Home / Plus

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:05 WIB

Daun Jarak Manjur Sembuhkan Sembelit

Daun jarak tumbuh liar namun memiliki khasiat obat.

Daun jarak tumbuh liar namun memiliki khasiat obat.

NYATANYA.COM – Daun dari tanaman jarak yang lebih terkenal karena minyaknya yang berguna sebagai pestisida atau bahan biodiesel ini, ternyata termasuk tanaman obat yang digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Tanaman jarak merupakan tanaman yang dapat tumbuh liar tanpa perawatan khusus. Semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat, termasuk daunnya. Sebagai obat herbal, salah satu manfaat yang paling terkenal dari daun jarak adalah sebagai obat pencahar.

Tidak hanya itu, daun jarak diketahui mengandung bahan dengan efek antiradang, antibakteri, serta antispasmodik. Jika diuraikan lebih lanjut,

Beberapa manfat dari daun jarak untuk kesehatan diantaranya adalah untuk  mengatasi sembelit. Kalau kamu sembelit, coba deh konsumsi daun jarak. Tanaman jarak adalah obat pencahar alami karena dapat meningkatkan pergerakan otot usus, sehingga tinja dapat dikeluarkan dengan mudah oleh tubuh.

Baca juga   Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Santri Tewas di Ponpes Raudhatul Mujawwidin Kabupaten Tebo

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi minyak jarak dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman. Kamu juga bisa merebus daun jarak dengan air, lalu minum air rebusannya. Ingat, minum secukupnya saja, ya.

Manfaat kedua untuk melembapkan kulit. Daun jarak kaya akan asam risinoleat. Nutrisi ini dapat mengunci kelembapan kulit, sehingga kulit akan tetap terhidrasi dan skin barrier lebih kuat. Karena manfaatnya ini, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan daun jarak sebagai bahan aktif utamanya.

Berikutnya mampu mempercepat penyembuhan luka. Salah satu kandungan pada daun jarak yang punya sifat antiperadangan adalah asam risinoleat. Efek antiperadangan ini sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk meredakan rasa nyerinya.

Baca juga   Angkat Boso Walikan, Soak Ngalam Jadi Salah Satu Potensi Ekraf Malang

Namun, perlu diingat kalau kamu tidak boleh mengoleskan minyak jarak murni pada luka, ya. Kamu bisa memilih obat oles khusus luka yang mengandung ekstrak daun jarak.

Dan yang terakhir manjur dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sejumlah penelitian membuktikan kalau daun jarak bisa mencegah pembentukan plak dan gigi berlubang. Manfaat ini berkat sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun jarak. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung esktrak getah daun jarak.  (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Kominfo

Plus

Kompetisi Anugerah Jurnalistik Kominfo 2022 Berhadiah Total Rp250 Juta, Ini Link dan Syarat Pendaftarannya
Foto: Kominfo Rembang

Plus

Unika Soegijapranata Bantu Perajin Batik Tulis Lasem Jual Melalui Showroom Virtual 3 Dimensi
Pasar Prawirotaman sebagai pasar rakyat yang berstatus Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152 tahun 2021. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Pasar Prawirotaman, Pasar Rakyat Pertama di Yogyakarta yang Sudah Ber-SNI
Santripreneur Award 2021 yang diselenggarakan oleh Santripreneur Indonesia ini melombakan para santripreneur dalam tiga kategori yakni Kuliner, Industri, Perdagangan dan Jasa, serta Kreatif. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Plus

Menparekraf Berharap “Santripreneur Award” Jadi Pioner Pengembangan Kewirausahaan Indonesia
Miftahudin Nur Ihsan dan batik bertema Covid-19 produksinya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Miftahudin Ciptakan Batik Bertema Vaksin Covid-19
Tradisi Jaburan berkembang dan menyebar di Pulau Jawa. Meskipun, tidak semua daerah menerapkan tradisi ini, namun beberapa wilayah khususnya di Soloraya masih tetap melakukannya. (Foto: Istimewa/MC Kota Solo)

Plus

Jaburan, Tradisi Ramadan yang Masih Eksis Hingga Sekarang
Tariyah tidak menyangka jika bekerja di Transjateng adalah jalan hidup yang terbaik baginya saat ini. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Kisah Cleaning Service Transjateng, Diangkat Pramujasa dan Bisa Lanjutkan Kuliah
Pemilik warung bakso dan mi ayam bisa menghemat biaya belanja dengan memiliki lahan budidaya sawi bakso. (Foto: istimewa)

Plus

Budidaya Sawi Bakso dan Kemangi Tak Rumit