Home / Peristiwa

Senin, 25 Juli 2022 - 16:02 WIB

Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Bogor Dilanda Bencana Hidrometeorologi Basah

Hujan dengan intensitas tinggi serta aliran drainase yang tidak mampu menampung debit air menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor dan merusak tiga unit rumah. Foto: BPBD Kabupaten Bogor

Hujan dengan intensitas tinggi serta aliran drainase yang tidak mampu menampung debit air menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor dan merusak tiga unit rumah. Foto: BPBD Kabupaten Bogor

NYATANYA.COM, Bogor – Hujan dengan intensitas tinggi serta aliran drainase yang tidak mampu menampung debit air menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor dan merusak tiga unit rumah.

Peristiwa yang terjadi di Desa Sukadamai dan Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Minggu (24/7/2022) pada pukul 04.00 WIB itu berdampak pada 5 KK/16 jiwa.

Selain tiga rumah, longsoran tersebut juga mengancam satu rumah yang lain. Guna menghindari peristiwa longsor susulan, sebanyak 4 KK/10 jiwa memilih mengungsi ke musala Al-Ikhlas.

Peristiwa tanah longsor dan banjir yang lainnya terjadi di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa barat.

Sebanyak 29 unit rumah terdampak dan 1 unit rumah rusak ringan setelah terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 1,5 meter.

Baca juga   Gempa Bumi M 5,8 di Mamuju Tak Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Tidak Panik

Banjir itu terjadi akibat luapan anak sungai Ciapus saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut pada pukul 15.00 WIB.

“Tidak ada laporan mengenai korban jiwa, namun sebanyak 31 KK/109 jiwa terdampak dan 2 KK/6 jiwa terancam,” Abdul Muhari, Ph.D., Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalamketerangan resminya, Senin (25/7/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah mengambil tindakan cepat untuk melakukan penanganan bencana yang termasuk dalam hidrometeorologi basat tersebut.

BPBD Kabupaten Bogor terus berkoordinasi dengan aparatur setempat untuk kaji cepat, analisa dan memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat.

“Banjir memang telah surut, namun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Selasa (26/7/2022) besok,” imbuh Muhari.

Baca juga   Klomtan Loh Jinawi Sisihkan Hasil Panen untuk Bantu Warga Isoman

Hal itu sebagaimana menurut prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin (25/7/2022).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Mitra Diskominfo Kalteng/Sw/toeb

Peristiwa

Belasan Rumah di Desa Pulau Mambulau Terbakar, 58 Jiwa Terdampak
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas Tagana dan TKSK yang bertugas membagikan souvenir kemerdekaan kepada para Perintis Kemerdekaan dan Janda Perintis Kemerdekaan, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (13/8/2022). Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Peristiwa

Pemprov Jatim Bagikan Souvenir Kemerdekaan kepada Ratusan Perintis dan Janda Kemerdekaan
Camat Muntilan Amin Sudradjat bersama Anggota Joxzin Lawas Indonesia membagikan ratusan santunan untuk anak yatim piatu. (Foto:humas/beritamagelang.id)

Peristiwa

Mantap! Silaturahmi Alumni Joxzin Magelang Santuni Ratusan Anak Yatim
Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19
Pembekalan test seleksi Kampus Mengajar 2022. Foto: Ist

Peristiwa

10 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Pembekalan Test Seleksi Kampus Mengajar 2022
Antusiasme warga Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, begitu besar ikut vaksinasi Covid-19 door to door yang digelar tenaga kesehatan dari Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jateng. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Door to Door
Bupati Gunungkidul memanen tembakau di Purwosari. (Foto:Istimewa)

Peristiwa

Bupati Gunungkidul Panen Tembakau  68,5 Hektare
Pelaku pembacokan di Siyono Wetan, Logandeng, Kapanewon Playen, Gunungkidul pada Senin (5/9/2022) diamankan petugas. Foto: @polresgunungkidul

Peristiwa

Pelaku Pembacokan yang Gegerkan Warga Siyono Gunungkidul Diamankan Polisi