Home / Peristiwa

Sabtu, 12 Februari 2022 - 11:31 WIB

Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diimbau Disiplin Pakai Masker dan Vaksinasi

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19 di Command Center Room, Jumat (11/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19 di Command Center Room, Jumat (11/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi mengatakan setiap hari mengalami peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 baik yang dirawat di Rumah Sakit maupun isolasi mandiri di rumah. Lonjakan tersebut terjadi secara merata hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Magelang.

Hal ini dikatakan Nanda saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19 di Command Center Room, Jumat (11/2/2022).

Menurut Nanda, sebagaimana arahan dari Presiden sebagai upaya untuk menekan kasus Covid-19 yaitu dengan mempercepat vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker.

“Kesadaran penggunaan masker sudah menurun, seperti Covid sudah berakhir,” ujarnya.

Baca juga   Uji Coba Pembagian STB Gratis Sudah ada di Lima Wilayah, Mana Aja Ya?

Menurunnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan membuat pihak OPD yang berintegrasi dengan Satpol PP, Kodim, dan Polres berusaha melakukan pengetatan protokol kesehatan khususnya pemakaian masker.

Nanda berpesan agar lonjakan kasus Covid-19 juga diikuti oleh kesiapan Rumah Sakit rujukan khusus Covid sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan kasus ke depannya.

Namun, yang diprioritaskan untuk dirawat yaitu yang memiliki gejala sedang hingga kritis. Bagi orang tanpa gejala (OTG) ataupun bergejala ringan dianjurkan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah atau ruang isoter (isolasi terpusat).

“Arahan dari (Pemerintah) pusat harus menggeser kasus Omicron ini dengan membatasi perawatan di Rumah Sakit, agar pasien dengan gejala sedang hingga kritis mendapat perawatan terbaik,” ungkap Plt Kepala Dinas Kabupaten Magelang, dr. Sunaryo.

Baca juga   Pemkot Yogya Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo

Saat ini terdapat layanan Telemedicine yang memudahkan pelayanan medis dari jarak jauh untuk memantau pasien terkonfirmasi covid-19 baik yang isoter maupun isoman melalui aplikasi PeduliLindungi.

Aziz Amin Mujahidin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang mengimbau pada sekolah bagi yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) tetap melihat situasi dan kondisi yang dinamis.

“Jika ditemukan kasus Covid-19 di sekolah, PTM agar dihentikan, dilakukan disinfeksi dan tracing kontak erat,” pungkasnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

nyatanya.com

Peristiwa

Ajakan Berhubungan Intim Ditolak, Seorang Ayah di Mappi Bunuh Anak Angkat
TNI AL masih terus berupaya melakukan pencarian (SAR) terhadap 22 korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Selat Makassar. Foto: Dispenal

Peristiwa

21 Korban Tenggelamnya Kapal Ladang Pertiwi 02 Ditemukan, Begini Kondisinya
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungi Bazar Produk Pertanian Tarubudaya. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Kunjungi Bazar Pangan Tarubudaya, Ganjar: Alternatif Masyarakat Beli Sembako
Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menandatangani prasasti peresmian tiga TK Negeri secara virtual dari Balaikota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wawali Heroe Poerwadi Resmikan TK Negeri 7, 8 dan 9 Kota Yogya
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

12 Anak Penganiaya Santri Hingga Tewas di Tangerang Diamankan Polisi
Petugas kesehatan Puskesmas Dharmarini Temanggung saat melayani vaksinasi guru dan karyawan sekolah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Guru di Temanggung Selesaikan Vaksinasi Tahap Kedua
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat mengunjungi salah satu rumah produksi kopi di Desa Tempur, Jumat (19/11/2021). (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Kopi Tempur, Jadi Komoditas Unggulan Kabupaten Jepara