Home / News

Sabtu, 11 Mei 2024 - 23:48 WIB

Daftar ke PKB Sleman, Harda Kiswaya dan Sukamto Pilih Cabup, Saparjo Cawabup

Harda Kiswaya (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup Sleman kepada Ketua DPC PKB Sleman R Agus Choliq. (Foto: Ning Sih)

Harda Kiswaya (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup Sleman kepada Ketua DPC PKB Sleman R Agus Choliq. (Foto: Ning Sih)

NYATANYA.COM, Sleman – Hari pertama dibukanya pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sleman, sudah ada tiga nama yang mengembalikan berkas formulir.

Tiga tokoh tersebut yaitu mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman Harda Kiswaya, anggota DPR RI dapil DIY dari PKB H Sukamto dan Lurah Banyurejo Saparjo.

H Sukamto mengembalikan formulir sebagai bacabup diwakili tim pemenangan. Sedangkan Saparjo mengembalikan formulir sebagai bacawabup melalui perwakilan tim pemenangan, sedangkan Harda Kiswaya mengembalikan langsung sebagai cabup ke DPC PKB Sleman, Sabtu (11/5/2024).

Ketua DPC PKB Sleman, R Agus Choliq menyampaikan, PKB Sleman membuka pendaftaran bacabup dan bacawabup mulai 11 Mei hingga 8 Juni 2024. Pendaftaran dibuka secara online dan offline.

Menurutnya, meskipun dibuka secara online, tetapi untuk pengembalian berkas formulir pendaftaran harus diserahkan langsung ke DPC PKB Sleman. Pasalnya, bakal calon atau yang mewakili harus menandatangani berita acara serah terima formulir.

Baca juga   Peringati HUT ke-40, Bank Sleman Gelar Gowes Guyub Sehat

“Bakal calon dapat datang sendiri atau diwakilkan tim pemenangan,” kata Agus Choliq, usai menerima berkas pendaftaran dari Harda Kiswaya.

Dijelaskan, selain ketiga nama tersebut, sudah ada beberapa nama yang mengambil formulir pendaftaran tetapi belum mengembalikan. Yaitu Kustini Sri Purnomo untuk bacabup, Syukron Arif Muttaqin (bacawabup), Muhammad Oky Fauzi (bacawabup) dan Reno Chandra Sangaji (bacawabup).

“Ada tujuh orang yang mengambil formulir. Tetapi pada hari pertama ini sudah ada tiga yang telah mengembalikan,” terangnya.

Proses pendaftaran, terbuka untuk kader maupun masyarakat umum dan tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan untuk kader PKB sendiri tidak diistimewakan dan tetap harus melalui mekanisme proses pendaftaran.

Setelah pendaftaran ditutup, lanjutnya, para kandidat akan menempuh tahapan fit dan proper test dari DPC PKB Sleman. Nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi akan diajukan partai ke DPP PKB.

Baca juga   Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19

“Ada fit dan proper di DPC PKB Sleman, yang kami anggap layak kami ajukan ke DPP disertai beberapa rekomendasi,” ucap dia.

Ditegaskan, sebagai partai pemenang kedua dengan tujuh kursi di DPRD Sleman, PKB Sleman juga membuka pintu koalisi. DPC PKB terbuka untuk menjaring koalisi dengan partai manapun.

“Saat ini kami paling intens dengan teman-teman di PKS. Partai lain juga mulai membuka peluang-peluang untuk komunikasi,” pungkasnya.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, Harda Kiswaya menegaskan bahwa dirinya mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Sleman ke DPC PKB Sleman pada helatan Pilkada serentak 2024.

Saat ini, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman ini telah mendaftar sebagai Bacabup Sleman di enam partai, yaitu Golkar, PDI Perjuangan, NasDem, Gerindra, PPP dan PKB.

“Jika mendapat amanah dari partai koalisi, maka saya akan bersama-sama, saling kompak untuk melaksanakan amanah rakyat,” pungkasnya. (N3)

Share :

Baca Juga

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Twitter @erickthohir)

News

Kementerian dan Ekosistem BUMN Siap Dukung Agenda Presidensi G20 Indonesia
Rapat Gerak Stunting Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Patra Convention Hotel, Rabu (18/5/2022). (Foto: Humas Jateng)

News

Tekan Kasus Stunting, Pemprov Jateng Bentuk TPPS hingga Tingkat Desa
Konsultasi Publik Proyek jalan tol Yogyakarta - Bawen di Desa Tampir Kulon, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Selasa (18/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ganti Rugi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, Ini Komponen dan Tahap-tahapnya
Foto Ilustrasi: realisasi anggaran kesehatan hingga akhir November 2020 sebesar Rp220 trilyun. (Dok. Antara)

News

Zona Hijau Utang RI Aman Terkendali, Begini Penjelasannya
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Per Jumat 11 Februari 2022, Kasus Sembuh Covid-19 Tambah 15.767 Orang, Meninggal 100 Orang
Foto: Istimewa

News

Soal Saus Sambal Ayam Goreng dan Kecap Manis ABC yang Ditarik Edar di Singapura, Ini Kata BPOM
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Kasus Baru Tambah 398, Sembuh 737, Meninggal 22 Orang
Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang memproduksi vaksin dengan dengan platform messenger RNA (mRNA) pertama di Asia Tenggara. Foto: BPMI SETPRES

News

Indonesia Miliki Pabrik Vaksin mRNA Pertama di Asia Tenggara