Home / Wisata

Kamis, 2 September 2021 - 22:29 WIB

Destinasi Wisata di Kulonprogo Makin Cantik dengan Karya Seni Instalasi

Salah satu karya instalasi bola Corona dari bambu dengan nama

Salah satu karya instalasi bola Corona dari bambu dengan nama "Jalan Menuju Dunia Baru" karya Wisnu Harjuno. (Foto: Humas Kulonprogo)

NYATANYA.COM, Kulonprogo – Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Kulonprogo kini makin cantik dengan karya seni instalasi, sebagai sarana pengembangan kearifan lokal dan potensi budaya.

Ada lima karya seni instalasi yang ditempatkan di lima lokasi. Masing-masing di Nglinggo, Gunung Kendil, Alun-Alun Wates, Bukit Cubung, dan di Pantai Trisik.

Pemkab Kulonprogo melalui Dinas Pariwisata Kulonprogo meresmikan Seni Instalasi karya seniman Kulonrogo melalui program Gerakan Sambang Kulon Progo (Sambanggo) di pantai Trisik, Kapanewon Galur, Kulonprogo, Senin (30/8/2021).

Pada acara itu juga dilakukan pelepasan tukik (anak penyu ) oleh Bupati bersama pejabat lainnya di Pantai Trisik.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonrogo Joko Muristo, S.Sn, M.A dalam laporannya pelaksanaan menjelaskan, “Pertama adalah launching karya instalasi wisata, yang kita akan menempatkan karya-karya ini di lima titik yaitu Nglinggo, Gunung Kendil, Alun-Alun Wates, Bukit Cubung, dan di Pantai Trisik sekaligus pelaksanaan Sambanggo.”

Baca juga   Pemkot Yogya Pasarkan Kampung Wisata Lewat Aplikasi "Kamelia"

Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho SP, Msi dalam sambutannya mengatakan launching instalasi ini juga diharapkan menjadi gambaran bahwa Dana Keistimewaan (Danais) itu bisa diperoleh, dimanfaatkan, dan dilaksanakan di seluruh kalangan masyarakat DIY.

“Ini menjadi gambaran bahwa Danais semakin lama semakin memasyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa pemanfaatan Pantai selatan ini merupakan salah satu dari sebelas program strategis Gubernur DIY.

Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana, dalam sambutannya mengatakan, “Bahwa kami bersama pak Bupati, dan Ketua DPRD berkomitmen bahwa tempat pariwisata di Kabupaten Kulonprogo ini menjadikan wisata yang berbasis budaya dan berkolaboratif, karena ini menjadi identitas kita semua. Fajar Gegana meminta untuk seniman juga bisa terlibat dalam sektor pariwisata.

Baca juga   1.038 Kasus Positif Covid-19 di DIY, Sembuh Hari Ini

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo mengatakan pengelola wisata, Pokdarwis tidak boleh menyerah dari kondisi ini. Harus terus semangat dan terus maju serta mematuhi protokol kesehatan agar segera terbebas dari pandemi Covid-19. Dan tetap semangat tanpo sambat.

Karya seni instalasi dibuat oleh para seniman Kulonprogo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kulonprogo. Karya seni berupa patung penyu berbahan bambu yang dinamakan “Sang Penyu di Tengah Samudera Asa” karya Teguh Paino, bola Corona dari bambu dengan judul “Jalan Menuju Dunia Baru” karya Wisnu Harjuno.

Kemudian “Ekspresi Kecubung” Karya Mamik Slamet/Rohmat Mustofa, “Hyang Batara Guru” dengan tema patung wayang karya Agung Marwan Nugroho, dan patung “Tarian Lengger Sinamun Ing Samudana” Karya Dwi Suyatno. Pembuatan karya seni tersebut dikuratori Samsuli Nugroho. (*)

Share :

Baca Juga

Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

Wisata

Sambanggo, Andalan Kulonprogo Tata Pariwisata di Tengah Pandemi
Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera
GM PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Jamal Mawardi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur Simulasi Buka Kembali dalam Dua Tahap
Wakil Bupati Yuli Hastutiberharap para pengelola desa wisata di Purworejo didorong untuk menerapkan program inklusi, dengan cara menyediakan fasilitas yang ramah bagi warga penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Wisata

Purworejo Kembangkan Desa Wisata Inklusi
Salah satu objek wisata di Batang yang ditutup sementara selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas
Menunya dari dulu sampai sekarang tak berubah. Ini salah satu yang membuat khas di warung makan 'Nasi Merah Pari Gogo' Semanu. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Nasi Merah Pari Gogo, Warung Makan Legendaris Langganan Pejabat
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima secara simbolis bantuan posko Gumaton dari Pertamina. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton
Pantai Seruni Gunungkidul, salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Semua Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup Selama PPKM Darurat