Home / Panggung

Rabu, 20 April 2022 - 19:09 WIB

Dicari Penyanyi Cilik Indonesia, Kita Cinta Lagu Anak (KILA) Sambangi Yogya

Para Duta KILA tampil di panggung Jumpa KILA yang digelar di Monjali, Rabu (20/4/2022). Foto: Agoes Jumianto

Para Duta KILA tampil di panggung Jumpa KILA yang digelar di Monjali, Rabu (20/4/2022). Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Sleman – Kita Cinta Lagu Anak (KILA) ketiga, sebuah acara tahunan yang digawangi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, telah dimulai pada tanggal 9 Maret 2022 yang lalu, bertepatan dengan Hari Musik Nasional.

Sebagai program Lomba Menyanyi Anak dan Lomba Cipta Lagu Anak, KILA telah berhasil mengajak sejumlah besar masyarakat Indonesia dari berbagai daerah dan kalangan untuk berpartisipasi.

Tahun 2021 yang lalu program ini telah menjaring sekitar 1,500 pendaftar yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Hal ini membuktikan semakin besarnya animo masyarakat dalam berpartisipasi dalam penguatan ekosistem lagu anak Indonesia.

Sebagaimana di sampaikan oleh Hilmar Farid – Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, bahwa keterlibatan masyarakat dalam memastikan terjadinya ekosistem lagu anak Indonesia akan mementukan perkembangan anak.

Foto: Agoes Jumianto

Karena lagu berperan sangat penting dalam pendidikan anak, terutama dalam mengatasi masalah-masalah sosial, dan masalah yang timbul dalam dunia Pendidikan. Diharapkan lagu anak dapat berperan dalam mengkomunikasikan keberagaman, toleransi dan anti perundungan.

Bila kepedulian masyarakat tidak hanya sampai batas kepedulian, maka akan terjadi gerakan kepedulian akan kualitas pemimpin Indonesia masa depan.

“Memasuki tahun ketiganya, kegiatan KILA diharapkan dapat terus berkembang dari waktu ke waktu dan bisa menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak Indonesia,” ujar Hilmar Farid.

Baca juga   Konser Musik Senandung Alam Digelar di Tebing Breksi Jogja dan Batu Malang, Ini Line Up dan Harga Tiketnya

Bila di tahun-tahun yang lalu KILA selalu mengkomunikasikan programnya melalui sosial media, situs web dan lingkungan komunitas, maka KILA 2022 melakukan pendekatan yang lebih melibatkan masyarakat luas baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Tahun ini sebagai bagian dari kegiatan aktivasi, KILA melakukan serangkaian kegiatan JUMPA KILA (roadshow) di kota Madiun, Yogyakarta dan Depok.

Jadwal JUMPA KILA:

  • 18 April 2022; Suncity Mall Madiun – Madiun, Jawa Timur. Menghadirkan Duta KILA : Mikael Thaddeus Setiadarma, Zhafira Krissandria Kurniawan dan Aiko Romana Zamani.
  • 20 April 2022; Monumen Jogja Kembali (MONJALI) – Yogyakarta. Menghadirkan Duta KILA : Shelomita Gasya Amori, Aisha Dama Candrika, Skolastika Padma, dan Axel Gloryus Christopradia.
  • 23 April 2022; D’Mall Depok – Depok, Jawa Barat. Menghadirkan Duta KILA : Lyris Lasya Ilona, Felicia Angelica, Rachel Aurellia Bonita Panjaitan, dan Dorrein Isabella Latuputty.

Kegiatan JUMPA KILA merupakan upaya untuk bergerak menjangkau lebih banyak sasaran peserta lomba di berbagai daerah. Kegiatan ini dirancang untuk mensosialisasikan lagu-lagu anak terutama lagu-lagu baru yang dihasilkan oleh program KILA.

Dalam kegiatan ini juga merupakan kesempatan masyarakat untuk bertemu langsung dengan para DUTA KILA (para pemenang lomba menyanyi tahun 2020 dan 2021) yang kebetulan berdomisili di daerah sekitar.

Baca juga   Bangun Narasi, SMA Kolese De Britto Luncurkan Buku "Sinau Sinambi Mlaku"

Diharapkan dengan adanya kehadiran para Duta KILA akan meningkatkan semangat anak-anak di seluruh daerah untuk ikut bergabung baik dalam lomba menyanyi anak maupun lomba cipta lagu anak tahun 2022.

Pemilihan kota yang dituju untuk JUMPA KILA merupakan daerah yang merupakan domisili beberapa DUTA KILA yang lalu.

Hal ini selain untuk meningkatkan kebanggaan daerah akan prestasi yang dicapai oleh para Duta KILA dan juga untuk menarik partisipasi masyarakat daerah tersebut untuk terlibat langsung dalam mensukseskan program KILA secara khusus, dan mengembangkan ekosistem lagu anak secara umum.

Diharapkan agar tidak hanya anak dan orang tua yang terlibat, tertapi juga mengundang pemerintah daerah, kelompok masyarakat maupun lembaga Pendidikan formal dan non-formal untuk ikut berpartisipasi.

Sebagai program yang dilakukan pada masa bulan Ramadan, JUMPA KILA juga menyempatkan untuk melakukan kegiatan bakti sosial, dengan berkunjung ke beberapa panti asuhan atau panti werdha setempat, seraya menyerahkan bantuan kepada para penghuni panti.

Sementara kegiatan berjalan, pendaftaran lomba KILA tetap berlangsung sampai dengan 15 Mei 2022.

Program ini tidak berbayar dan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada tautan situs www.kilaindonesia.id.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Fadil Aulia Saman (Fadilas). Foto: Ist

Panggung

Fadilas Rilis 3 Lagu Sekaligus Bergenre Pop Jawa Dangdut, Cerita LDR hingga Cinta yang Kandas
Penampilan R-Plus di Koesplusan Jenggleng Cafe & Resto, Jumat (18/6/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Menikmati Hangatnya “Aku dan Dirimu” bersama R-Plus
Regeneration #2 karya Deddy PAW. (Foto:nyatanya.com/MayinArt)

Panggung

Pameran Seni dan Launching Gallery MayinArt Indonesia “If Walls Could Speak”

Panggung

Besok Malam di Net TV, Sheila on 7 Konser Spesial Lebaran

Panggung

Raffi Ahmad dan Artis Papan Atas Meriahkan Pembukaan PON XX Papua
Ganjar Pranowo dan Denny Caknan di konser musik Jazz di Atas Awan, Dieng Culture Festival (DCF) 2022, Jumat (2/9/2022) malam. Foto: Diskominfo Jateng

Panggung

Ganjar dan Denny Caknan Hangatkan Jazz di Atas Awan Dieng Culture Festival
Foto: FB MaSky Yogya

Panggung

Jadwal Pentas Jathilan Jogja Hingga 17 Juli 2022, Salah Satunya di Kampungmu Lur
Penyanyi Vivi Agustina dan Heny Agustin meriahkan ndangdutan Trah Pedhot Bali Mulyo. (Foto: Istimewa)

Panggung

Gayeng Abis, Dangdutan Trah Pedhot Bali Mulyo