Home / Wisata

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:16 WIB

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Desa Wisata Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10).

“Kami mengucapkan selamat kepada Desa Karanganyar yang telah terpilih sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Melalui capaian ini kami berharap dapat mendorong dan memotivasi desa-desa wisata yang lain,” ucap, Sandiaga Uno saat memberikan penghargaan kepada Desa Wisata Karanganyar.

Sandiaga menjelaskan, terpilihnya desa wisata Karanganyar sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia bukanlah tanpa sebab, namun karena memiliki berbagai potensi baik dari segi kearifan lokal, keindahan, dan ekonomi kreatif.

Baca juga   Candi Losari, Saksi Bisu Dahsyatnya Letusan Gunung Merapi

Dari Desa Karanganyar, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari spot yang strategis untuk menikmati sunset dan sunrise. Ditambah lagi dapat melihat langsung bangunan bersejarah Candi Borobudur.

“Yang menarik, Desa Karanganyar ini juga sudah terkenal dengan kerajinan gerabahnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” ungkapnya.

Menurut Menparekraf, pariwisata adalah tentang industri kebahagiaan. Maka sebagai pelaku wisata harus mampu mengajak masyarakat untuk datang dengan membawa feel good.

“Saya rasa ini akan menjadi daya tarik yang luar biasa melebihi daya tarik semua,” katanya.

Baca juga   Ke Borobudur yuk, Icip-icip Tiwul Lava Merapi

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto berharap dengan kehadiran Menparekraf bisa membangkitakn kembali wisata di kawasan Borobudur, khususnya Desa Wisata Karanganyar.

Ia juga mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada Desa Wisata Karanganyar sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.

“Mudah-mudahan prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kembali untuk menumbuhkan minat wisatawan yang akan berkunjung di kawasan Borobudur,” pungkas Adi. (*)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
(Foto: Taman Pintar Yogyakarta)

Wisata

Asyikkk, Taman Pintar Yogya Siap Dibuka Lur
Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara PT Gambaran Brand dengan Universitas Tidar (Untidar) di gedung Fakultas Teknik Untidar, Rabu (10/11/2021). Kerja sama itu menyepakati objek wisata Nepal Van Java menjadi wisata berbasis smart tourism. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Obwis Nepal Van Java akan Dikembangkan dengan Konsep Smart Tourism
Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Nikmatnya Kupat Tahu Dompleng yang Ikonik dan Melegenda
Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Kereta Bandara Beroperasi Dongkrak Pariwisata Yogya
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) berfoto bersama dengan para penerima penghargaan Desa Wisata Mandiri Inspiratif pada acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj)

Wisata

6 Desa di DIY Raih Anugerah Desa Wisata 2021, Ini Daftar Lengkap Pemenangnya
Kelompok Tani Kopi Bumi Handayani Balerante, Kemalang bersama Paguyuban Kopi Ngopa Ngopi Ngopeni dan Ekowisata Kalitalang menggelar pekan kopi Balerante. (Foto:Diskominfo Klaten)

Wisata

Pengunjung Ekowisata Kalitalang Disuguhi Seduhan Kopi Balerante
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan wisata Borobudur Edupark untuk wisata belajar tentang Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Edukasi Ragam Kekayaan Indonesia Ada di Borobudur Edupark