Home / Gayahidup

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 10:06 WIB

‘Condrodimuko’ Chopper Electric Bike, Ini Lucky Draw Kustomfest 2022 Buatan Retro Classic Cycles

'Crondrodimuko' Chopper Electric Bike. Foto: Agoes Jumianto

'Crondrodimuko' Chopper Electric Bike. Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Perhelatan KUSTOMFEST selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya baik secara program untuk menaikan level kualitasnya.

Inovasi terus dilakukan oleh tim KUSTOMFEST dalam kaitannya dengan industri kreatif seperti halnya kustom kulture yang ditekuninya termasuk soal tradisi lucky draw untuk pengunjung.

Mengikuti trend perubahan global dalam dunia elektrifikasi tanpa meninggalkan sisi industri kreatif, KUSTOMFEST menuangkannya ke dalam unit motor lucky draw, berupa chopper electric bike.

Motor kustom elektrik ini garapan Lulut ‘LT’Wahyudi, owner sekaligus builder Retro Classic Cycles yang disiapkan untuk pengunjung KUSTOMFEST 2022 yang digelar di JEC, Sabtu dan Minggu, 1 – 2 Oktober 2022, hanya dengan membeli tiket masuk seharga Rp100.000.

“Ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat sebuah karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik sekaligus menjadi trigger buat yang lain dalam membangun motor kustom listrik. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini. Karena selama ini kita main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil dari mulai jenis V-twin, Boxer hingga mesin pesawat. Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak itu makanan kita sehari-hari di RCC untuk development. Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi-versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti,” ujar Lulut dalam jumpa pers di Pendopo Royal Ambarrukmo, Jumat (30/9/2022) sore.

Baca juga   Aquarius Akan Merasa Terisolasi, Kendalikan Emosimu

Chopper Electric Bike yang dinamai ‘Condrodimuko’ ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 Km dengan tiga mode riding.

Soal gaya chopper, Lulut menambahkan bahwa style ini menjadi representasi gaya dari kreasi Retro Classic Cycles selama 20 tahun berkarya.

Baca juga   Usung Tema Besar "Sampah", MACI Gelar Djogja Antique Day 2022

“Ini karya pertama motor kustom kita dengan penggerak listrik, kita maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC.”

Proses pengerjaan motor kustom elektrik ini memakan waktu 1,5 bulan dimulai dengan konsep hingga ujicoba beberapa part elektriknya.

Dari proses corat-coret desain pada perjalanannya banyak berubah, apalagi motor listrik kita belum pernah kerjakan sebelumnya, jadi trialnya kita kalkulasi semuanya sampai sekarang.

“Paling sulit adalah soal baterai, karena kita sudah menyiapkan tempat khusus untuk pembuatannya, tapi kita akhirnya pakai yang sudah ada mengingat waktu,” ujarnya.

Meski demikian Lulut menambahkan bahwa dia terus memikirkan dampak lain dari penggunaan motor listrik terutama dari sampah limbah baterai.

“Pengunjung yang membeli tiket KUSTOMFEST 2022 ini bisa mendapatkan kesempatan membawa pulang motor ini dan menjadi sejarah lahirnya motor chopper bertenaga listrik karya RCC,” tutup Lulut.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

Cancer, Potensimu Akan Mekar Hari Ini, Coba Ganti Citramu
Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

Gayahidup

Asupan Peningkat Imun Diburu Konsumen
Foto: Istimewa

Gayahidup

Mau Wajah Putih Bersinar Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan? Simak Artikel Ini

Gayahidup

Libra, Banyak Orang Akan Tertarik Karena Kecerdasanmu
Menhub Budi Karya Sumadi melepas sekitar 20 mobil listrik yang mengikuti kegiatan touring tersebut, Senin (7/11/2022) di Silang Monas, Jakarta. Foto: Kemenhub

Gayahidup

Dilepas Menhub dari Silang Monas, 20 Mobil Listrik Touring Jakarta – Bali
(Foto: Istimewa)

Gayahidup

Ini Daftar Daerah yang Mendapatkan Perangkat TV Digital STB Gratis untuk Warga Miskin

Gayahidup

Cancer, Usahakanlah untuk Menyelaraskan Hatimu dengan Orang Lain
Induk perusahaan Shopee, Sea Group, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Foto: Ist

Gayahidup

Shopee Dikabarkan Bakal Lakukan PHK Besar-besaran