Home / Peristiwa

Jumat, 6 Agustus 2021 - 02:26 WIB

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman

Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Pemerintah bersama aparat TNI dan Polres Pekalongan Kota membagikan paket obat dan vitamin gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Pendistribusiannya dilakukan dengan pengantaran langsung ke rumah warga isoman (door to door) oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0710/Pekalongan, Mayor Inf Raji mengungkapkan, pembagian paket obat dan vitamin dilakukan per kecamatan.

Menurutnya, terdapat 632 paket obat dan vitamin yang akan dibagikan untuk seluruh warga isoman di Kota Pekalongan. Ratusan paket tersebut dibagi menjadi paket 1, paket 2, dan paket 3.

“Adapun untuk paket 1 kotak biru diperuntukkan bagi warga isoman tanpa gejala, kemudian untuk setiap paket II (kotak hijau) terdiri dari 5 macam obat diperuntukan bagi warga isoman dengan keluhan panas dan anosmia (kehilangan rasa penciuman). Paket III diperuntukkan bagi warga isoman dengan keluhan panas, anosmia, dan disertai batuk,” beber Kasdim Raji saat pembagian paket obat dan vitamin di Kecamatan Pekalongan Selatan, Rabu (4/8/2021).

Baca juga   Fantastis! Kerugian Negara Akibat Korupsi Duta Palma Group Capai Rp104,1 Triliun

Salah seorang warga isoman di Kelurahan Kertoharjo Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, Nurjanah, mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian TNI dan Polri kepada warga.

“Senang diperhatikan, dan dapat obat, serta vitamin dari bapak TNI”, imbuh Nurjanah.

Aksi sosial juga dilakukan oleh Gerakan Pemuda Amanah (Gema) dan Dapur Peduli, berupa kegiatan pembagian tabung oksigen dan fasilitas infus bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

Dalam kesempatan terpisah, Koordinator Dapur Peduli, Hamid Alkaff mengungkapkan, aksi sosial tersebut bermula dari pengamatannya pada kesulitan yang dihadapi oleh warga isoman untuk mendapatkan tabung oksigen, dan alat serta cairan infus.

“Kondisi badan para isoman yang lemah dan sulit untuk mengonsumsi makanan. Bahkan susu pun sulit untuk mereka telan, sehingga mereka membutuhkan infus agar segar kembali,” terang Hamid.

Tak hanya fasilitas infus, vitamin atau pereda nyeri juga disediakan. Tentunya didasarkan pada hasil konsultasi dengan dokter.

Baca juga   Banjir Landa Kota Medan, Warga Memilih Bertahan di Rumah

“Kami juga menyiapkan dokter profesional untuk konsultasi dan empat nakes untuk membantu di lapangan atau memasangkan infus,” jelas Hamid.

Hamid menyebutkan, pihaknya menyiapkan 30-40 kantong infus setiap hari. Bantuan tersebut didukung penuh oleh Pekalongan Tanggap.

Ditambahkan, warga Pekalongan yang membutuhkan infus gratis dapat menghubungi Dapur Peduli, melalui nomor 085727852095. Syaratnya mudah, yakni melampirkan foto KTP dan bukti hasil tes usap antigen atau PCR.

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, menyampaikan apresiasi dan dukunggannya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh komunitas masyarakat tersebut. Dirinya berharap, langkah-langkat tersebut dapat membantu mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah,kami sampaikan juga kepada komunitas dan organisasi, seperti Komunitas Dapur Peduli yang sudah mau turun langsung ke lapangan, dan bergerak cepat membantu warga isoman yang membutuhkan tabung oksigen, obat-obatan dan infus gratis,” pungkas Wali Kota Aaf, sapaan akrabnya. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu atraksi di pembukaan Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Prambanan UMKM Java Festival 2021, Bangkitkan Ekonomi Mikro
Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dalam laporannya menyampaikan dukungannya terhadap Gerakan Indonesia Raya Bergema. Foto: nyatanya.com/Humas Pemkab Bantul

Peristiwa

Pemkab Bantul Dukung Indonesia Raya Bergema
Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Semarang. Foto: Diskominfo Kab.Semarang

Peristiwa

Tekan Lonjakan Covid-19, Kabupaten Semarang Jemput Bola Layanan Vaksinasi Booster
Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, menyatakan kedua saksi yang diperiksa di antaranya, S selaku Komite Pemantau Resiko PT Askrindo. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Kejagung Periksa Dua Saksi Kasus Dugaan Korupsi di PT AMU
Penyerahan paket sembako dari Baznas secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Ribuan Paket Sembako untuk PKL Terdampak Corona Disalurkan
Warga Wadas, Bener, Purworejo menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jateng meminta perlindungan atas terancam keselamatannya karena mendukung pembangunan proyek Bendungan Bener. (Foto : nyatanya.com/ahmad zain

Peristiwa

Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar
Kemensos menyatakan peristiwa tragedi pembakaran karaoke di Kota Sorong, Papua Barat, pada 25 Januari 2022 merupakan bencana sosial, sehingga ahli waris korban meninggal dunia diberikan santunan. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Ahli Waris Korban Pembakaran Karaoke Sorong Terima Santunan
Polisi olah TKP rumah yang dibakar pelaku JS di Tirtonirmolo,, Kasihan, Bantul. Foto: Polres Bantul

Peristiwa

Ribut Masalah Keluarga, Warga Tirtonirmolo Nekat Bakar Rumah Kakaknya