Home / Peristiwa

Senin, 19 Juli 2021 - 13:53 WIB

Diancam Dibunuh dan Dipenggal Lehernya, Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener Minta Perlindungan Kapolres Purworejo

Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang Wates Kulonprogo menunjukkan bukti surat laporan yang dilayangkan Jamil Rozi kepada Polres Purworejo.  (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang Wates Kulonprogo menunjukkan bukti surat laporan yang dilayangkan Jamil Rozi kepada Polres Purworejo. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Purworejo – Seorang petani  bernama Jamil Rozi (41) warga Dusun Wareng RT 003/001 Kaliwader, Bener, Purworejo, Jateng, Jumat (16/7/2021) siang mendatangi Polres Purworejo guna melaporkan tindakan kekerasan disertai ancaman pembunuhan yang diterimanya dari seseorang bernama Susanto, yang tak lain adalah tetangganya. Kedatangannya untuk membuat laporan didampingi oleh tim kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang, Wates, Kulonprogo.

“Iya, hari ini saya sudah melaporkan ke Polres Purworejo. Dan sebagai dasarnya saya melapor itu karena saya meminta perlindungan secara hukum, karena upaya terlapor untuk mengintimidasi, menekan, meneror hingga mengancam membunuh dengan memenggal leher saya sudah membahayakan keselamatan nyawa saya,” ujar Jamil saat menggelar konfrensi pers didampingi Tim Kuasa Hukumnya kepada awak media.

Sementara, Tim Kuasa Hukum pelapor yang diwakili oleh Krisna Septian SH menjelaskan, bahwa kliennya mendatangi Polres Purworejo guna membuat pengaduan disertai laporan dan meminta perlindungan hukum terkait bentuk ancaman pembunuhan yang dialamatkan kepadanya dan dilakukan oleh terlapor bernama Susanto yang tak lain tetangganya.

Baca juga   Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gunungkidul, Tidak Berpotensi Tsunami

Dipaparkannya, kejadian tersebut bermula saat terlapor marah dan emosi mendengar korban (pelapor/Jamil)  bersama sejumlah warga Wadas, Bener, Purworejo mendukung program pemerintah atas proyek nasional pembangunan bendungan yang berlokasi di Bener, Purworejo, Jateng.

“Emosi terlapor (Susanto) memuncak ketika mengetahui dan mendengar jika mayoritas warga yang mendukung pembangunan bendungan dan bersedia dilakukan pembebasan tanah melakukan pematokan tanah pekarangannya sendiri. Seketika terlapor bersama beberapa warga yang menolak proyek bendungan mencari Jamil. Terlapor dengan membawa senjata tajam berupa parang berukuran panjang mencari Jamil sembari  berteriak bakal membunuh dan memenggal leher (kepala) pelapor,” urai Tim Kuasa Hukum dari Nyi Ageng Serang.

Baca juga   Wakil Wali Kota Yogyakarta Tetap Produktif Meski Jalani Isoman

Ditambahkan Krisna Septian SH, ia sudah memiliki beberapa bukti akurat seperti rekaman amatir yang diambil dari handphone saat terlapor mengancam dengan membawa senjata tajam, sehingga selang sehari dari kejadian itu ia bersama kliennya langsung mendatangi Polres Purworejo guna melaporkan dan meminta perlindungan.

Terpisah, Kapolres Purworejo   AKBP Rizal Marito, SIK, SH, M.Si  menyatakan telah memerintahkan anggota jajarannya segera mempelajari dan menindaklanjuti atas lapiran pengaduan ini. Menurutnya, dimata hukum semua warga negara memiliki hak yang sama. Sehingga, segala bentuk tindak pelanggaran hukum harus diproses dan diberikan sanksi hukum tegas. Dan sebagai aparat penegak hukum dirinya juga akan memberikan perlindungan hukum kepada warga negara yang tengah mendapat ancaman atau tindak pelanggaran.  (N2)

Share :

Baca Juga

Kegiatan operasi digelar guna menekan angka penularan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Pengusaha Kuliner Diminta Patuhi Batas Operasional PPKM Level 4
Peringatan Jogja Kembali, Jadikan Momentum Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III Yogyakarta Peringati Peristiwa Jogja Kembali ke-72
Ganjar Pranowo usai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf di Pasuruan Jawa Timur. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia
Ganjar Pranowo melihat progres pembangunan SMAN Tawangmangu. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Progres Pembangunan Sudah 15 Persen, Ganjar Berharap SMAN Tawangmangu Jadi Center of Excellence
Doa Bersama Lintas Agama DIY yang digelar kemarin. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

#PrayFromHome, Langitkan Doa dari Jogja untuk Indonesia
Ganjar Pranowo cek ketersediaan oksigen. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sidak Depo Oksigen di Demak, Ganjar Pastikan Stok Aman dan Harga Tidak Naik
Ganjar Pranowo, sembari gowes sambangi warga dan borong makanan. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gowes Pagi, Ganjar Borong Dagangan PKL dan Bagikan Makanan
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara