Home / Militer

Jumat, 18 Juni 2021 - 10:06 WIB

Danrem 072/Pamungkas di Minta Lemhanas RI Sebagai Narasumber

Danrem 072/Pamungkas jadi narasumber Kajian Jangka Panjang Direktorat Pengkajian Sosbud dan Demografi Debidjianstrat Lemhanas RI. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Danrem 072/Pamungkas jadi narasumber Kajian Jangka Panjang Direktorat Pengkajian Sosbud dan Demografi Debidjianstrat Lemhanas RI. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan,S.I.P., M.M. menjadi Narasumber Kajian Jangka Panjang Direktorat Pengkajian Sosbud dan Demografi Debidjianstrat Lemhanas RI yang digelar di Ruang Cendana 1 Lantai 9 The Rich Hotel Yogyakarta, Kamis (17/6/2021).

Sambutan Deputi Pengkajian Strtategi Lemhanas RI yang di bacakan oleh Direktur Pengkajian Sosbud dan Demografi Lemhanas RI Brigjen Pol Drs Joko Rudi E, SH, S. Ik, M. Si dengan tema “Optimalisasi Peran Media Sosial guna Mengembangkan Wawasan Kebangsaan”.

Dalam penyampaiannya Media sosial telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat. Hasil penelitian setiap hari rata-rata masyarakat menghabiskan waktu 150-135 menit untuk berselancar di berbagai media sosial seperti Facebook, YouTube Twitter Instagram dan WhatsApp.

Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M dalam paparannya menjelaskan Korem 072/Pamungkas yang membawahi wilayah DIY dan Eks Karesidenan Kedu dengan satuan jajaran 10 Kodim, 1 Batalyon dan 6 Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan), dengan menyikapi perkembangan situasi modern saat ini serba digitalisasi maka perlu adanya pemahaman bersama kaum Milenial terhadap Wawasan Kebangsaan dan penggunaan Media Sosial.

Baca juga   HUT Ke-17, Bakamla RI Targetkan Kenaikan Nilai IKL

Dalam paparannya mengusung tema “Optimalisasi Peran Media Sosial Guna Mengembangkan Wawasan Kebangsaan” menjadi tepat bahwa Wawasan Kebangsaan adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungan, Mengutamakan Kesatuan dan Peratuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berpedoman 4 Pilar Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945 sebagai Kontitusi, NKRI sebagi bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagi Semboyan Negara.

Media Sosial yang berbasis internet yang digunakan untuk berinteraksi satu sama yang lain dalam bentuk individu atau kelompok dengan digunakan saling bertukar informasi melalui platform aplikasi atau Website.

Korem 072/Pamungkas dalam menyampaikan wawasan kebangsaan dilakukan secara tatap muka dan juga menggunakan Media Sosial dalam pembinaan teritorial untuk meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat di wilayahnya.

Baca juga   Cuaca Ekstrim Bukan Penghalang bagi Satgas TMMD Mimika

Hadir dalam acara tersebut, Irjen Pol Drs Triyono Basuki, M. Si (Tenaga Ahli Pengkaji bidang pertahanan keamanan Lemhanas RI), Brigjen Pol Drs Joko Rudi E, SH, S. Ik, M. Si (Direktur Pengkajian sosial budaya dan demografi Debidjianstrat Lemhanas RI),Brigjen TNI Lilik Sudaryani, S. Ip, M. Han (Tenaga ahli Pengkaji madya bidang sosial budaya Lemhanas RI), Marsda TNI (Purn) Baskoro Alpiyanto M. Sc (Tenaga profesional bidang iptek Lemhanas RI), Brigjen Pol Dr Andry Wibowo S. I. K, MH, M.Si (Kabinda Diy), Prof Dr Iswandi Syahputra, S. Ag, M.Si (Dosen Ilmu komunikasi fak. Ilmu sosial dan Humariora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Ribut Raharjo (Pemimpin redaksi Tribun Yogyakarta) , Kolonel Caj Yohanes Yudy Catur.P.,S.H., M.Si Kasipers Kasrem 072/Pmk. (*)

Share :

Baca Juga

Danrem 072/Pamungkas, Brigjend Afianto saat ditemui wartawan dalam kunjungan kerjanya ke Kodim 0706/Temanggung, Kamis (10/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Militer

Danrem 072/Pamungkas: Prajurit Harus Taati Prokes dan PPKM
Korban mendapat perawatan prajurit Yonmek 403/WP. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Obati Warga TerLuka
TNI AL Tanjung Balai Asahan (TBA) berhasil menggagalkan penyelundupan dan mengamankan kapal tanpa nama yang membawa 52 Pekerja Migran Indoqnesia (PMI) ilegal tanpa dilengkapi dokumen dengan tujuan Malaysia di sekitar Muara Sungai Asahan, Jumat (7/1/2021). (Foto: Dispenal)

Militer

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Sungai Asahan
Pesawat tempur T-50 Golden Eagle menjadi alutsista yang siap menjaga kedaulatan NKRI. (Foto: dokumentasi TNI)

Alutsista

Pesawat Tempur T-50 Golden Eagle Penjaga Kedaualatan NKRI
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Danrem 072/Pamungkas dari Brigjen TNI Afianto kepada Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. bertempat di Aula Makodam IV/Diponegoro, Watugong, Semarang, Selasa (10/5/2022). Foto: Penrem 072 PMK

Militer

Brigjen TNI Puji Cahyono, Jabat Komandan Korem 072/Pamungkas yang Baru
Foto: Penrem072/PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Pembukaan TMMD Reguler ke-115 TA. 2022 Kodim 0730/Gunungkidul
Danrem PAmungkas Brigjen Ibnu Bintang Setiawan meninjau kesiapan isoter UNY. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Cek Isoter Asrama UNY
Pembangunan Pangkalan baru di Pulau Natuna disurvei Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), di Kepulauan Riau, Rabu (19/1/2022). (Foto: Dispenal)

Militer

Bangun Pangkalan Baru, TNI AL Survei Lahan di Natuna