Home / News

Selasa, 21 September 2021 - 09:36 WIB

Deteksi Dini Bencana, BPBD Monitoring EWS

Menghadapi musim hujan, BPBD Kota Yogyakarta menyiapkan upaya untuk meminimalisir berbagai kemungkinan terjadinya bencana. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Menghadapi musim hujan, BPBD Kota Yogyakarta menyiapkan upaya untuk meminimalisir berbagai kemungkinan terjadinya bencana. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Menghadapi musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta menyiapkan upaya untuk meminimalisir berbagai kemungkinan terjadinya bencana di masyarakat.

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Nurhidayat berharap musim hujan kali ini semua anggota mempersiapkan peralatan infrastruktur penanganan bencana dengan Sistem peringatan dini Early Warning System (EWS).

EWS merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam yang dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. Peringatan dini kepada masyarakat atas bencana menggunakan EWS mudah dicerna oleh masyarakat.

“BPBD Kota Yogya mempersiapkan peralatan dan infrastruktur penanganan bencana seperti EWS banjir di tiga sungai. Hingga saat ini kami rutin dalam mengecek. Selain itu, peralatan kebencanaan kami cek dan rutin kami servis seperti chainsaw, genset, pompa air, serta armada,” ungkap Nurhidayat, Senin (20/9/2021).

Baca juga   Ditangkap Polda Riau, Pengepul Ngaku Jual 1 Paruh Burung Rangkong Rp3 Juta

Ia berharap masyarakat membantu dalam memperhatikan lingkungan sekitar rumah, yaitu memeriksa kondisi atap, membersihkan drainase yang tersumbat, memangkas dahan dan ranting pohon yang rimbun serta update info cuaca terkini.

“Logistik darurat juga kami sudah stok opnam dan pengadaan untuk yang menipis, yaitu karung pasir. Pemantauan medsos BMKG juga kami intensifkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Data Informasi Kebencanaan BPBD Kota Yogyakarta, Ariatmawan P mengatakan, untuk talut di area kawasan yang rawan longsor jika sudah terjadi bencana, akan dikoordinasikan dengan KTB, OPD terkait serta tokoh masyarakat untuk tindak lanjutnya.

“Untuk monitoring cuaca dan kewaspadaan dini untuk masyarakat sudah kita tindak lanjuti dengan menyiapkan surat pemberitahuan ke semua Kemantren berisikan informasi kewaspadaan dini cuaca musim hujan. Disamping itu, untuk peralatan peringatan pantauan banjir lahar hujan EWS sudah diuji coba pada semester satu kemarin dan saat ini kita lakukan monitoring untuk persiapan musim hujan,” jelasnya.

Baca juga   Gunung Merapi 2 Kali Keluarkan Awan Panas Guguran

Ariatmawan berharap dengan pelaksanaan monitoring EWS ini semua alat EWS yang ada di Sungai Code berfungsi dengan baik supaya apabila ada lahar hujan dari Merapi BPBD bisa memberikan petingatan dini kepada masyarakat di sepanjang bantaran Sungai Code untuk bersiap melakukan evakuasi ketempat yang lebih aman di shelter-shelter yang sudah disiapkan oleh KTB di wilayah kelurahan masing-masing. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi:nyatanya.com

News

Makin Tingginya Kasus Covid-19, Tempat Keramaian di Yogya Tutup
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

27 Warga Mertoyudan Positif Covid-19
Barang bukti sabu yang berhasil diamankan petugas Lapas I Surabaya. (Foto:MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Petugas Lapas I Surabaya Gagalkan Penyelundupan Sabu ke Dalam Lapas
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

299 Nakes di RS Rujukan Covid-19 Yogya Terpapar Corona
Polda Jateng mengamankan empat orang dari salah satu aplikasi pinjol ilegal. Satu orang di antaranya telah ditetapkan menjadi tersangka. Lainnya, masih berstatus sebagai saksi. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Tangkap 4 Pelaku, Polda Jateng Tertibkan 34 Pinjol Ilegal
Ganjar Pranowo di depan Pejabat Pemkab Banjarnegara. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

News

Kunjungi Banjarnegara, Ini Pesan Ganjar pada Pejabat Pemkab
Awan panas guguran Merapi pukul 07.02 diamati dari pos Babadan. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Pagi Tadi Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (Foto:Dok Humas Pemkot Yogya)

News

Kota Yogyakarta Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2020