur rambut pemuda Papua. (Foto: Penerangaan Yon 403/WP)

Militer

Satgas TNI Yonmek 403/WP Berikan Layanan Pangkas Rambut Gratis di Perbatasan RI-PNG