Home / Wisata

Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:46 WIB

Desa Tinalah Kulon Progo Masuk 50 Besar Desa Wisata Kemenparekraf

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

NYATANYA.COM, Kulon Progo – Desa Wisata Tinalah di Kabupaten Kulon Progo masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penganugrahan diberikan secara langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Senin (11/10/2021).

Menparekraf Sandiaga Uno usai menandatangani prasasti ADWI 2021 menyampaikan Desa Tinalah mampu masuk 50 besar dari 1.831 desa wisata peserta ADWI 2021 tak lepas dari inovasi, adaptasi dan hasil kerja atau peran serta dari pengelola dan masyarakat pariwisata.

Baca juga   Tingkatkan Imun Nakes, Pemkab Serahkan Bantuan Buah

“Ini merupakan awal kebangkitan kita untuk membuka peluang usaha masyarakat sejahtera kembali,” katanya

Ditambahkan Sandi, saat ini Kemenparekraf terus berupaya membuka kegiatan pariwisata di Indonesia secara bertahap dengan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

“Karena kita ingin pariwisata segera dibuka sebagai singal kebangkitan pariwisata ini dilakukan untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya,”imbuhnya.

Sandi juga mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi menjaga alam Tinalah lestari agar bisa mensukseskan peningkatan ekonomi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatifnya.

Selain itu dirinya terus menghimbau masyarakat untuk mengutamakan produk-produk lokal UMKM, mengingat banyak produk lokal yang berkualitas tinggi.

Baca juga   Pong Blosok, Makanan Khas Pulau Parang yang Bikin Ganjar Penasaran

“Saya titip kepada Pak Bupati yang sudah memberdayakan dan mendampingi UMKM, karena mereka UMKM dan kewirausahaan adalah lokomotif kita untuk bisa menggerakkan ekonomi sebagai peluang usaha dan peluang kerja, semoga pada ulang tahun Kulon Progo ke 70 tetap bisa menjadi yang terdepan dalam pembinaan usaha kecil,” kata Sandi

Sementara itu Bupati Kulon Progo Sutedjo, dirinya berharap dengan kunjungan Menparekraf dan anugrah ADWI tersebut dapat lebih memotivasi semangat pengelola Desa Wisata Tinalah.

Diharapkan Desa Tinalah mampu mendukung pemerintah dalam mengembangkan pariwasata dan ekonomi kreatif di Indonesia. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu internasional menuju Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai 14 Oktober 2021 mendatang di mana turis mancanegara yang diperbolehkan masuk Bali hanya berasal dari lima negara yaitu Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Selandia Baru. (Foto:InfoPublik)

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibuka, Wisman 5 Negara Ini yang Boleh Masuk
Obyek wisata tirta Umbul Ponggok masih menjadi daya tarik wisatawan. Sejak simulasi pembukaan wisata mulai digelar pada 3 September 2021, pengunjung harus bersabar menunggu antrean untuk bisa masuk ke lokasi. (Foto: umbulponggok.co.id)

Wisata

Dibatasi 25%, Pengunjung Umbul Ponggok Harus Rela Antre
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencoba membantik saat mengunjungi Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Wisata

Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo Kunjungi Kampung Batik Giriloyo
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang meninjau Vaksinasi Merdeka Candi Polres Magelang bagi pelaku pariwisata di Pendopo dr Soepardi Sawitan Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Vaksinasi Merdeka Candi’ Sasar Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif

Wisata

Jadi Syarat Wajib, Destinasi Wisata Harus Melengkapi CHSE dan QR Code PeduliLindungi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Wisata

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia
Wisata Taman Senja Ngelo siap memanjakan wisatawan dengan aneka fasilitas seperti live music, aneka menu makanan, spot selphie, deretan gazebo hingga perahu mesin menyusuri Sungai Opak. (Foto: Humas Kab Bantul)

Wisata

Wisata Taman Ngelo, Tawarkan Susur Sungai Malam dengan Perahu Motor
Penandatanganan prasasti Rejowinangun sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Kampung Rejowinangun Masuk 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021