Home / Peristiwa

Minggu, 11 Juli 2021 - 04:34 WIB

Dana Desa Habis, 106 Warga Banyubiru Isoman

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banyubiru yang isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banyubiru yang isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengimbau para perangkat Desa Banyubiru untuk tetap semangat menangani kasus Covid-19. Sebab, penanganan pandemi memerlukan kerja sama dan gotong royong semua pihak termasuk pemerintah desa.

“Saya paham para perangkat desa dan relawan sudah capai menangani Covid-19. Tapi kita harus semangat membantu orang lain yang sedang sakit,” tegas bupati, saat menyalurkan bantuan paket sembako kepada 51 kepala keluarga (KK) warga Desa Banyubiru yang menjalani isolasi mandiri di desa setempat, Jumat (9/7/2021).

Bantuan sembako yang diberikan merupakan bentuk dukungan kepada pemdes, dalam membantu memenuhi kebutuhan harian para pasien positif Covid-19 di wilayahnya.

Terkait rencana Pemdes Banyubiru membeli oksigen berikut tabung dan peralatan lainnya dengan Dana Desa, bupati memperbolehkan. Namun pembelian harus dilakukan secara nyata, dan dilengkapi bukti-bukti pembelian yang sah.

Baca juga   Banyak Pelanggaran PPKM Darurat, Pemkab Klaten Gencar Operasi Yustisi

Pada kesempatan itu, Ngesti juga mengingatkan para perangkat desa agar terus menyosialisasikan protokol kesehatan kepada warga. Menurutnya, hal itu penting untuk menekan laju penambahan kasus positif Covid-19 baru.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang M Gunadi menjelaskan, Pemkab Semarang menyediakan dana cadangan bantuan sembako sebesar Rp1,5 miliar. Dana itu rencananya untuk pengadaan 5.000 paket sembako bagi warga yang menjalani isolasi mandiri, maupun yang ditangani desa.

“Bilamana alokasi dana desa untuk bantuan sembako habis, dana itu bisa dimanfaatkan,” ujar Gunadi.

Baca juga   Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Rest Area Jadi Pasar Rakyat Ramadan

Sampai awal semester II 2021, lanjutnya, sudah disalurkan 250 paket bantuan di beberapa desa. Paket bantuan berisi 10 kilogram beras, minyak goreng, gula, dan makanan cepat saji.

Kades Banyubiru Sri Anggoro Siswaji menjelaskan, ada 106 orang warga yang menjalani isolasi mandiri. Mereka dirawat di dua rumah singgah yang dikelola pemdes, maupun di rumah masing-masing.

“Dana desa untuk bantuan sembako sudah habis. Bantuan kali ini merupakan pengajuan dari pemdes ke Pemkab Semarang,” terangnya.

Disampaikan, dari sembilan dusun, hanya Dusun Dangkel yang tidak memiliki kasus Covid-19. Hal itu karena wilayahnya cukup terisolasi. Sedangkan klaster penularan sebagian besar dari pekerja pabrik, yang menulari anggota keluarganya. (*)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan kerjasama Dekranasda Jateng dengan Bank Jateng yang mendukung pengadaan ruang pamer tersendiri di Yogyakarta Internasional Airport. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Angkat Produk UKM Kriya, Dekranasda Jateng Buka Ruang Pamer di YIA
Foto: Humas Sleman

Peristiwa

77 Anak di Sleman Ikuti Khitanan Massal HUT ke-77 Republik Indonesia
Imam Subarno menyampaikan tausyiah. (Foto: Dok.PWI DIY)

Peristiwa

Buka Bersama PWI DIY, Ramadan Momentum Peningkatan Kinerja Wartawan
Dalam rangka membantu pencegahan merebaknya virus Covid-19, ACE Hardware melalui Iris Ohyama dan Kawan Lama Foundation memberikan donasi berupa masker sebanyak 10.080 buah kepada Pemerintah Kota Yogyakarta. Penyerahan bantuan masker tersebut langsung diterima oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di ruang kerja, Senin (10/1/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

ACE Hardware Serahkan Bantuan 10.080 Masker kepada Pemkot Yogya
Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Desa Tasikrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (6/2/2022) malam. (Foto: BPBD Kabupaten Pemalang)

Peristiwa

319 Rumah Terdampak Banjir di Pemalang, Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak

Peristiwa

Lagi, Naik Motor Sambil Main HP, Warga Ngemplak Sleman Meninggal Dunia Tertabrak Truk
Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Port Moresby Ullif Taftazani, Kamis (1/9/2022) bertemu dengan para nelayan asal Merauke, Papua, di Pelabuhan Port Moresby, setelah ditangkap di perairan PNG oleh tentara PNG (PNGDF). ANTARA/HO/Dok KBRI di Port Moresby

Peristiwa

13 Nelayan Ditangkap Tentara PNG, KBRI Port Meresby Beri Bantuan
Gubernur Jawa Tengah saat menjadi pembicara pada acara “Ngobrol Penak Sareng Mas Ganjar" dalam rangka memperingati Hari Ibu, di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Kamis (16/12/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Cegah Kekerasan Seksual, Ganjar Minta Kumpulkan Semua Guru Kalau Perlu Pasang CCTV