Home / Panggung

Rabu, 20 April 2022 - 19:09 WIB

Dicari Penyanyi Cilik Indonesia, Kita Cinta Lagu Anak (KILA) Sambangi Yogya

Para Duta KILA tampil di panggung Jumpa KILA yang digelar di Monjali, Rabu (20/4/2022). Foto: Agoes Jumianto

Para Duta KILA tampil di panggung Jumpa KILA yang digelar di Monjali, Rabu (20/4/2022). Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Sleman – Kita Cinta Lagu Anak (KILA) ketiga, sebuah acara tahunan yang digawangi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, telah dimulai pada tanggal 9 Maret 2022 yang lalu, bertepatan dengan Hari Musik Nasional.

Sebagai program Lomba Menyanyi Anak dan Lomba Cipta Lagu Anak, KILA telah berhasil mengajak sejumlah besar masyarakat Indonesia dari berbagai daerah dan kalangan untuk berpartisipasi.

Tahun 2021 yang lalu program ini telah menjaring sekitar 1,500 pendaftar yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Hal ini membuktikan semakin besarnya animo masyarakat dalam berpartisipasi dalam penguatan ekosistem lagu anak Indonesia.

Sebagaimana di sampaikan oleh Hilmar Farid – Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, bahwa keterlibatan masyarakat dalam memastikan terjadinya ekosistem lagu anak Indonesia akan mementukan perkembangan anak.

Foto: Agoes Jumianto

Karena lagu berperan sangat penting dalam pendidikan anak, terutama dalam mengatasi masalah-masalah sosial, dan masalah yang timbul dalam dunia Pendidikan. Diharapkan lagu anak dapat berperan dalam mengkomunikasikan keberagaman, toleransi dan anti perundungan.

Bila kepedulian masyarakat tidak hanya sampai batas kepedulian, maka akan terjadi gerakan kepedulian akan kualitas pemimpin Indonesia masa depan.

“Memasuki tahun ketiganya, kegiatan KILA diharapkan dapat terus berkembang dari waktu ke waktu dan bisa menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak Indonesia,” ujar Hilmar Farid.

Baca juga   Aksi Duet Seniman Magelang Gelar Prosesi Larung Covid-19

Bila di tahun-tahun yang lalu KILA selalu mengkomunikasikan programnya melalui sosial media, situs web dan lingkungan komunitas, maka KILA 2022 melakukan pendekatan yang lebih melibatkan masyarakat luas baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Tahun ini sebagai bagian dari kegiatan aktivasi, KILA melakukan serangkaian kegiatan JUMPA KILA (roadshow) di kota Madiun, Yogyakarta dan Depok.

Jadwal JUMPA KILA:

  • 18 April 2022; Suncity Mall Madiun – Madiun, Jawa Timur. Menghadirkan Duta KILA : Mikael Thaddeus Setiadarma, Zhafira Krissandria Kurniawan dan Aiko Romana Zamani.
  • 20 April 2022; Monumen Jogja Kembali (MONJALI) – Yogyakarta. Menghadirkan Duta KILA : Shelomita Gasya Amori, Aisha Dama Candrika, Skolastika Padma, dan Axel Gloryus Christopradia.
  • 23 April 2022; D’Mall Depok – Depok, Jawa Barat. Menghadirkan Duta KILA : Lyris Lasya Ilona, Felicia Angelica, Rachel Aurellia Bonita Panjaitan, dan Dorrein Isabella Latuputty.

Kegiatan JUMPA KILA merupakan upaya untuk bergerak menjangkau lebih banyak sasaran peserta lomba di berbagai daerah. Kegiatan ini dirancang untuk mensosialisasikan lagu-lagu anak terutama lagu-lagu baru yang dihasilkan oleh program KILA.

Dalam kegiatan ini juga merupakan kesempatan masyarakat untuk bertemu langsung dengan para DUTA KILA (para pemenang lomba menyanyi tahun 2020 dan 2021) yang kebetulan berdomisili di daerah sekitar.

Baca juga   Optimalkan PAD, KPK Lakukan Kegiatan Tematik di Pemkab Sleman

Diharapkan dengan adanya kehadiran para Duta KILA akan meningkatkan semangat anak-anak di seluruh daerah untuk ikut bergabung baik dalam lomba menyanyi anak maupun lomba cipta lagu anak tahun 2022.

Pemilihan kota yang dituju untuk JUMPA KILA merupakan daerah yang merupakan domisili beberapa DUTA KILA yang lalu.

Hal ini selain untuk meningkatkan kebanggaan daerah akan prestasi yang dicapai oleh para Duta KILA dan juga untuk menarik partisipasi masyarakat daerah tersebut untuk terlibat langsung dalam mensukseskan program KILA secara khusus, dan mengembangkan ekosistem lagu anak secara umum.

Diharapkan agar tidak hanya anak dan orang tua yang terlibat, tertapi juga mengundang pemerintah daerah, kelompok masyarakat maupun lembaga Pendidikan formal dan non-formal untuk ikut berpartisipasi.

Sebagai program yang dilakukan pada masa bulan Ramadan, JUMPA KILA juga menyempatkan untuk melakukan kegiatan bakti sosial, dengan berkunjung ke beberapa panti asuhan atau panti werdha setempat, seraya menyerahkan bantuan kepada para penghuni panti.

Sementara kegiatan berjalan, pendaftaran lomba KILA tetap berlangsung sampai dengan 15 Mei 2022.

Program ini tidak berbayar dan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada tautan situs www.kilaindonesia.id.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Pagelaran Wayang Beber dalam rangka pengenalan wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa. (Foto: Istimewa)

Panggung

Peringatan Hari Warisan Dunia di Candi Sewu Berlangsung Meriah
Karya Seniman Grafiti Warnai Taman Potre Koneng Kabupaten Sumenep. Foto: Ist

Panggung

Seniman Grafiti Madura dan Yogya Jadikan Sumenep “The Soul of Madura” Lebih Berwarna
Sejumlah panitia foto bareng usai rapat persiapan kegiatan Malam Minggu Legen edisi kedua. Foto: Ist

Panggung

Malam Minggu Legen Srengenge Emas, Peringati 100 Hari Wafatnya Brisman HS
Parade Gangsa yang digelar di Plaza Monumen Satu Maret, Senin (27/11/2023). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Parade Gangsa Sukses Digelar Hangatkan Malam di Kota Yogya, Jadi Hiburan Warga dan Wisatawan
Menempa Wilah. (Foto: FKY 2021/Larasing Ati)

Panggung

FKY Mereka Rekam, Menelusuri Jejak Gamelan di Yogyakarta
Fafa Yolanda. (Foto:nyatanya.com/dokumentasi)

Panggung

Fafa Yolanda, ke Yogya Kembangkan Talenta Menyanyi
Happy Asmara di lagu Lemah Teles. (Foto:nyatanya.com/YouTube Music Interactive)

Panggung

‘Lemah Teles’ Happy Asmara Trending di YouTube
Odhol Band saat tampil dalam jumpa pers di Hotel Royal Malioboro. Foto: Penrem 072/Pmk

Panggung

Konser Musik Alam Bersuara di Hutan Pinus Mangunan Tampilkan Stinky, Power Slaves, dan Odhol Band