Home / Militer

Kamis, 10 November 2022 - 20:21 WIB

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Hari Pahlawan 2022 bersama Forkopimda DIY

Foto: Penrem 072/Pmk

Foto: Penrem 072/Pmk

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam upaya turut mengobarkan semangat Hari Pahlawan, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono , S.I.P., M.Si, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti upacara Hari Pahlawan Tahun 2022 di Stadion Mandala Krida, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (10/11/2022).

Mengusung tema “Pahlawanku Teladanku”, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini, Kapolda menyampaikan, “Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.”

“Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu,” bebernya.

Baca juga   Penguatan Seni Budaya Dukung Destinasi Kampung Wisata

Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk Pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang.

“Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.

Mengakhiri sambutanya Kapolda DIY mengajak kepada kita bersama untuk mengenang dan hormati perjuangan para Pahlawan.

Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan.

Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya memecah belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” imbuh Kapolda.

Baca juga   Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro Kunjungi TMMD Kodim Sleman

Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si, mengucapkan selamat Hari Pahlawan Tahun 2022, jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut, Wakil Gubernur DIY, Danlanud Ads, Kabinda DIY, Kajati DIY, Ketua DPRD DIY, Kasi Intel Kasrem 072/Pamungkas, Kasipers Kasrem 072/Pamungkas, Palaksa Lanal Yka dan Forkopimda DIY.

(N1)

Share :

Baca Juga

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro Ny. Rina Afianto melakukan kunjungan kerja di Kodim 0708/Purworejo, Jalan Urip Sumoharjo, Plaosan, Purworejo pada Jumat (28/1/2022). (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Kunjungan Kerja di Kodim 0708/Purworejo
Prajurit Yonmek 512/QY tengah mengerjakan bangunan kamar mandi. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bangun Kamar Mandi di Gereja Perbatasan
Prajurit Yonmek 512/QY mengikuti dan sukseskan LPMP. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Turut Majukan Pendidikan, Satgas Yonif 512/QY Sukseskan Workshop LPMP
Foto: Penrem 072PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Upacara Pembukaan Pertandingan Yongmoodo PORDA DIY 2022
Drill tempur Latihan Pertempuran Kota Yonif Mekanis 403/WP bertempat di Gedung Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Jalan Raya Janti Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Sabtu (5/3/2022). (Foto: Penrem 072/PMK)

Militer

Kerahkan Ribuan Personil, Danrem 072/Pamungkas Pimpin Pertempuran Kota
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Berperan Dalam Aksi Kemanusiaan di Papua, Satgas Yonif 126/KC Terima Penghargaan dari PMI Jayapura
Prajurit Yonif 403 bagikan alat sekolah. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403 Bagikan Alat Sekolah di Perbatasan RI-PNG
Prajurit Yon 403/WP bagikan paket sembako kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Perayaan HUT Satuan, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bagikan Sembako di Wilayah Perbatasan RI-PNG