Home / Panggung

Senin, 4 April 2022 - 10:35 WIB

Dibuat Dadakan di Tengah Pandemi, Mukamu Rilis Mini Album ‘Sambut Bulan Suci Ramadan’

Kelompok

Kelompok "Musik Aku dan Kamu" (Mukamu) merilis mini album musik yang diciptakan secara spontan bertajuk “Sambut Bulan Suci Ramadan”. Foto: Dok.Mukamu

NYATANYA.COM, Jakarta – Mengusir kejenuhan saat pandemi, empat aktivis musik dan vokal Indie menggagas kreativitasi mini album musik yang diciptakan secara spontan bertajuk “Sambut Bulan Suci Ramadan”.

Mini album musik Indie Ramadan tersebut diluncurkan melalui kanal media sosial Youtube “Musik Aku dan Kamu” (Mukamu) di awal Ramadan, 3 April 2022.

Dalam mini album tersebut ke-empatnya menghadirkan empat lagu Indie anyarnya bertema Ramadan.

Menurut Tanti Hundoro salah satu kreator mini album ini, mini album “Sambut Bulan Suci Ramadan” tercipta dari spontanitas dari situasi kondisi pandemi selama beberapa waktu belakangan ini.

Foto: Dok.Mukamu

“Pandemi membuat banyak sekali di antara kita yang terpaksa bekerja di rumah (Work From Home). Situasi ini tentu lama kelamaan menjenuhkan, sehingga karena sama-sama sering berkumpul di depan alat musik rumah, kami secara spontan mengkreasi beberapa lagu yang ternyata menurut beberapa sahabat bermusik kami cukup cozy dan easy listening untuk dinikmati banyak orang saat memasuki Ramadan,” ujar Tanti Hundoro.

Baca juga   Lagu "Dengar Alam Bernyanyi" Karya Laleilmanino Jadi Theme Song Y20

Mini album “Sambut Bulan Suci Ramadan memunculkan empat lagu yang dibuat bersama secara dadakan/spontan. Berawal dari kejenuhan pandemi, empat “orang kreatif” yang terdiri dari aktivis musik dan vokal “Mukamu” berbagi pesan ketika “terjebak di rumah”.

Tanti Hudoro yang merupakan guru vokal dan sempat menjuarai sejumlah lomba paduan suara di manca negara didaulat secara spontan sebagai penulis lagu.

Sementara itu, praktisi komunikasi periklanan Agung Irfan mendapatkan tugas dadakan sebagai penulis lirik.

Dalam hal mengembangkan produk audio visual, tangan terampil milenial mahasiswa komunikasi Bagasaji Narendrojati yang juga memiliki hobi mengolah vokal berperan mendokumentasikan seluruh aktivitas pembuatan lagu.

Sementara itu, urusan sound dipercayakan kepada musisi Freddy Lengkong yang memiliki pengalaman dalam urusan tata suara. Ke-empat aransemen lagu “Sambut Bulan Suci Ramadan” penggarapannya dilakukan oleh Afdhal Dzikri yang akrab dipanggil Kromong.

Foto: Dok.Mukamu

Agung Irfan, Tanti Hudoro, Bagasaji Narendrojati, dan Freddy Lengkong kemudian sepakat membuat kanal youtube dengan konsep membuat lagu secara dadakan (spontan).

Baca juga   Ganjar Hebohkan Panggung Ketoprak Sumpah Amukti Palapa dan Dinobatkan sebagai Anak Adat Suku Asmat

Dalam kanal “Musik Aku dan Kamu” alias “Mukamu” tersebut empat aktivis musik dan vokal tersebut menghadirkan 4 lagu Ramadan, yaitu Marhaban Ya Ramadan, Puasa Puasa Puasa, Jangan Lupa Sahur dan Lebaran Telah Tiba.

Mukamu kadang dibantu oleh para sahabat yang ingin ikut berkolaborasi. Dari untuk mengusir rasa jenuh, ternyata membuat konten lagu dadakan membuat kami lebih terpacu untuk konsisten produktif dan kreatif.

“Peluncuran konten petama di kanal Youtube dilakukan pada bulan Juni 2020, dan hingga kini Mukamu telah menghasilkan hampir 100 lagu dasar”, jelas Tanti Hundoro.

Dari sejumlah lagu dasar tersebut telah diaransemen dan dirilis dalam bentuk single di platform digital, antara lain Cerita Senja di Sebuah Kafe, Di Da Di Da Da, Aku Ingin Menjadi, Anakku Sayang, Noktah di Padang Arafah, dan Bacalah.

(N1)

Share :

Baca Juga

Idgitaf yang kian viral dengan lagunya berjudul "Takut" akan memeriahkan KLM 2nd Anniversary. Foto: Ist

Panggung

“Takut” kan Yogya, Idgitaf Bakal Meriahkan KLM 2nd Anniversary
Baskarabumi Haidar Alif Jadaa dan karyanya di ajang 2st International Virtual Digital Art Exhibition. (Foto: Dokumentasi pribadi)

Panggung

Baskarabumi Ikuti 2st International Virtual Digital Art Exhibition
Ndarboy Genk dan penghargaan Penyanyi Ambyar Pria Terbaik MNCTV. (Foto: Instagram @ndarboy_genk)

Panggung

“Mendung Tanpo Udan” Bawa Ndarboy Genk Penyanyi Ambyar Pria Terbaik MNCTV
Via Vallen dan Chevra Yolandi. (Foto: Instagram @viavallen)

Panggung

Via Vallen Bagikan Momen Bahagia Bersama Doi di Hari Ultahnya
Kukuh Kudamai dan Ndarboy dalam video klip terbaru 'Penting Yakin'. (Foto: Agib Tanjung)

Panggung

Di Hari Pers Nasional Besok, Ndarboy Rilis Video Seri Musikal Kedua ‘Penting Yakin’
Gendra Wisnu Buana (Tegal) komposer musik yang membuat pertunjukan kolaborasi komposisi musik dan fashion show di “Dalam Hitam” karya Asha Darra. Foto: Dok.ARJOG

Panggung

Indahnya Pertemuan Seni Rupa dan Seni Pertunjukan di Explanatory ARTJOG
Tiho Syl dengan single Ulo Weling. (Foto:nyatanya.com/YouTube PT Aoma Record Indonesia)

Panggung

Anton Obama Hadirkan ‘Ulo Weling’ untuk Penyanyi Tiho SYL
Tjongpick kembali hadir lewat lagu baru berjudul Ngatidjem. (Foto: dokumentasi)

Panggung

TKW Masih Jadi Isu Menarik, Kelompok Musik Tjongpick Rilis Lagu Ngatidjem