Home / News

Jumat, 14 Januari 2022 - 21:06 WIB

Covid-19 Omicron di Indonesia Menjadi 572 Kasus, Hampir Setengahnya Selesai Isolasi

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pada Rabu, 12 Januari 2022 angka Covid-19 varian Omicron di Indonesia kembali bertambah 66 kasus, tercatat totalnya menjadi 572 kasus. Terdiri dari 33 kasus dari perjalanan internasional dan 33 orang transmisi lokal.

Seluruh pasien wajib menjalankan karantina kesehatan dan mayoritas menjalani karantina Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran jumlahnya sekitar 339 orang. Sisanya menjalani karantina di RS yang telah ditunjuk oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menyebutkan tidak ada perbedaan karakteristik gejala antara pasien perjalanan luar negeri dan pasien transmisi lokal.

Baca juga   Sudah Makan Korban, Indonesia Posisi Teratas Kasus Omicron di Asia Tenggara

Nadia pada Jumat (14/1/2022) mengatakan sebagian besar pasien memiliki gejala ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak yang dialami pasien adalah batuk, pilek dan demam.

“Hampir setengahnya atau sekitar 276 orang telah selesai menjalani isolasi, sedangkan sisanya 296 orang masih isolasi. Hasil pemantauan di lapangan, mayoritas gejalanya ringan dan tanpa gejala. Jadi belum butuh perawatan yang serius,” kata Nadia.

Baca juga   Kerap Dapat Ancaman dan Intimidasi, Warga Wadas Datangi LBH Minta Pendampingan Hukum

Ia melanjutkan, bahwa penambahan kasus Omicron dalam beberapa waktu terakhir telah berimplikasi pada lonjakan kasus harian nasional. Bahkan proporsi varian Omicron jauh lebih banyak dibandingkan varian delta.

“Dari hasil monitoring yang dilakukan Kemenkes, kasus probable Omicron mulai naik sejak awal tahun 2022. Sebagian besar dari pelaku perjalanan luar negeri, hal ini turut berdampak pada kenaikan kasus harian Covid-19 di Indonesia,” jelas Nadia.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pengetatan 3T diperlukan seiring adanya pelonggaran karena perubahan level daerah. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PPKM Diperpanjang, 3T Perlu Terus Diterapkan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Sekolah Gelar PTM 100 Persen, Ganjar : Pastikan Prokes Berjalan dan Kontrol Tiap Hari
Untuk tahap awal KA Bandara siap melayani 26 perjalanan setiap hari, dan gratis bagi pemegang tiket pesawat. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Gratis Bagi Pemegang Tiket Pesawat, KA Bandara YIA Beroperasi 26 Kali per Hari
Revitalisasi Pasar Gede Klaten akan kembali dimulai November 2021 mendatang dan ditargetkan rampung akhir 2022. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Telan Anggaran Rp102 miliar, Revitalisasi Pasar Gede Klaten Rampung Akhir 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers terkait tata kelola pinjaman online. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Menkominfo: Pemerintah akan Lakukan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya penghentian sementara PTM, terkait temuan kasus Covid-19 di sekolah. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Temukan Kasus Covid-19 di Sekolah, PTM di Semarang Dihentikan
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kemenkes: Kasus Covid-19 Varian Omicron Jadi 748, Transmisi Lokal 155 Kasus
PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PMI Bantah Beri Vaksin ke Pejabat Pemkab Klaten