Home / Plus

Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:51 WIB

Creative Hub UPT Logam Kota Yogya, Siap Jadi Sentra Terpadu Pengembangan IKM

UPT Logam di bawah Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta, melakukan revitalisasi Sarana Terpadu Sentra IKM dan Gedung untuk meningkatkan layanannya. Foto: Humas Pemkot Yogya

UPT Logam di bawah Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta, melakukan revitalisasi Sarana Terpadu Sentra IKM dan Gedung untuk meningkatkan layanannya. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Logam di bawah Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta, melakukan revitalisasi Sarana Terpadu Sentra IKM dan Gedung untuk meningkatkan layanan.

Program revitalisasi tersebut, dijelaskan Kepala UPT Logam Kota Yogyakarta Nafiul Minan, mendapatkan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp11,9 Miliar.

“Ini baru kali pertama mendapat DAK dari pemerintah pusat, sebanyak kurang lebih Rp5 Miliar digunakan untuk renovasi gedung. Sementara Rp6,1 Miliar sisanya untuk pengadaan mesin dan peralatan,” jelasnya, Selasa (18/10/2022) seperti dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Pada tahun 2022 UPT Logam Kota Yogyakarta menargetkan memperkaya fungsi pelayanan. Tidak hanya melayani permesinan saja, tapi UPT Logam Kota Yogyakarta juga akan menjadi creative hub atau pusat kreatif.

Baca juga   Transformasi Prangko Digital dan Prangko Crypto

“Target revitalisasi Sarana Terpadu Sentra IKM ini rampung di akhir November 2022. Kami ingin memperkaya fungsi dan layanan UPT Logam, bukan sekadar melayani permesinan, kami juga akan menjadi creative hub, learning hub, manufacturing hub dan productive hub,” paparnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Nafiul Minan, UPT Logam Kota Yogyakarta akan melengkapi diri dengan berbagai fasilitas dan mengadakan berbagai kegiatan serta program.

Hal tersebut untuk mendukung UPT Logam Kota Yogyakarta dalam memperkaya fungsinya sebagai creative hub, learning hub, manufacturing hub dan productive hub.

“Kami akan melengkapi diri dengan berbagai kegiatan dan program supaya konsep UPT Logam memperkaya fungsi dengan berbagai hub bisa tersampaikan. Ujungnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Terutama kemajuan IKM di Yogyakarta dan sekitarnya untuk bisa merambah ke artisan, bukan hanya maker saja,” tambahnya.

Baca juga   Kue Apem Yaa Qowiyyu dan Tradisi Yaa Qowiyyu Kini Miliki HAKI

Sejalan dengan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, dalam arahannya mengatakan, ke depan UPT Logam akan menyediakan layanan yang lebih lengkap supaya masyarakat terutama sentra IKM di sekitar bisa semakin berkembang.

“Harapannya UPT Logam terus bisa mengembangkan layanan sesuai kebutuhan zaman, dengan adanya penambahan fasilitas dan program nanti UPT Logam juga akan menjadi sentra riset dan pengembangan inovasi, supaya mampu mengembangkan efisiensi produksi dan perluasan pasar,” ujarnya.

(Jul/N1)

Share :

Baca Juga

Motif batik yang biasa digunakan oleh Olivia dalam pembuatan kue adalah motif batik Kawung dan Parang. (Foto: MC Kab Sleman)

Plus

Brownies Bermotif Batik Bikinan OliviaRu Tak Cuma Unik, Tapi Juga Laris Manis
PT BRI Asuransi Indonesia berhasil meraih penghargaan Best Insurance 2022 dalam Insurance Award 2022. Foto: Istimewa

Plus

BRI Asuransi Indonesia Raih Penghargaan Best General Insurance 2022
Tak hanya melayani permesinan, UPT Logam Kota Yogyakarta akan menjadi creative hub atau pusat kreatif. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

UPT Logam Yogya Disiapkan Jadi Pusat Kreatif Industri Logam
Kinerja positif PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berlanjut pada kuartal III/2022. Hal ini tercermin dari laba bersih yang meningkat 42 persen secara year on year (YoY) mencapai Rp3,21 triliun. Foto: BSI

Plus

Kinerja Makin Solid, Laba BSI di Kuartal III Tumbuh 42 Persen
Kelompok ikan Mino Mulyo, yang barada di Plumbon Kidul, Mororejo, Kapanewon Tempel, Sleman membudidayakan ikan lele mutiara. (Foto: MC Kab Sleman/Arief Hartanto)

Plus

Budidaya Lele Mutiara Miliki Prospek Bisnis yang Menjanjikan
Muhammad Syahnabil Hammam Sungkar dan Zhafran Hilmi Wijaya. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Plus

Tim RoboRush Unair Raih Penghargaan Internasional
Kolonel Inf Andi Kahar. (Foto: istimewa)

Plus

Kolonel Andi Kahar: Terapis Buta Warna Mantan Tentara, Sudah Terbukti  Lebih Amanah
(Ilustrasi: agoes jumianto)

Plus

Pantau Pasien Isoman, Muhammad Alive Ciptakan Gelang ‘Laron’