Home / Plus

Minggu, 18 Desember 2022 - 10:11 WIB

Di UMKM Days 2022 yang Digelar UGM, Ganjar Buka-bukaan Ungkap Strategi Majukan UMKM 

UMKM Days 2022, yang dihelat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (17/12/2022) menghadirkan pembicara Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, dan Rektor UGM Prof Ova Emilia. Foto: Diskominfo Jateng

UMKM Days 2022, yang dihelat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (17/12/2022) menghadirkan pembicara Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, dan Rektor UGM Prof Ova Emilia. Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi strategi memajukan UMKM, pada acara UMKM Days 2022, yang dihelat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (17/12/2022).

Ganjar hadir sebagai narasumber bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, dan Rektor UGM Prof Ova Emilia.

Gubernur berambut putih itu langsung menyapa ratusan peserta, yang terdiri pelaku UMKM dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bahkan, ia mengajak dua peserta naik ke atas panggung untuk bercerita pengalamannya dalam berjuang menghadapi pandemi, beberapa waktu lalu.

Dari cerita kedua peserta itu, Ganjar kemudian mengapresiasi upaya jatuh-bangun pelaku UMKM tersebut. Ia pun mengisahkan bagaimana memperhatikan usaha lokal agar tetap survive.

“Mereka ini kreatif dan inovatif. Awalnya penjual jajan keliling, bangkrut karena pandemi dan punya modal Rp20 ribu bikin rempeyek dijual ke tetangga. Sedangkan yang satunya, penjual rumah bongkaran kayu, kemudian banting setir buka home care,” ujar Ganjar dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Baca juga   Jasa Raharja dan Polda DIY Dukung Penuh 'Jogja Merdeka Vaksin'

Ia kemudian berbagi strategi di Jawa Tengah, dalam memberi ruang UMKM untuk berkembang dan maju. Di antaranya Lapak Ganjar dan Hetero Space.

“Sekarang sudah ada tiga hetero space. Di Semarang, Solo, dan kemarin baru diresmikan di Banyumas. Itu ruang bagi anak-anak kreatif, startup dan UMKM, untuk mengembangkan usahanya,” tuturnya.

Sedangkan Lapak Ganjar, sebagai upaya mempromosikan UMKM lokal, dengan memanfaatkan jutaan follower Instagramnya.

“Kalau Sabtu dan Minggu Instagram saya buat jualan. Ya, promosi karena follower-nya lima jutaan,” imbuhnya.

Baca juga   Maxim Yogyakarta Beri Bantuan Pengganti THR untuk Mitra Driver dan Santuni Panti Asuhan

Selain itu, mantan anggota DPR RI itu membeberkan perlunya mengapresiasi mereka yang punya daya kreatif dan inovatif. Yakni dengan sistem permodalan bunga murah dan pendampingan.

“Ini bagus ya, beberapa UKM difasilitasi, mereka ada semacam coaching clinic, dan akhirnya harapannya mereka bisa melakukan secara asesmen,” tambahnya.

Disinggung soal kondisi ekonomi pada 2023, Ganjar menegaskan, UMKM menjadi potensi yang perlu didorong.

“Dengan cara apa, umpama 40 persen dari APBN dan APBD mesti dibelanjakan untuk produk UKM, itu bagus. Maka, mereka diajari untuk masuk E-katalog. Nah, pendampingan-pendampingan ini menurut saya penting, dan ternyata mereka ketika menampilkan hasilnya juga bagus,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Tahun ini Kota Yogya mengirimkan wakilnya dalam ajang Pemuda Pelopor 2022 Michael Sigit Wicaksono Anugrah Kristanto. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Ciptakan Inovasi Gettook, Michael Maju Lomba Pemuda Pelopor Nasional
Daun kemangi punya aroma khas dan berkhasiat. (Foto: Istimewa)

Plus

Lawan Disentri dengan Kemangi, Begini Resep dan Caranya
Embung di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri yang dibangun pada 2016 silam yang merupakan salah satu dari Gerakan Seribu Embung yang diinisiasi Gubernur Ganjar Pranowo. Saat ini, ada 1.135 embung tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Berkat Embung Bantuan Ganjar, Kini Warga Paranggupito Wonogiri Tak Lagi Dihantui Kekeringan
Noken buatan mama-mama Kamoro cukup diminati konsumen. Menurut Emeliana hasil rajutanya lumayan laku selama PON Papua, khususnya di Klaster Mimika. (Foto: Ryiadhy InfoPublik).

Plus

Noken Buatan Mama-mama Kamoro Laris Manis di PON XX Papua
Mukhamad Ridhoi dan Tempe Murni buatannya. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Tetap Eksis Selama Pandemi, Tempe Murni Pak Man Sehari Habiskan 150 Kg Kedelai
Indria Aryanto dan kreasinya kain tenun ecoprint 3 dimensi. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Indria Aryanto, Suskes Padu Padankan Kain Tenun dan Ecoprint 3D dalam Karya Fesyen
Letkol Ibrahim Amin (Foto: istimewa)

Plus

Letkol Ibrahim : Dedikasi Bapak Syamsul Arifin Bantu Sembuhkan Buta Warna Patut Didukung
Dengan kain ecoprint produksinya, menjadi salah satu penyemangat Sanggar Pawonjogan untuk terus berbagi kepada banyak orang. (Foto: agoes jumianto)

Plus

Sanggar Pawonjogan, Bangun Semangat Berbagi dan Tak Ingin Menyerah dengan Pandemi