Home / Peristiwa

Rabu, 29 September 2021 - 14:17 WIB

Desa Sendang Terbaik Nasional Keterbukaan Informasi Publik Desa

Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri berhasil menyabet peringkat terbaik pertama Nasional dalam Anugerah Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri berhasil menyabet peringkat terbaik pertama Nasional dalam Anugerah Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri berhasil menyabet peringkat terbaik pertama Nasional dalam Anugerah Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa. Desa yang terdapat Waduk Gajah Mungkur ini berhasil mengalahkan sembilan desa lainnya, dalam ajang penganugerahan tingkat Nasional.

Penghargaan diserahkan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana dan diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang Sukamto, di Hall Nusantara ICE BSD Tangerang Selatan, Banten, bertepatan dengan puncak peringatan Hari Hak untuk Tahu (Right to Know Day) Sedunia, Selasa (28/9/2021).

Kepala Desa Sendang Sukamto, mengatakan, penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik, yang telah dilaksanakan sejak lama di desa tersebut.

“Anugerah ini menjadi komitmen kami ke depan, dengan segala upaya untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada publik, memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sukamto menegaskan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan informasi, dan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten, PPID Utama, pendamping desa, dan seluruh stakeholder terkait keterbukaan informasi publik.

Baca juga   'Wedang Jancuk' Minuman Rempah Penambah Imun yang Laris di Tengah Pandemi
Desa Sendang Terbaik Nasional Keterbukaan Informasi Publik Desa, mengungguli 9 desa lain di Indonesia yang masuk penilaian. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Ditemui di Ruang Kerjanya, Rabu (29/9/2021), Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Haryono mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Desa Sedang. Ia mengatakan, prestasi tersebut menjadi wujud komitmen transparansi dan keterbukaan informasi publik pada seluruh jajaran Pemerintahan di Kabupaten Wonogiri hingga ke tingkat Desa.

Haryono berharap apa yang telah diraih Desa Sendang dapat menjadi pemantik semangat bagi seluruh Desa di Kabupaten Wonogiri untuk memberikan hak akses seluas-luasnya kepada masyarakat sesuai amanat Undang-undang.

“Semoga prestasi ini mengilhami kita, semua desa di Kabupaten Wonogiri untuk pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Standar layanan keterbukaan informasi ini sendiri sudah diatur oleh Undang-undang dan hak akses masyarakat juga dilindungi Undang-undang. Harapannya, prestasi yang diraih (Desa) Sendang dapat mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi publik khususnya di tingkat desa,” ujar Haryono.

Baca juga   Gibran Terima Bantuan 50 unit Hepa Ventilasi dari Pemerintah Kota Zhuhai

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana menyampaikan 10 desa yang memperoleh Anugerah Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik terdiri dari desa di Jawa dan di luar Jawa, termasuk desa dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Dikatakannya, apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa ini, merupakan kegiatan perdana sejak Perki (Peraturan Komisi Informasi) 1/2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa diterbitkan.

Kegiatan itu merupakan kerja sama tiga kelembagaan, yaitu Lembaga Negara KI Pusat RI, Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI serta Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Ditambahkan, peringatan RTKD kali ini dijadikan momentum oleh KI Pusat untuk mendorong pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik (BP) Desa di seluruh Indonesia, agar Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

Yayasan Buddha Tzu Chie salurkan bantuan beras untuk masyarakat terdampak pandemi Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yayasan Budha Tzu Chi Bantu 10.000 Karung Beras
Karang Taruna Kota Yogyakarta membentuk tim pemulasaran jenazah Covid-19 khusus wanita yang bernama Srikandi Karang Taruna Jogja. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Srikandi Karang Taruna Jogja Bantu Pemulasaran Jenazah Wanita
Pemerintah Kabupaten Sleman meraih ‘Anugerah KPAI 2021’. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Untuk Kedua Kalinya, Pemkab Sleman Raih ‘Anugerah KPAI 2021’
(nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Yaqut Center Bagikan 1.000 Paket untuk Pasien Isoman
Foto: Ilustrasi/Kominfo

Peristiwa

Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni
ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melihat langsung pelaksanaan vaksinasi bagi petani tembakau di Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Dukung Vaksinasi Petani Tembakau Temanggung
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Dekranasda Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Dekranasda Sleman Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku IKM