Home / Plus

Rabu, 26 Juni 2024 - 13:48 WIB

Daun Beluntas Cegah Sakit Jantung

Daun beluntas tumbuh liar namun miliki khasiat obat.

Daun beluntas tumbuh liar namun miliki khasiat obat.

NYATANYA.COM – Daun beluntas meski terkesan sebagai tanaman liar, siapa sangka daun beluntas memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan daun beluntas yang berperan sebagai antioksidan, seperti asam klorogenat, quercetin, flavonoid, dan asam kafeat. 

Tak heran, daun beluntas banyak digunakan sebagai ramuan pengobatan tradisional di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, ada beberapa penelitian yang sudah mengkaji manfaat daun beluntas untuk kesehatan, lho. 

Beberapa khasiat daun beluntas yang perlu diketahui diantaranya ialah mampu mencegah penuaan dini. Daun beluntas diduga dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalam daun beluntas. Daun ini juga mampu membantu pergantian sel-sel kulit mati sehingga penampilan kulit menjadi lebih baik.

Baca juga   Reuni Trah Martowirono Hadirkan Tema Unik 'Antariksa', Begini Keseruannya

Sedangkan, antioksidan dalam daun beluntas juga diyakini berperan penting dalam mencegah kondisi kronis, khususnya penyakit jantung dan diabetes. Khasiat tersebut bisa dirasakan lebih optimal jika penggunaan daun beluntas dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi asupan sehat bergizi seimbang, menjauhi rokok dan alkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Baca juga   Kualitas Pakan Diperhatikan, Kambing dan Domba Mudah Dipasarkan

Berikutnya, khasiat daun beluntas diduga dapat digunakan untuk mendukung pengobatan rematik. Sebab, daun tersebut memiliki kandungan antiradang.

Daun dengan pinggiran bergerigi ini sebenarnya bukan satu-satunya herba yang dapat membantu penyembuhan radang sendi. Jahe, kunyit, kayu manis, lada hitam, dan bawang putih juga memiliki khasiat serupa.  (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekarang sampah dapur tidak hanya sebagai sampah, namun bisa dijadikan bermanfaat yang sangat berguna. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Manfaatkan Sisa Makanan, Warga Karangwaru Olah Sampah Menjadi Eco Enzym
Widhi Haryanti, bersyukur atas manfaat yang diterimanya usai ikut Lapak Ganjar. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Bu Widhi Bersyukur, Penjualan Lumpianya Laris Manis Setelah Ikut Lapak Ganjar
Plt Kepala DPMPTSP Kabupaten Magelang bersama pelaku usaha Desa Gulon dan Desa Sirahan, Salam, di Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Selasa (13/9/22) Foto: Humas/beritamagelang

Plus

Pengusaha UMKM Didorong Miliki NIB dan Sertifikat Halal
Kota Yogyakarta mendapatkan tiga sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Dinas Kebudayaan DIY untuk kerajinan perak Kotagede, Jemparingan Yogyakarta, dan metode belajar Sariswara Ki Hajar Dewantara. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Perak Kotagede Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda
PT BRI Asuransi Indonesia berhasil meraih penghargaan Best Insurance 2022 dalam Insurance Award 2022. Foto: Istimewa

Plus

BRI Asuransi Indonesia Raih Penghargaan Best General Insurance 2022
Ilustrasi. Foto: Antara

Plus

Jasa Industri Logistik, Paling Cepat Pulih di Tengah Pandemi
Pemuda Desa Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta akan menggelar acara Renungan Malam dan Refleksi Kepahlawanan. Foto: Ist

Plus

Pemuda Sambilegi Maguwoharjo Punya Cara Unik Peringati Hari Pahlawan, Digelar Besok Malam
Titi Pratistiyani dan suami, Suparjo, merintis usaha kerajinan dengan bendera Bening Craft. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Bening Craft Sukses Olah Sampah Kaca Jadi Produk Kerajian yang Wah dan Sumber Cuan