Home / Panggung

Jumat, 16 Desember 2022 - 19:38 WIB

Dalang Perempuan Hebohkan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk di Suryodiningratan

Foto: Humas Pemkot Yogya

Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Tak seperti biasanya gelaran wayang kulit yang selalu didominasi dalang laki-laki. Namun tidak seperti pagelaran wayang kulit di event Gelar Seni Budaya Suryodiningratan, Kamis (15/12/2022) yang menghadirkan dalang perempuan, Elisha Orcarus Allasso.

Pagelaran seni sebagai upaya melestarikan kebudayaan Jawa di Kelurahan Suryodiningratan, Kemantren Mantrijeron, Kota Yogyakarta ini mengusung lakon “Partakrama”.

Lurah Kelurahan Suryodiningratan Riyan Wulandari mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan potensi kesenian budaya Jawa di lingkungan Kelurahan Suryodiningratan masih banyak ditemui dengan kearifan lokalnya.

Foto: Humas Pemkot Yogya

Sehingga semua yang mengisi acara pun dari warga Suryodiningratan.

“Ini merupakan bentuk syukur kami, bahwa pandemi sudah berangsur menurun. Selain memperlihatkan seni budaya dengan kearifan lokal yang ada, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat dan meningkatkan solidaritas warganya agar semakin tinggi,” jelas Wulandari sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya, Jumat (16/12/2022).

Baca juga   Baznas Kota Yogya Beri Santunan Kepada Korban Klithih

Selain memberikan gelaran budaya, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu UMKM di wilayah Suryodiningratan untuk bangkit.

“Semoga UMKM di Kelurahan Suryodiningratan bangkit dan memotivasi mereka agar semangat dalam meningkatkan penjualan mereka,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi.

Sumadi mengatakan, kegiatan ini perlu di contoh oleh kelurahan lain di Kota Yogyakarta sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya Jawa. Terutama dalam menemukan potensi-potensi yang ada di wilayahnya. 

“Gelaran wayang ini sangat luar biasa. Terutama ada sinden yang juga bisa dalang wayang. Semoga Kelurahan Suryodiningratan menjadi mandiri budaya” ujar Sumadi.

Perlu diketahui pada 7 November 2003 lalu, Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai identitas budaya dan menjadi ikon budaya bangsa Indonesia. 

Oleh karenanya, di tengah arus modernisasi Kota Yogyakarta masih melestarikan keberagaman budaya nusantara salah satunya adalah pertunjukan Wayang Kulit.

Baca juga   Kundha Kabudayan Sleman Gelar Penganugerahan Kebudayaan 2022, Ini Kategorinya

Adanya pertunjukan wayang selalu membawa nilai-nilai filosofis, religius, dan pesan moral. Sehingga wayang hingga saat ini masih dipertahankan dan menjadi ikon budaya nusantara. 

“Saya berharap melalui pagelaran wayang kulit pada malam hari ini, kita dapat memetik nilai-nilai positif dari lakon ‘Partakrama”. Selain itu, bersama-sama untuk ikut melestarikan budaya. Tidak hanya wayang, pelestarian budaya melalui tari, musik, dan seni juga bisa dilakukan,” ujarnya.

Sumadi juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi semangat motivasi bagi dunia seni pada umumnya dan kalangan seniman khususnya pedalangan, untuk terus berkarya dan mengembangkan seni pedalangan.

“Mari ikut nguri-uri budaya Jawa. Semoga ke depannya budaya Jawa terus dilestarikan terutama kepada anak cucu kita,” pungkas SUmadi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Will Smith dan Jada Pinkett. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Panggung

Buntut Aksi Menampar Chris Rock di Ajang Oscar 2022, Will Smith Mundur dari Komite Academy Award
Foto bersama usai pemberian sertifikat kepada 8 kelompok seniman karena telah berhasil mewujudkan patung JSSP 4. Sertifikat juga diberikan kepada 8 Lurah Desa Budaya sebagai simbolis penyerahan karya patung tetenger JSSP 4 dari panitia kepada Desa Budaya. (Foto: Dok.JSSP4)

Panggung

JSSP 4, Sukses Hadirkan Patung sebagai Penanda Wilayah
Fia, Haizofers yang mengagumi kemampuan akting Haizof. Foto: Ist

Panggung

Haizofers Punya Alasan Kagumi Haizof, Salah Satunya karena Memiliki Hal Ini
Justin Bieber. (Foto: Ist)

Panggung

Justin Bieber Dicekal dari Daftar Pembeli Mobil Ferrari, Ada Apa Ya?
Festival Sastra 2022 digelar 6 – 13 November di beberapa titik lokasi di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Panggung

Festival Sastra 2022, Memulihkan Kembali Semangat Kreatif Sastrawan Kota Yogya
Menurut Kasi Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, pencabutan laporan dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora harus melewati proses. Foto: Ist

Panggung

Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Rizky Billar Pulang Malam Ini dan Dikenakan Wajib Lapor
Kolaborasi fotografi, performer dan cahaya hasilkan pertunjukkan yang memukau. Foto: Dok.Erwin Octavianto

Panggung

Performing Art Berbasis Fotografi Silam Selam Sulam, Melihat Keindahan dari Sudut Berbeda
Karya Micomic yang akan dipamerkan dalam No Boundaries. Foto: Ist

Panggung

D’Art Management Terabas Batas Lewat Pameran Bertajuk “No Boundaries”