Home / Wisata

Senin, 11 Oktober 2021 - 12:34 WIB

Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Pilihan Kemenparekraf

Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM. (Foto:Diskominfo Jateng)

Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM. (Foto:Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Karanganyar – Desa Wisata Sumberbulu yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI. Selain menawarkan paket wisata, pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal menjadi unggulan.

Manajer Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih menyampaikan, Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM.

“Di sini kan tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kita bawa adalah pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, melalui peran masyarakat sejak dirintis 2017 lalu, Desa Wisata Sumberbulu mulai pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini sudah ada tiga paket wisata yang disajikan.

Paket Sumberbulu Experience, di dalamnya ada wisata edukasi, baik pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. Kemudian ada paket Sumberbulu Adventure Etnic, yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Serta ada paket Sumberbulu Adventure Journey dan outbound serta training.

Baca juga   Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis

“Kalau di tempat kita tidak ada objek wisata. Objek kita adalah masyarakat. Kearifan lokal, kegotongroyongan, keramahtamahan masyarakat, dan ilmu pengetahuan yang ditawarkan ke khalayak luar,” jelas Titin.

Di Desa Wisata Sumberbulu, imbuhnya, ada 48 homestay dan area camping ground yang cukup luas yakni 1,5 hektare. Bahkan di wilayah tersebut juga ada beberapa sumber mata air, seperti sendang pancuran dan sendang bulu.

“Kami juga bekerja sama dengan komunitas jeep,” tuturnya.

Ada juga paket Sumberbulu Adventure Etnic, yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari, serta Sumberbulu Adventure Journey yang bekerjasama dengan komunitas jip. (Foto:Diskominfo Jateng)

Selain itu, Desa Wisata Sumberbulu juga memiliki kegiatan budaya yang dikemas dalam bentuk festival. Kegiatan itu rutin digelar secara tahunan.

“Ya ada juga festival-festival, salah satunya hari ulang tahun Desa Wisata,” paparnya.

Christin, pembina Sanggar Tari Anak Negeri Desa Wisata Sumberbulu menuturkan, keberadaan desa wisata perlu didukung dengan potensi-potensi yang ada, termasuk sumberdaya manusia.

Baca juga   Sandiaga Uno Canangkan Tebing Breksi sebagai 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

“Sumberdaya manusia yang ada terutama anak, juga perlu berperan dalam pengembangan desa wisata. Salah satunya lewat kesenian,” ungkapnya.

Sejauh ini, sanggar tari miliknya sudah menguasai empat tari kreasi. Bisanya, tarian tersebut dipentaskan untuk menyambut tamu dan wisatawan. Dan juga meramaikan festival-festival di desanya.

“Ada sekitar empat tari kreasi. Salah satunya tari tampah. Ini untuk menghibur para wisatawan dan juga main di acara festival,” tandasnya.

Diketahui, ada 6 desa wisata di Jawa Tengah yang masuk 50 besar dalam ajang yang digelar Kemenparekraf kali ini. Yakni Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara, Desa Wisata Sangiran Kabupaten Sragen, Desa Wisata Pandanrejo Kabupaten Purowerjo. Ada pula Desa Wisata Cikakak Kabupaten Banyumas, dan Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar. (*)

Share :

Baca Juga

Taj Yasin Maimoen saat memberi sambutan secara virtual pada Pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Jawa Tengah, dan Kompetensi Bahasa Arab Nasional ke-4 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kembangkan Wisata Halal, Gus Yasin Dorong SDM Kuasai Bahasa Arab
Salah satu objek wisata di Batang yang ditutup sementara selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas
Obyek wisata tirta Umbul Ponggok masih menjadi daya tarik wisatawan. Sejak simulasi pembukaan wisata mulai digelar pada 3 September 2021, pengunjung harus bersabar menunggu antrean untuk bisa masuk ke lokasi. (Foto: umbulponggok.co.id)

Wisata

Dibatasi 25%, Pengunjung Umbul Ponggok Harus Rela Antre
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, hotel bintang lima yang mengusung kearifan lokal Nusa Tenggara Timur. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

Hotel Meruorah Komodo Siap Dukung G20 dan Asean Summit 2023
Tiwul lava Merapi menjadi salah satu buah tangan yang bisa diperoleh wisatawan di sekitar Candi Borobudur. (Foto: humas/magelang)

Wisata

Ke Borobudur yuk, Icip-icip Tiwul Lava Merapi
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin saat mengikuti simulasi ujicoba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jumat (17/9/2021). (Foto:Instagram @media_twc)

Wisata

Ratusan DTW Dibuka, Pemprov Jateng Bangkitkan Wisata Aman
Pelaku wisata di Bukit Cinta menerima bantuan sembako dari Pemkab Semarang. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako
Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo. (Foto:Mckabmanggaraibarat)

Wisata

Presiden: Labuan Bajo Siap Gelar Ajang Internasional