Home / Militer

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:24 WIB

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Peresmian Pembangunan Pompa Air Hidram Secara Virtual oleh Kasad

Komandan Korem 072/Pamungkas Hadiri Peresmian Pembangunan Pompa Air Hidram Secara Virtual oleh Kasad di Padukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (19/5/2022).  Foto: Penrem 072/Pmk

Komandan Korem 072/Pamungkas Hadiri Peresmian Pembangunan Pompa Air Hidram Secara Virtual oleh Kasad di Padukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (19/5/2022). Foto: Penrem 072/Pmk

NYATANYA.COM, Kulon Progo – Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P.,M.Si. menghadiri peresmian pembangunan Pompa Air Hidram Program TNI AD Manunggal Air Bersih yang diresmikan oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Addurachman, S,E.,M.M. secara Virtual di Padukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (19/5/2022).

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M. meresmikan titik sumber air TNI Manunggal Air Bersih TA 2022 di seluruh Indonesia secara simbolis di Desa Raknamo, Kabupaten Kupang, NTT.

Kasad Jenderal TNI Dudung Addurachman,S,E.,M.M dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, “Pada hari ini kita berbahagia bisa hadir dalam acara peresmian Pompa Hidram Program TNI AD Manunggal Air Bersih dalam keadaan sehat walafiat.”

Kepada seluruh Babinsa dan masyarakat desa yang telah mendukung Program TNI AD Manunggal Air Bersih, Kasad juga menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dalam rangka mengatasi kesulitan air bersih melalui metode Pompa Hidram.

Baca juga   19 Perwira Tinggi TNI-AD Naik Pangkat, Ini Amanat Kasad

“Dalam beberapa tahun terakhir terjadi krisis air di beberapa wilayah Indonesia apalagi di wilayah NTT ini, karena air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat dan menjadi permasalahan yang harus mendapatkan penanganan yang secara efektif,” jelas Kasad.

Melihat situasi seperti ini sehingga ada program yang cemerlang digalakkan melalui TNI Angkatan Darat Manunggal Air Bersih, hingga pembangunan Pompa Hidram secara tersebar dan serentak di pulau Jawa, Madura, Sulawesi dan Papua.

Dari program tersebut diantaranya yang dilakukan oleh prajurit Kodam IX/Udayana yang disebar ke desa-desa untuk ratusan kilometer demi memudahkan warga untuk mendapatkan air bersih.

“Program pembangunan Pompa Hidram ini juga disertai dengan kegiatan pelatihan kepada masyarakat maupun Pemerintah Daerah guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pompa Hidram ini, sehingga diharapkan kedepannya bisa dilaksanakan oleh masyarakat sendiri.” Tegasnya Kasad.

Baca juga   Kegiatan Non Fisik TMMD Reg Kodim 0732/Sleman Dimulai

Pompa Hidram ini dalam operasionalnya mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jenis pompa lain antara lain tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan dan biaya operasionalnya sangat murah serta mempunyai dua bagian yang bergerak sehingga memperkecil terjadinya keausan alat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasilog Kasrem 072/Pmk Kolonel Cpl Ahmad Djuliardi, Dandim 0731/Klp Letkol Inf Nurwaliyanto, Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini, S.H.,S.I.K , Staf ahli bidang kesejahteraan Pemda Kulon Progo Bambang Sutrisno, Ketua DPRD Kulon Progo Drs. Suharto, Kepala Kejaksaan Negeri Kulon Progo Ardi Suryanto, S.H., M.H., Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Nining, Panewu Pengasih Drs.Hera Suwanto, M.M, dan Lurah Sidomulyo Suyanto.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Jaga Situasi Wilayah, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Fasilitasi Perdamaian Dua Keluarga yang Berselisih
Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Satgas Yonarmed 1 Kostrad Periksa Kesehatan Masyarakat Iha
Foto: Penrem 174/ATW Merauke

Militer

Peringati Hari Infanteri ke-74 ‘Prajurit Korps Infanteri Harus Selalu Dihati Rakyat’
Prajurit Yonmek 403/WP laksanakan patrol patok batas. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Laksanakan Patroli Patok Perbatasan RI-PNG
Kodim 1710/Mimika bagi-bagi takjil. (Foto: Pen Kodim 1710/Mimika)

Militer

Isi Bulan Suci Ramadan, Kodim 1710/Mimika Terus Bagikan Takjil Gratis kepada Masyarakat
Rumah Sakit Lapangan yang merupakan kerja sama dengan PT Arvitech Mega Solusi ini nantinya akan dipergunakan oleh TNI AL untuk kebutuhan darurat apabila terjadi bencana alam. (Foto: Dispenal)

Militer

Tanggap Bencana, TNI AL Desain RS Lapangan Modern Mobilitas Tinggi
Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi bersama jajaran Forkompimda Kabupaten/Kota Magelang melaunching penyaluran BTPKLWN Tahun 2022 di halaman Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Jumat (8/4/2022). Foto: humas/beritamagelang

Militer

Kodim 0705/Magelang Salurkan Bantuan untuk Pedagang Kaki Lima
Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) berhasil mengevakuasi penumpang kapal kayu yang karam di Tanjung Api, Selat Malaka, Sabtu (19/3/2022). (Foto: Dispenal)

Militer

TNI AL Berhasil Evakuasi Penumpang Kapal Karam Diduga Bawa PMI Ilegal