Home / Peristiwa

Rabu, 16 Maret 2022 - 10:28 WIB

Desa Pandemulyo Jadi Pilot Project Kampung Restorasi Justice di Temanggung

Kejaksaan Negeri Temanggung menetapkan Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu menjadi Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Kejaksaan Negeri Temanggung menetapkan Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu menjadi Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung. (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Kejaksaan Negeri Temanggung menetapkan Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu menjadi Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung.

Desa di lereng Gunung Sumbing ini menjadi yang pertama, dan sebagai pilot project Kampung RJ di Kabupaten Temanggung, karena dianggap kesadaran hukum masyarakatnya sudah baik.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Temanggung I Wayan Eka Miartha mengatakan, Kampung RJ merupakan program Kejaksaan Agung di desa untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 dan surat dari Jaksa Agung dan Pidana Umum yang meminta di setiap wilayah dibentuk Kampung Restorasi Justice.

Ditambahkan, Pandemulyo, Bulu merupakan desa pertama di Temanggung sebagai pilot project, sebelum nanti diharapkan semua desa yang ada di Kabupaten Temanggung terbentuk Kampung Restorasi Justice. Filosofinya RJ adalah tempat pelaksanaan musyawarah mufakat dan perdamaian, dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Kenapa Desa Tentrem Adhyaksa? Karena tentrem merupakan filosofinya Kabupaten Temanggung, dan Adhyaksa adalah wujud darma bakti kami selaku jaksa,” katanya, di sela-sela peresmian Kampung RJ Pandemulyo, Selasa (15/3/2022).

Kajari menuturkan, kasus hukum yang bisa diselesaikan di Kampung Restorasi Justice terbatas sampai tindak pidana ringan. Antara lain pidana yang ancaman hukumannya di bawah lima tahun, seperti kasus pencurian, KDRT, penganiayaan ringan.

Baca juga   Resmi Layani Penerbangan Komersial, Citilink Mendarat Mulus di Bandara Ngloram

Praktiknya, melalui Kampung RJ persoalan akan dimediasi oleh jaksa selaku mediator, tokoh agama, tokoh adat, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan perkara ringan secara musyawarah mufakat.

“Tujuan dibentuknya Kampung RJ ini adalah terselesaikannya penanganan perkara ringan secara cepat, sederhana, dan biaya ringan, serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan. Tidak hanya bagi tersangka, tetapi juga korban beserta keluarganya, sekaligus keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindari adanya stigma negatif,” jelasnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengucapkan terima kasih kepada Kejari atas inisiatifnya membangun Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung di Pandemulyo. Ia berharap, pembangunan Kampung RJ dapat diteruskan di desa-desa di Kabupaten Temanggung.

Bupati menilai, prakarsa itu merupakan langkah terwujudnya salah satu visi berkabupaten di Temanggung, yakni mewujudkan masyarakat yang tata, titi, tentrem, marem, lan gandem.

Di mana tentrem itu bisa diwujudkan dengan penegakkan hukum dengan meminimalisasi pelanggaran hukum, atau dengan membuat kesepakatan-kesepakatan warga untuk tidak terjadinya pelanggaran-pelanggaran hukum.

Baca juga   Musim Tanam Tembakau, PIHC Distribusikan Pupuk Za 150 ton per Hari ke Temanggung

“Nah, yang dilakukan Bapak Kajari ini kalau di masyarakat kira-kira aklamasi, tidak perlu voting tapi aklamasi. Jadi kalau di sini ada pelanggaran hukum, tidak perlu dibawa ke ranah hukum, tetapi cukup diselesaikan di desa yang sudah ditetapkan sebagai Desa Tentrem Adhyaksa,” katanya.

Bupati meminta kepada para camat, kades untuk tidak segan berkonsultasi dengan pihak kejaksaan terkait Kampung RJ ini.

Pemkab Temanggung akan melakukan sosialisasi kepada para kades, agar desanya memenuhi syarat untuk membangun Kampung RJ.

Meski demikian, ia berpesan, meski ada Kampung RJ bukan lantas masyarakat bisa menggampangkan persoalan hukum.

“Saya yakin dengan restorasi justice ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan masyarakat yang lebih tenteram. Kampung Restorasi Justice ini menjadi kabar gembira buat masyarakat di desa-desa, karena pemulihan kondisi sosial, pemulihan korban dan pelaku di tengah masyarakat bisa berjalan dengan lebih baik lagi. Atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya, semoga bermanfaat menciptakan masyarakat tentrem, marem, gandem,” tandas bupati.

(N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 8 Kalurahan di Kabupaten Sleman mendeklarasikan Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan Kampung Tangguh Anti Narkoba, pada Kamis (16/12/2021), di pendopo Parasamya, Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

8 Kalurahan di Sleman Deklarasikan Desa Bersih Narkoba
Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, memfasilitasi pembaharuan Kartu Keluarga (KK) untuk Ketua RT/RW baru di Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman. (Foto:Mc.Sleman)

Peristiwa

Dukuh Janti Fasilitasi Pembaharuan KK Ketua RT/RW Baru
Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji melantik para pejabat di lingkungan Pemda DIY ini melalui mekanisme Penyetaraan Jabatan Fungsional pada Senin (31/1/2022) di Bangsal Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Optimalkan Pembangunan SDM, DIY Alihfungsikan Jabatan Struktural ke Fungsional
Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat meninjau Mobile Swab PCR bantuan Mabes Polri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Percepat Pemeriksaan, Grobogan Dapat Bantuan Mobile Swab PCR
Minun Latif, anggota DPRD Surabaya yang terjebak lift. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Anggota DPRD Surabaya Terjebak Lift Hingga 2 Jam dan Menahan Pipis, Begini Ceritanya
Direskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto mengatakan tercatat sebanyak 321 orang diamankan dalam penangkapan kemarin dan berstatus sebagai saksi. Foto: selalu.id

Peristiwa

Rentetan Kasus Pencabulan di Shiddiqiyyah Jombang, 5 Orang Ditetapkan Tersangka
Bantuan berupa motor roda tiga diserahkan langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani kepada perwakilan kelompok tani penerima bantuan di halaman kantor DPKPP Klaten, Selasa (26/10/2021). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Serahkan Bantuan Motor Roda Tiga untuk 23 Klomtan
Polisi menetapkan 5 orang tersangka buntut kerusuhan suporter yang terjadi disejumlah titik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/7/2022). Foto: @polresleman

Peristiwa

Buntut Kerusuhan Suporter, 5 Orang Ditahan dengan Ancaman Hukuman 10 Tahun Penjara