Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 20:52 WIB

Damkar Magelang Semprot Abu Vulkanik Merapi di Pos Babadan

Personil gabungan bersihkan abu vulkanik Merapi di Pos Pengamatan Babadan Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Personil gabungan bersihkan abu vulkanik Merapi di Pos Pengamatan Babadan Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang menerjunkan personil untuk membersihkan endapan abu vulkanik di Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Sabtu (21/8/2021).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho, mengatakan penyemprotan ini menerjunkan puluhan personil lengkap beserta peralatan Damkar.

“Satu tanki suplay, dan satu mobil hilux membawa tampungan air dan sprayer. Personil dari Damkar 10 orang. Total personil sekitar 20 orang,” kata Didik.

Dijelaskan didik, 2 unit mobil Damkar tersebut guna menyemprot dan membersihkan abu vulkanik yang ada di sekitar Pos Babadan. Proses penyemprotan itu dilakukan secara bertahap dari halaman depan hingga area depan pos Babadan.

Baca juga   Dinas Pariwisata Gelar Simulasi One Day Tour Magelang

Hal itu untuk mengantisipasi dampak kesehatan dari abu vulkanik Gunung Merapi. Selain itu untuk memperlancar aktivitas petugas dalam mengamati Gunung Merapi.

Sementara itu salah satu anggota Damkar Kabupaten Magelang Kiswoto mengatakan pembersihan saat ini fokus di PGA Babadan yang memang terdampak abu vulkanik relatif tebal.

Pembersihan abu vulknik di Pos Pengamatan yang berada di radius 4,5 km dari punck Merapi ini juga melibatkan sejumlah unsur.

“Pembersihan abu vulkanik dengan pnyemprotan ini melibatkan personil dari Damkar, BBPD Kabupaten Magelang dan TNI, Polsek Dukun dan relawan,” ujar Kiswoto di lokasi.

Baca juga   BPBD Magelang Siagakan SDM dan Infrastruktur Jalur Evakuasi Merapi

Hujan abu vulkanik ini merupakan dampak luncuran awan panas Merapi sejauh 3,5 km pada Minggu (15/8/2021) malam. Dalam kejadian itu, BPBD Kabupaten Magelang mencatat selain menyelimuti Pos pengamatan Babadan, abu vulkanik juga menerpa sekitar 26 Desa di 8 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Sebagai upaya antisipasi dampak erupsi Gunung Merapi di masa pandemi Covid-19 masyarakat diimbau agar tidak keluar rumah saat hujan abu vulkanik terjadi. Jika harus melakukan aktivitas keluar rumah, maka dianjurkan untuk memakai masker. (*)

Share :

Baca Juga

Konsultasi Publik Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, di Kantor Kecamatan Bawen, Rabu (2/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dilintasi Tol Yogya, Camat Bawen Harap Pembebasan Lahan Tak Timbulkan Masalah
Rapat internal Prodi DKV ISI Surakarta untuk menyempurnakan CPL dan RPS. Foto: Ist

Peristiwa

Sempurnakan CPL dan RPS, Prodi DKV ISI Surakarta Adakan Rapat Internal Lengkapi Kurikulum
Sepanjang libur lebaran, layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang menerima hampir 300 panggilan kegawatdaruratan. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Libur Lebaran, Call Center 112 Banyak Terima Laporan Kemacetan dan Kecelakaan
Liang lahat untuk memakamkan satu keluarga yang meninggal akibat kecelakaan bus di Tol Sumo. (Foto: Ist)

Peristiwa

Satu Keluarga Korban Kecelakaan Tol Sumo Dimakamkan dalam Satu Liang Lahat
Penandatanganan deklarasi bersama pelaksanaan PPKM Darurat di Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Tak Ada Toleransi, Pelanggar PPKM Darurat Bakal Ditindak Tegas
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara simbolis menyalurkan bantuan beras warga terdampak luapan Rawa Pening. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Ribuan Warga Terdampak Luapan Rawa Pening Terima Bantuan Beras
Acara penandatanganan MoU produksi film animasi 2D 'Kunci Galaksi' antara SMK Bhumi Phala Parakan, Kabupaten Temanggung dengan Serawak TV Malaysia, di SMK Bhumi Phala Parakan, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Produksi Film Animasi ‘Kunci Galaksi’, SMK Bhumi Phala Parakan Teken MoU dengan Serawak TV Malaysia