Home / Peristiwa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:33 WIB

Demak Turun Level, Dari 4 Menjadi Level 2

Ilustrasi masyarakat sadar prokes. Memakai masker itu wajib. (Foto: Dismominfo Jateng)

Ilustrasi masyarakat sadar prokes. Memakai masker itu wajib. (Foto: Dismominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Demak – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Demak yang dibarengi dengan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, membuat status wilayah ini turun level. Yakni, dari level 4 menjadi level 2.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto, Selasa (10/8/2021). Menurutnya, kondisi tersebut sudah lebih baik, tetapi belum benar-benar baik. Sebab, kabupaten/kota di sekitar Demak masih berada pada level 4.

“Demak menjadi kabupaten turun level di level 2, tetapi secara aglomerasi di Semarang Raya dan sekitarnya belum turun, maka kita ikut level 4,” kata Guvrin.

Baca juga   Ribuah Botol Miras Berbagai Merek Dimusnahkan Polres Salatiga

Disampaikan, meskipun sudah turun level, pihaknya tetap harus waspada. Saat ini kasus harian Covid-19 di Demak mengalami penurunan, namun kasus aktif masih ada. Artinya, masih memungkinkan terjadinya penularan.

Sedangkan untuk kasus kematian, lanjut Guvrin, mengalami penurunan rata-rata di bawah 10 orang, yang sebelumnya di atas 20 orang. Sementara, angka kesembuhan juga meningkat di angka 85 persen.

Baca juga   Di Magelang 123 Pasien Covid-19 Sembuh, Kasus Baru Tambah 56

“Terkendalinya kasus penularan Covid-19 di Demak salah satunya perilaku masyarakat yang dapat mematuhi protokol kesehatan. Terutama semenjak di dilaksanakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Guvrin terus mengimbau masyarakat untuk tidak pernah bosan menerapkan protokol kesehatan. Khususnya, menjelang momen HUT ke-76 RI, yang biasanya diwarnai dengan euforia dari masyarakat.

“Masyarakat harus memahami, Covid-19 ada dan menular dengan cepat. Pesan saya, 17-an di rumah saja,” pesan Guvrin. (*)

Share :

Baca Juga

Annisa sempat terkejut saat mengetahui orang yang menanyainya adalah Gubernur Ganjar. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Rezeki Nomplok, Annisa Dapat Sepeda dari Ganjar
Ilustrasi pemungutan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2021/2022 di SMK Bhumi Phala Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menerapkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting, Selasa (7/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ajar Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di Sekolah Ini Pakai e-Voting
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan paket bantuan kepada warga terdampak PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Semarang)

Peristiwa

Pemkab Semarang Salurkan 23 Ribu Paket Beras Bantuan PPKM Darurat
Dalam acara CJIBF yang digelar secara hybrid itu, sebanyak 265 peserta ikut bergabung. Di antara para peserta, terdapat para investor besar dari 10 negara asing dan sebanyak 26 investor besar langsung tertarik investasi dengan total nilai investasi Rp6 triliun. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

CJIBF Digelar, Sehari Berhasil Gaet 26 Investor dengan Total Investasi Rp6 Triliun
(Foto: Twitter @kratonjogja)

Peristiwa

Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa, Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem
Ratusan orang pelaku wisata Dieng antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19, yang dihelat di Taman Syailendra, Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar. (Foto:MC Kab Wonosobo)

Peristiwa

Peminat Vaksinasi Covid-19 Pelaku Wisata di Dieng Membludak
Pelaku ditangkap saat akan melakukan transaksi jual beli hasil selundupan, satwa jenis burung yang di lindungi itu di pasar burung Surabaya. (Foto: Diskominfo Prov.Jatim)

Peristiwa

Ditpolairud Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan dan Perdagangan Burung Dilindungi
Kemenkumham memindahkan sembilan narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda Lampung ke Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Sembilan Narapidana LP Kalianda Dipindahkan ke Nusakambangan