Home / Wisata

Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:52 WIB

Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Desa Wisata Kemenparekraf

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf.  (Foto: Humas Bantul)

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam kunjungannya di Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021), Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno berharap penetapan ini dapat membangkitkan desa wisata dan ekonomi masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua; Inspektur-I, Bayu Aji, Sekda Bantul Helmi Jamharis serta Kadispar DIY, Singgih Raharjo.

Baca juga   Bupati Sleman Resmikan 5 Bangunan Seni Instalasi Senilai Rp1,2 Miliar

Menparekraf Sandiaga mengatakan, salah satu yang menjadi kunci daripada kesuksesan desa wisata Kaki Langit adalah kemampuan dalam menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat dengan membuka usaha jasa pariwisata dan ekonomi lainnya.

“Selain dari pada kemampuan kita untuk melibatkan masyarakat, juga ada 400 lebih usaha baru yang tumbuh sejak desa wisata ini berkegiatan, kalau dikali empat berarti ada 1.600 orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan,” katanya.

Sandiaga menyampaikan, kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan juga tidak lepas dari kebijakan kepemimpinan pemerintah daerah yang telah memberdayakan masyarakat dan memberikan perhatian khusus terutama peningkatan sarana akses jalan menuju kawasan wisata.

Baca juga   Magelang Coffee Fest Kembali Digelar di Borobudur, Ini Tanggalnya

“Yang saya lihat adalah kepemimpinan, kepemimpinan dari Ngarso Dalem (Gubernur DIY) yang memberdayakan masyarakat, dan membangun jalan yang kelasnya ini mungkin bisa dibilang salah satu jalan yang terbaik,” jelasnya.

Untuk produk kuliner, wisatawan dapat menemukan berbagai olahan Olahan tradisional. Antara lain gudeg manggar, thiwul, kicak, cemplon, sayur bobor, sayur jambu mete, sambel terong, sambal bawang, sambal jenggot, sayur oyok-oyok, botok, sayur lompong, bledak, mie lethek, gudangan, pecel, dan lainnya. Deretan kuliner inilah yang nantinya juga akan disajikan di Pasar Semi Kaki Langit. (*)

Share :

Baca Juga

Penampakan Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga hasil penataan Kementerian PUPR. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

Wisata

Masuk KSPN ‘Bali Baru’, Danau Toba Punya Wajah Baru
Rumah Apung Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Woowww! Indahnya Pesona Rumah Apung Bangsring Banyuwangi
Candi Prambanan. (Foto: nyatanya.com/Instagram @media_twc)

Wisata

Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021
Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera
Simulasi pembukaan kembali objek wisata Kemit Forest. (Foto: Kominfo Cilacap)

Wisata

PPKM Level 3, Kemit Forest Gelar Simulasi Wisata
Edukasi membuat donat dari susu kambing dalam simulasi pembukaan wisata edukasi di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali
Wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Keren..! Nikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Bletok Situbondo
Para pendaki lokal bersiap menuju ke puncak gunung Sumbing dari basecamp Butuh Kaliangkrik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

17 Agustus, Puluhan Pendaki Lakukan Tradisi Naik Gunung Sumbing