Home / Militer

Jumat, 7 Januari 2022 - 12:37 WIB

Dandim 0706 Temanggung Semangati Siswa SD Jalani Vaksinasi Covid-19

Dandim 0706 Temanggung, Letkol CZi Kurniawan Hartanto memberi semangat dan motivasi pada siswa SD Santa Maria Temanggung dalam mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (6/1/2022). (Foto: MC.TMG)

Dandim 0706 Temanggung, Letkol CZi Kurniawan Hartanto memberi semangat dan motivasi pada siswa SD Santa Maria Temanggung dalam mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (6/1/2022). (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0706 Temanggung, Letkol CZi Kurniawan Hartanto memberi semangat dan motivasi pada siswa SD Santa Maria Temanggung dalam mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (6/1/2022).

Orang pertama di Kodim 0706 Temanggung tersebut datang ke komplek perguruan Santa Maria di Jalan Temanggung – Parakan yang tengah menggelar vaksinasi untuk siswa usia 6 – 11 tahun. Ia diterima Kepala Sekolah SD Santa Maria Anastasia Susana Wati.

Usai periksa suhu tubuh dan cuci tangan, Dandim menghampiri siswa yang sedang menjalani skrining. Skrining meliputi dokumen yang membuktikan telah berusia di atas 6 tahun, kesediaan orang tua bahwa anaknya diperbolehkan divaksinasi, serta kesehatan.

Di ruangan tersebut, tim vaksinasi dari Kodim 0706 Temanggung memeriksa satu persatu siswa dan mendaftarkannya ke sistem yang telah disediakan. Cermat, ramah tamah dan penuh senyum prajurit TNI tersebut melayani anak-anak peserta vaksinasi itu.

Canda, tawa, gurauan dan cerita-cerita keperkasaan dilontarkan para prajurit TNI dibantu para guru dan pembimbing sekolah tersebut untuk menghilangkan rasa ketakutan dan cemas dari anak untuk divaksinasi.

Tempat untuk vaksinasi sendiri terpisah, yakni berada di ruang sebelah, agar mereka yang antre tidak melihat saat temannya mendapat suntikan.

Baca juga   Kodim 0729/Bantul Salurkan Bantuan Tunai PKL Warung dan Nelayan, Segini Jumlahnya

Saling canda pun terjadi di antara siswa untuk mengusir rasa takut. Mereka riang gembira dan bahkan tidak jarang ada yang tidak sabar untuk menunggu segera mendapatkan vaksin Covid-19.

“Gimana anak-anak sehat?. Ayo semangat untuk divaksinasi,” ucap Dandim pada sejumlah siswa.

“Siap.. semangat Pak Komandan. Saya tidak takut,” jawab seorang siswa.

“Vaksin Covid-19 untuk kesehatan Pak, Kami tak gentar. Kami ingin sehat,” ucap siswa yang lain.

Dandim berpesan pada para siswa untuk kesehatan dan terbebas dari Covid-19 ada tiga syarat yakni mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

“Kejar cita-cita kalian, ayo sekarang ikuti vaksinasi Covid-19,” ucap Dandim.

Pada seorang siswa SD tersebut Dandim menanyakan cita-cita jika sudah besar. Dandim menanyakan itu sambil meminjamkan tongkat komando dan meminta siswa tersebut sikap sempurna dan hormat tangan. “Siap saya punya cita-cita jadi pak polisi,” kata dia.

Mendengar jawaban itu Dandim pun menasihati untuk rajin belajar, makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga nanti bersekolah di Akademi Kepolisian, dan agar sehat terbebas dari paparan Virus Corona untuk mendapat vaksinasi Covid-19.

Baca juga   Sejumlah Difabel Antusias Ikuti Vaksinasi

Dandim mengatakan, Kodim 0706 Temanggung membantu percepatan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6 – 11 tahun di kabupaten tersebut.

Ditarget dalam dua minggu ke depan, 70 ribu anak yang menjadi sasaran di daerah tersebut telah mendapat vaksin Covid-19. Saat ini capaian vaksinasi baru 26 persen.

“Kami mendapatkan 20 ribu dosis untuk vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, harapan mampu mempercepat target capaian di Temanggung,” katanya.

Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac, jadi jika ada masyarakat umum dan remaja untuk vaksin tetap diperbolehkan.

Pada vaksinasi ini, petugas langsung datang ke sekolah-sekolah. Selain vaksinasi, TNI juga memberikan edukasi dan semangat pada siswa akan pentingnya hidup sehat, menerapkan prokes dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk menangkal terpapar virus.

Kepala Sekolah SD Santa Maria, Anastasia Susana Wati mengatakan, siswa di SD Santa Maria dan TK Ade Irma Suryani sebanyak 97 siswa.

Mereka senang mendapatkan pelayanan vaksinasi di sekolah, sehingga secara sukarela mendaftarkan diri untuk ikut vaksinasi.

“Bahkan orang tua berharap anaknya segera mendapatkan vaksinasi untuk mencegah terpapar Covid-19 dan dapat ikuti Pembelajaran Tatap Muka,” tandasnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Anggota TNI dan warga gotongroyong merehab MCK Dk. Majasto. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Pra TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo Rehab MCK Warga Majasto
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Tangkapan layar YouTube Setneg RI)

Militer

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman Siap Laksanakan 3 Poin di Angkatan Darat
Prajurit Yonif 512 bersama warga bersihkan gereja. (Foto : dokumentasi Yonif 512/QY

Militer

Satgas Yonif 512/QY Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Gereja
Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Cerita Satgas Yonif Raider 142/KJ Beli Hasil Kebun Mama Papua
Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta bersama anggota Penrem 072/Pamungkas mengikuti pelatihan penulisan rilis dan media sosial secara virtual yang diselenggarakan Puspen TNI bekerjasama dengan Kompas Media Group. (Foto:Penrem072PMK)

Militer

Kapenrem 072/Pamungkas Ikuti Pelatihan Penulisan Rilis dan Media Sosial Secara Virtual
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Jaga Situasi Wilayah, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Fasilitasi Perdamaian Dua Keluarga yang Berselisih
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Komandan Thai MECC, Bahas Kerja Sama Konkret
Pelda Zuhri . FOTO : nyatanya.com/ahmad zain

Kisah Operasi

Tiba di Pos Disambut Rentetan Serangan Musuh