Home / Peristiwa

Kamis, 11 November 2021 - 00:38 WIB

CJIBF Digelar, Sehari Berhasil Gaet 26 Investor dengan Total Investasi Rp6 Triliun

Dalam acara CJIBF yang digelar secara hybrid itu, sebanyak 265 peserta ikut bergabung. Di antara para peserta, terdapat para investor besar dari 10 negara asing dan sebanyak 26 investor besar langsung tertarik investasi dengan total nilai investasi Rp6 triliun.
(Foto: Humas Jateng)

Dalam acara CJIBF yang digelar secara hybrid itu, sebanyak 265 peserta ikut bergabung. Di antara para peserta, terdapat para investor besar dari 10 negara asing dan sebanyak 26 investor besar langsung tertarik investasi dengan total nilai investasi Rp6 triliun. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Jawa Tengah menjadi salah satu daerah incaran para investor besar dunia. Buktinya, dalam sehari perhelatan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2021 yang dihelat di Hotel Tentrem Semarang, Rabu (10/11/2021), sebanyak 26 investor besar langsung tertarik investasi dengan total nilai investasi Rp6 triliun.

Dalam acara CJIBF yang digelar secara hybrid itu, sebanyak 265 peserta ikut bergabung. Di antara para peserta, terdapat para investor besar dari 10 negara asing, seperti Amerika Serikat, China, Australia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Jerman, India, dan Spanyol.

Beberapa perusahaan bahkan langsung melakukan tanda tangan kerja sama investasi pada beberapa daerah di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara itu mengatakan, tidak mudah mengundang investor di tengah kondisi pandemi saat ini. Namun, pihaknya terus berupaya agar investasi tetap bisa berjalan.

“Apalagi sekarang pandemi sudah membaik, maka kita lakukan jemput bola. CJIBF ini acara tahunan, dan karena pandemi sudah membaik maka saya minta digenjot lagi,” katanya.

Baca juga   Densus 88 Antiteror Amankan Tiga Tersangka Teroris Jamaah Islamiyah Lampung

Dan buktinya dalam sehari perhelatan, sebanyak 26 calon investor sudah menyatakan diri tertarik berinvestasi di Jawa Tengah. Mereka menyatakan tertarik karena Jawa Tengah memang memiliki potensi yang sangat besar.

“Maka kita dorong terus agar investasi bisa tumbuh, termasuk kita mendorong agar kawasan industri termasuk kawasan ekonomi khusus di Jateng bisa segera dioperasionalkan,” jelasnya.

Ganjar mengatakan, semua pihak diminta mendukung peningkatan investasi di Jawa Tengah. Semua kepala daerah harus mempermudah calon investor menanamkan modalnya di Jawa Tengah.

“Kemudahan-kemudahan itu yang mereka butuhkan, stabilitas sosial dan politik juga penting bagi mereka. Tidak boleh lagi ada yang dipersulit, ada pungli dan hal lain yang membuat calon investor kesulitan,” tegasnya.

Tak hanya itu, Ganjar berharap akan lebih banyak lagi calon investor yang masuk ke Jateng. Iya meyakini hal itu, karena potensi yang ada sangat besar.

Baca juga   Kominfo Jamin STB yang Beredar Berkualitas, Termasuk yang Diberikan untuk Warga Miskin

“(Investasi) Rp6 triliun itu hari ini saja, dan potensinya masih akan berkembang karena ini akan kita lanjutkan. Banyak insentif yang kita berikan. Selain soal pajak dari pusat, kita di sini memberikan kemudahan bisnis, kemudahan perizinan hingga penyiapan kawasan-kawasan industri khusus,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng, Ratna Kawuri mengatakan, acara CJIBF rencananya akan digelar selama dua hari hingga Kamis (11/11/2021).

Dalam acara itu, ditawarkan sejumlah potensi investasi di Jateng kepada seluruh calon investor baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Hari ini sudah ada 26 calon investor yang menyatakan komitmennya untuk investasi. Di luar itu, ada 20 calon investor lain yang juga sudah siap masuk. Kita akan genjot terus terkait investasi ini karena memang potensi di Jateng sangat besar,” ucapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, saat menjadi keynote speech dalam seminar edukasi pinjaman online legal atau ilegal dalam akun YouTube OJK, Jumat (11/2/2021). (Foto: Kanal Youtube OJK)

Peristiwa

Hingga 2021, Sudah 1.646 Situs dan Aplikasi Pinjol Ilegal Diblokir Pemerintah
Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Takut Tindak Pencurian yang Dilakukan Terbongkar, Teman Sendiri Dimutilasi
Kapolres Bantul AKBP Ihsan. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Sepanjang Januari – April 2022, Polres Bantul Tangkap 104 Pelaku Kejahatan Jalanan
Ganjar Pranowo nampak santai menikmati bekal makan siang yang sudah disiapkan istrinya dari rumah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran
Vaksinasi Merdeka Candi yang diselenggarakan Polres Boyolali di Kecamatan Nogosari. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi Moderna Sasar 2.800 Masyarakat Nogosari
Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Prasadana, S.I.K., M.H membeberkan peristiwa AWK yang merekayasa tindak pencurian dengan kekerasan. (Foto: Dok.Polres Sleman)

Peristiwa

Ngakunya Dibegal, Ternyata Cuma Bersandiwara Gegara Terlilit Utang Pinjol
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di Gereja Katolik Paroki ST Yoseph Medari. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Paroki ST Yoseph Medari Gelar Vaksinasi Massal
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan panen sayur dan peresmian Kelompok Tani (Klomtan) Ronodigdayan serta Expo P3D Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta pada Minggu (5/12/2021) di halaman SD Muhammadiyah Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kegiatan Mbagehi Ngluwihi Kampung Bausasaran Menginspirasi Wilayah Lain