Home / Wisata

Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:52 WIB

Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Desa Wisata Kemenparekraf

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf.  (Foto: Humas Bantul)

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam kunjungannya di Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021), Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno berharap penetapan ini dapat membangkitkan desa wisata dan ekonomi masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua; Inspektur-I, Bayu Aji, Sekda Bantul Helmi Jamharis serta Kadispar DIY, Singgih Raharjo.

Baca juga   Soft Opening, Borobudur Edupark Mulai Dibuka bagi Wisatawan

Menparekraf Sandiaga mengatakan, salah satu yang menjadi kunci daripada kesuksesan desa wisata Kaki Langit adalah kemampuan dalam menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat dengan membuka usaha jasa pariwisata dan ekonomi lainnya.

“Selain dari pada kemampuan kita untuk melibatkan masyarakat, juga ada 400 lebih usaha baru yang tumbuh sejak desa wisata ini berkegiatan, kalau dikali empat berarti ada 1.600 orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan,” katanya.

Sandiaga menyampaikan, kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan juga tidak lepas dari kebijakan kepemimpinan pemerintah daerah yang telah memberdayakan masyarakat dan memberikan perhatian khusus terutama peningkatan sarana akses jalan menuju kawasan wisata.

Baca juga   Hadir di Sleman, Destinasi Wisata Keluarga, Petik dan Makan Buah Anggur

“Yang saya lihat adalah kepemimpinan, kepemimpinan dari Ngarso Dalem (Gubernur DIY) yang memberdayakan masyarakat, dan membangun jalan yang kelasnya ini mungkin bisa dibilang salah satu jalan yang terbaik,” jelasnya.

Untuk produk kuliner, wisatawan dapat menemukan berbagai olahan Olahan tradisional. Antara lain gudeg manggar, thiwul, kicak, cemplon, sayur bobor, sayur jambu mete, sambel terong, sambal bawang, sambal jenggot, sayur oyok-oyok, botok, sayur lompong, bledak, mie lethek, gudangan, pecel, dan lainnya. Deretan kuliner inilah yang nantinya juga akan disajikan di Pasar Semi Kaki Langit. (*)

Share :

Baca Juga

Gerai baru 'Dagadu Mangkubumi' semakin lengkap karena mengusung konsep terbaru. (Foto: Ist)

Wisata

Gerai Dagadu Mangkubumi Resmi Dibuka, Dilengkapi Kedai Gelato, Coffee Shop dan Roof-top
Pemberdayaan SDM Kampung Dolanan Walitelon Utara yang digelar atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Sabtu (12/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Wisata

Wisata Edukasi demi Tumbuh Kembang Anak di Kampung Dolanan Walitelon
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membagikan gelang vaksin bagi pelaku usaha wisata di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Bagikan Gelang Vaksin bagi Pelaku Usaha Wisata
Satu gelas Wedang Jancuk dengan gula batu di Angkringan DuaAtap Ngluwar dijual Rp6.000 per gelas. (Foto:Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Wedang Jancuk’ Minuman Rempah Penambah Imun yang Laris di Tengah Pandemi
Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Gerakan Wisata Sehat, Upaya Pulihkan Ekonomi Pariwisata Kota Yogya
Salah satu karya instalasi bola Corona dari bambu dengan nama "Jalan Menuju Dunia Baru" karya Wisnu Harjuno. (Foto: Humas Kulonprogo)

Wisata

Destinasi Wisata di Kulonprogo Makin Cantik dengan Karya Seni Instalasi
NYATANYA.COM, Magelang - Meningkatnya aktivitas erupsi Gunung Merapi menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang kemudian tertarik untuk mengetahui lebih dalam bagaimana proses terjadinya erupsi, bahkan dampak dari erupsi itu sendiri.

Wisata

Aktivitas Merapi Meningkat, Ketep Pass Volcano Theater Diminati Wisatawan
Peluncuran branding dan tagline Kampung Wisata Tamansari, kehangatan dan harmoni di Plaza Ngasem Patehan Kraton Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Branding dan Tagline Kampung Wisata, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan