Home / Militer

Selasa, 17 Agustus 2021 - 20:30 WIB

Danrem 072/Pamungkas Ikuti Upacara HUT RI ke-76 di Gedung Agung

Komandan Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto bersama dengan Forkopimda DIY mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung. (Foto: Penrem 072/PMK)

Komandan Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto bersama dengan Forkopimda DIY mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung. (Foto: Penrem 072/PMK)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Komandan Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto bersama dengan Forkopimda DIY mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung, bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (17/8/2021).

Pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta dilaksanakan secara sederhana, bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Pnb Alifian Adista.

Dalam sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan meskipun upacara dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan, momentum ini justru untuk meneguhkan makna kemerdekaan bukan sekedar kata. Kemerdekaan adalah kesempatan berkarya tanpa batas dengan program prioritas pengembangan SDM, sebagai wahana mencapai “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Baca juga   Asah Kemampuan dan Tingkatkan Profesionalisme, Yonif 403/WP Gelar Latihan Menembak

Selanjutnya Gubernur mengatakan Saat Proklamasi 1945, kita masih di bawah kekuasaan Dai Nippon, dan bayang- bayang kembalinya kolonialis Belanda. Situasi kekacauan yang sama, kini juga sangat terasakan kehadirannya. Meski beda wujudnya. Kita berada dalam “cengkeraman” covid-19 yang telah menyebar menjadi pandemi global.

Setiap chaos hendaknya jangan dipandang sebagai negative chaos. Melainkan sebuah positive chaos yang membuka peluang kemajuan. Dulu, meski dalam ancaman, Gestaponya balatentara Jepang, dari bangsa terjajah menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Pemahaman chaos negatif karena by design dengan fondasi struktural dan sosio-kultural yang rapuh. Keanekaragaman dipaksakan menjadi keseragaman, dinamisitas ke stabilitas, heterogenitas ke homogenitas. Yang ditumbuhkan berbagai ketakutan berbeda dan ketakutan akan ketidakberaturan. Jelasnya.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Bersama Kepala Distrik Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan Papua

Warga Yogyakarta yang patriotik, hari ini bertepatan dengan pemberlakuan kebijakan PPKM yang baru, Saya berharap, dengan langkah-langkah pengetatan yang selama ini telah dilakukan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat, DIY sebagai kesatuan aglomerasi dapat menunjukkan tren yang terus membaik. Imbuhnya.

Selesai mengikuti Upaca Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta Danrem 072/Pmk Kolonel Inf Afianto bersama Forkopimda DIY mengikuti Upacara detik-detik Proklamasi dari Istana Negara Jakarta yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo secara virtual bertempat di Ndalem Ageng Komplek Kepatihan kantor Gubernur DIY.  (N2)

Share :

Baca Juga

Bakti Kemandirian Masyarakat Kodim 0734/Kota Yogyakarta di Bendung Lepen Giwangan. (Foto: Pendim 0734/yka)

Militer

Bakti Kemandirian Masyarakat Kodim 0734/Kota Yogya, Berdayaan Destinasi Wisata Bendung Lepen
Prajurit Yonmek 512/QY mengikuti dan sukseskan LPMP. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Turut Majukan Pendidikan, Satgas Yonif 512/QY Sukseskan Workshop LPMP
Pembukaan TMMD Reguler 212 dan Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705 Magelang yang akan fokus membuka akses warga di Desa Ketep. (Foto: Humas/beritamagelang)

Militer

TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M. bersama Sesdispenad Kolonel Inf Drs. Mutamar, M.Sc.(Foto: nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Gelar Coffee Morning dengan Insan Media
Satgas Pamtas Yonif 403/WP Dukung Gerakan Peduli Kesehatan Ibu Hamil dan Balita. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Dukung Gerakan Peduli Kesehatan Ibu Hamil dan Balita di Wilayah Perbatasan
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny Hetty Andika Perkasa menyapa salah satu anak yatim piatu di acara bakti social. (Foto:Penrem072)

Militer

KSAD dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Gelar Baksos di Makorem 072/Pamungkas
Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi "Penanaman Sikap Bela Negara dikalangan Pelajar Melalui Paskibraka" melalui zoom meeting. (Foto: dokumentasi Kodim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Bakar Semangat Paskibraka Kota Yogya, Dandim Beri Pembekalan Bela Negara
Alustsista jenis Panser Saladin kendati berusia tua terbukti miliki sejarah hebat negeri ini. (Foto: nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Panser Saladin, Meski Lanjut Usia Tapi Miliki Sejarah Hebat di Indonesia