Home / News

Kamis, 16 September 2021 - 11:59 WIB

Densus 88 Tangkap Pentolan Teroris Lajnah


Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme. (Foto: Divisi Humas Polri)

Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme. (Foto: Divisi Humas Polri)

NYATANYA.COM, Jakarta – Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme di Kudus. Diketahui AR merupakan salah satu anggota tim Lajnah Ihtiari Linasbil Amir (LILA) yang juga merupakan tim panitia pemilihan amir bersama para senior Jamaah Islamiyah (JI).

“Yang bersangkutan bersama senior-senior dan sepuh-sepuh telah menjadi satu kesatuan dan membentuk Majelis Kesepuhan. Majelis kesepuhan itu adalah kumpulan senior-senior dan tetap bergabung dengan Amir (pimpinan) Parawijayanto yang telah ditangka,” ujar Kabag Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dikutip dari Twitter resmi Divisi Humas Polri, Rabu (15/9/2021).

Baca juga   Capaian Masih di Bawah 50%, Ganjar Dorong Percepatan Vaksinasi di Grobogan

Pada tanggal 10 September 2021 Polri berhasil menangkap AR selaku tim Lajnah serta pengurus anggota Perisai (Pusat Edukasi, Rehabilitasi dan Advokasi) yang merupakan lembaga bantuan hukum organisasi milik Jamaah Islamiyah dan salah satu kantong pendanaan JI (fund raising).

Dia mengungkapkan Majelis itu berisi orang-orang JI yang sudah senior termasuk Abu Rusydan. Mereka tetap bersatu meski pimpinannya telah ditangkap.

“Majelis kesepuhan itu adalah kumpulan senior-senior dan tetap bergabung dengan amir (pimpinan) Parawijayanto yang telah ditangkap,” jelas Kombes Ahmad Ramadhan.

Polres Kudus menyebutkan Abu Rusydan yang pernah ditangkap 2004 lalu sudah memiliki hubungan baik usai pendekatan, deradikalisasi yang dilakukan oleh polisi selama ini.

Baca juga   Sampai Hari ini Sudah 60.579 Pasien Covid-19 Sembuh di DIY

“Deradikalisasi tentu tetap kita lakukan, pelaku eks teroris kita lakukan penggalangan pendekatan beberapa sudah condong ke NKRI, yang kemarin (penangkapan Abu Rusydan oleh Densus 88) saya pribadi saya menyesalkan bisa terjadi, karena hubungan selama ini sudah ada baik,” kata Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

Nama Abu Rusydan terkait dengan tindak pidana terorisme. Kombatan Afghanistan tersebut sebelumnya juga pernah ditangkap dan dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara karena menyembunyikan keberadaan Mukhlas alias Ali Ghufron, yang saat itu buron aksi Bom Natal 2000 dan Bom Bali 2002. (*)

Share :

Baca Juga

Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Mendesak, Pemda DIY Segera Realisasikan RS Sementara untuk Pasien Covid-19
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra, saat memberikan keterangan kepada awak media pada konferensi pers di Media Center PON Papua Klaster Mimika. (Foto: Jimmy/MC Kominfo PON Papua Klaster Mimika)

News

Dinkes Mimika Pastikan Tak Ada Klaster Covid-19 di PON Papua
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima hasil pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2021 Kodim 0734/Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Wawali Terima Hasil TMMD Sengkuyung Tahap III 2021 di Yogya
Pos Aju dibentuk untukpercepatan penanganan jenazah pasien Covid-19 di Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Kelompok Pemuda yang Lempari Mobil Jenazah Covid-19 di Klaten, Kini Tobat Jadi Relawan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/YouTube Kemenag RI)

News

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 H, 20 Juli 2021
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rembang Level 2, Kegiatan Seni Budaya Diizinkan
(nyatanya.com/@unpad)

News

Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Bio Farma Dr Novilia Sjafri Meninggal Dunia
Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bangsri. (Foto: Diskominfo Jepara)

News

Bersama Lawan Berita Hoaks Vaksinasi Covid-19