Home / News

Selasa, 22 November 2022 - 19:49 WIB

Dari Yogyakarta, Ganjar Pranowo Sampaikan Dukacita kepada Korban Gempa Cianjur dan Siap Bantu

Foto: Humas Jateng

Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan dukacita mendalam kepada korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ganjar menyatakan siap membantu kebutuhan yang diperlukan di lokasi bencana. 

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai menghadiri Pembekalan Calon Wisudawan Program Sarjana dan Diploma 2022/2023, di Gedung Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Selasa (22/11/2022).

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan dukacita mendalam kepada korban. 

“Saya menyampaikan duka yang mendalam. Saya mengikuti terus menerus dari beberapa kelompok yang berkomunikasi dengan saya,” kata Ganjar dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Ketua Umum Persada.id itu turut memantau lewat komunikasi dan laporan yang disampaikan oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) setempat. Mereka, kata Ganjar, terus bergerak untuk menginformasikan situasi di sana. 

“BPBD Jateng saya minta untuk komunikasi dengan BPBD di Jabar, perlu bantuan apa yang mesti kita dorong dari sini, agar semua bisa berjalan,” ujarnya. 

Baca juga   Kuasa Hukum Tergugat Hadirkan Saksi Ahli Rektor Undip, Kuasa Hukum Penggugat Pilih Walk Out

Ketua PP Kagama itu juga telah berkomunikasi dengan PMI Jawa Tengah. Ia meminta agar bantuan medis segera disiapkan dan dikirim ke Cianjur. 

“Saya juga udah komunikasi dengan Pak Gubernur Jawa Barat, tapi sepertinya beliau lagi di lapangan. Terus barusan dengan temen-temen Kagama juga sedang menyiapkan tim, Kagama Care, untuk bisa ke lapangan,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini memperkirakan bantuan yang paling dibutuhkan saat ini adalah tenaga medis. Sebab bencana tersebut memakan banyak korban. Di sisi lain, Ganjar juga siap mendukung percepatan hunian sementara. 

“Huntara ini segera disiapkan, dan yang ketiga secara ilmu pengetahuan tentu nanti rehab rekonnya perlu dukungan banyak pihak,” katanya.

Baca juga   Karakteristik Omicron Berbeda, Pemerintah Sesuaikan Strategi Penanganan

Ganjar juga mengapresiasi pemerintah pusat, terutama pada sektoralnya yang bergerak dan merespon dengan cepat.

Meski begitu, banyak detail yang perlu jadi perhatian. Untuk itu, Ganjar mendorong seluruh komponen kekuatan sipil bergerak membantu.

“Mudah-mudahan komunikasi antarpemerintah daerahnya nanti bisa cepat berjalan, sehingga dukungan-dukungan yang belum bisa terpenuhi, daerah-daerah lain bisa mendukung, dan Jawa Tengah siap membantu,” tegasnya. 

Seperti diketahui, Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang.
Setelah itu terjadi puluhan kali gempa susulan. Adapun guncangan paling parah terasa di Cianjur, dengan durasi 10-15 detik.

Terkini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, jumlah korban tewas mencapai 162 jiwa. Gempa tersebut juga menyebabkan 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan 13.400-an orang mengungsi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Para transmigran nantinya akan mendapat berbagai kemudahan, diantaranya penyediaan lahan, tempat tinggal, stimulan sembako, sampai usaha pertanian. (Foto: Dok. Diskominfo Jateng)

News

Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Jateng Kembali Berangkatkan 10 KK Transmigran
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres)

News

BNPB Kirim Bantuan Logistik untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan bahwa Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dalam kondisi aman dan damai. (Foto: Tayangan Kanal Youtube Kemenko Polhukam)

News

Banyak Hoaks, Menko Polhukam Pastikan Desa Wadas Aman dan Damai
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 1.027 Pasien Sembuh, Positif Covid-19 DIY Tambah 2.706 Kasus
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Foto: YouTube KPU 

News

Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Sambangi Muhammadiyah dan NU Bicarakan Ini
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Sebanyak 4,8 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jateng Saat Nataru
Foto: Angkasa Pura I

News

Ini Rencana Antisipasi Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP Mandalika 2022
Ilustrasi: nyatanya.com

News

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY