Home / Gayahidup

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:54 WIB

Deretan Laptop ASUS AI Terbaru, Diperkenalkan di Yogyakarta

  Riandanu Utomo, Technical Public Relation ASUS Indonesia (kiri) dan Muhammad Firman, Head of Public Relation ASUS Indonesia (kanan).

Riandanu Utomo, Technical Public Relation ASUS Indonesia (kiri) dan Muhammad Firman, Head of Public Relation ASUS Indonesia (kanan).

NYATANYA.COM, Sleman – ASUS resmi menghadirkan ASUS AI, jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. Diperkenalkan di acara Media Roadshow 2024, ASUS AI tampil sebagai solusi yang akan mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI.

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap,” kata Head of Public Relation ASUS Indonesia Muhammad Firman, Selasa (4/6/2024).

Menurut Muhammad Firman laptop dengan logo ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI. Artinya, laptop tersebut dibekali software dan hardware berbasis AI. Ia juga dipastikan hadir dengan NPU atau Neural Processing Unit yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien.

“Hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, jajaran laptop terbaru ASUS AI juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan,” ungkapnya.

Sementara itu, Technical Public Relation ASUS Indonesia Riandanu Utomo menjelaskan ASUS AI hadir sebagai solusi sekaligus standar laptop AI. Memilih laptop dengan logo ASUS AI berarti memilih laptop AI yang sebenarnya.

Untuk dapat masuk kedalam kategori ASUS AI, sebuah laptop harus memenuhi berbagai persyaratan. Beberapa di antaranya adalah laptop tersebut harus dibekali dengan prosesor yang sudah memiliki NPU. Hal tersebut sangat penting karena keberadaan NPU akan membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien.

“Syarat lainnya adalah laptop tersebut harus dibekali dengan Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot. Dukugan Windows 11 dan Copilot menjadi salah satu basis persyaratan ASUS AI, yang mana keduanya akan menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal. ASUS juga akan menghadirkan aplikasi dan fitur berbasis AI khusus untuk laptop ASUS AI dalam waktu dekat untuk memperkuat eksosistemnya,” ungkapnya.

Baca juga   Pemkot Yogya Gandeng RT Laporkan Data Kematian

Paling Lengkap

ASUS merupakan satu-satunya brand laptop di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop AI paling lengkap melalui ASUS AI. Mulai dari satu-satunya laptop AI dengan layar ganda yaitu Zenbook DUO (UX8406), laptop AI paling tipis dan ringan yaitu Zenbook S 13 OLED (UX5304), hingga laptop AI pertama di Indonesia yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405), semuanya merupakan laptop ASUS AI yang dijamin memiliki persyaratan sebagai laptop AI.

Zenbook DUO (UX8406) merupakan satu-satunya AI laptop dengan dua layar yang ada saat ini. Zenbook DUO (UX8406) bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa.

Laptop yang juga dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards ini punya lima skeanrio penggunaan, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas.

Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop yang powerful. Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI.

Zenbook DUO (UX8406) ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi. Zenbook DUO (UX8406) hadir di Harga mulai dari Rp34.999.000.

Sementara Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan AI laptop paling tipis, ringan, dan ringkas. Selain memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus.

Kelebihannya adalah bahan tersebut tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304). Di Indonesia, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp24.999.000.

Terakhir adalah Zenbook 14 OLED (UX3405) yang merupakan laptop AI pertama di Indonesia. Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan laptop tipis pertama dari ASUS yang dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yaitu prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

Baca juga   Yayat Surya Gelar Pameran Tunggal Suryanamaskara di INiSeum

Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga hadir dengan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, memiliki daya tahan baterai seharian, serta mengusung desain premium dan portabel dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm.

Hadir sebagai perangkat penunjang produktivitas dan mobilitas, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dirancang tangguh dan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H).

ASUS bahkan menghadirkan Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai laptop tipis ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya. ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dipasarkan mulai dari Rp16.699.000.

Laptop Terbaik untuk Pelajar

Selain laptop ASUS AI, ASUS juga memperkenalkan dua laptop terbaik untuk pelajar yaitu Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404). Keduanya hadir sebagai laptop yang memiliki spesifikasi serta harga terbaik di kelasnya.

Meski ditargetkan untuk pelajar, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sudah lolos berbagai uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari Rp6.699.000.

Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) juga ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ sehingga performanya dapat diandalkan. Sistem operasi kedua laptop ini sudah menggunakan Windows 11 dan telah dilengkapi Microsoft Office Home and Student 2023 dengan lisensi permanen seumur hidup. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari Rp6.899.000.

Vivobook 14 (A1404) hadir sebagai laptop modern yang dibekali layar Full HD serta memori yang dapat di-upgrade. Meski demikian, laptop ini tetap hadir dengan desain yang cukup portabel dengan bobot 1,4 Kg dan ketebalan 1,7 cm. Sementara Vivobook Go 14 (E1404) menawarkan desain yang lebih portabel untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi dengan bobot hanya 1,3 Kg. (*)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

Capricorn, Jangan Longgarkan Semangatmu dan Lakukan yang Terbaik
AEPI Fashion Festival 2022 digelar di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta 31 Oktober - 1 November 2022 dengan tema 'Jewels of Leaves'. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Ecoprint Makin Berkelas, AEPI Fashion Festival 2022 Hadirkan ‘Jewels of Leaves’
Acara bincang-bincang makanan untuk kesehatan lambung yang dikemas Studioremark dalam rangka serah terima pekerjaan video company profile dan video iklan Serelia. (Foto: Agoes Jumianto)

Gayahidup

Warunk TheSastro Jadi Saksi Serah Terima Video Iklan Serelia dari Studioremark

Gayahidup

Cancer, Pikiranmu Mundah Dibaca, Pasanglah Muka Polosmu

Gayahidup

Virgo, Terimalah Dulu Tantangan Ini dan Taklukkanlah Kemudian
Wuling Almaz RS. Foto: wuling.id

Gayahidup

‘Wuling June Exclusive Deals’, Almaz RS Ditawarkan dengan DP Rp60 Jutaan
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Gayahidup

Pelat Nomor Kendaraan Bakal Diganti Putih Tulisan Hitam, Tahun Depan Lur
Rembang Fashion Parade 2021, jadi ajang melaunching brand “Batik Lasemku”. (Foto: Diskominfo Jateng)

Gayahidup

Dari Rembang Fashion Parade 2021, Batik Lasemku Kian Mendunia